Connect with us

#SobatJakut, binaan JakPreneur Jakut antusias menyambut momentum perayaan HUT ke-495 Kota Jakarta. Momentum tersebut diharapkan kembali mendatangkan rejeki melimpah seperti sebelum dilanda pandemi Covid-19 (24/5/2022) - twitter kotajakut

DKI Jakarta

Balap Mobil Listrik Formula E: Apa dampak Ekonomi Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah UMKM

Kedatangan warga negara asing di Indonesia untuk menyaksikan Balap Mobil Listrik Formula E merupakan salah satu target dari penyelenggaraan event international di Jakarta.

Formula E, Balap Mobil Listrik di Sirkuit Ancol Jakarta akan digelar 4 Juni 2022. Mobil balap yang akan dipergunakan para pembalap telah tiba di Jakarta.

Para pembalap Formula E dan para Warga Negara Asing (WNA) akan tiba di Jakarta dalam waktu dekat dan akan menginap di berbagai hotel di Jakarta Pusat dan hotel sekitar Ancol Jakarta Utara.

Yang amat menarik dan banyak disorot publik khususnya anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP dan PSI bahwa mayoritas pembeli tiket Formula E adalah Warga Negara Asing (WNA).

Sejatinya tiket Formula E yang dibeli oleh mayoritas Warga Negara Asing (WNA) adalah berita yang menggembirakan. Mengapa warga DKI Jakarta harus gembira? Jawabannya, karena Jakarta akan dibanjiri warga negara asing yang tidak lain adalah wisatawan.

Jakarta dan Indonesia sejak 2020 dan 2021, nyaris tidak ada wisatawan asing yang datang ke Jakarta dan Indonesia akibat pandemi Covid-19. Dampak negatifnya amat dirasakan oleh usaha mikro, kecil dan menengah.

Oleh karena itu, melalui balap mobil listrik Formula E, banyak WNA yang beli tiket berarti wisatawan asing bakal ramai yang datang ke Jakarta.

Dampak Ekonomi bagi UMKM

Kedatangan warga negara asing di Indonesia untuk menyaksikan Balap Mobil Listrik Formula E merupakan salah satu target dari penyelenggaraan event international di Jakarta.

Gubernur Anies Baswedan ingin Jakarta segera recovery ekonominya dan tumbuh secara signifikan pasca pandemi Covid-19.

Salah satu caranya ialah menyelenggarakan event international seperti Balap Mobil Listrik Formula E yang diharapkan banyak warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) datang ke Jakarta untuk menyaksikan balap mobil listrik tersebut.

Selain itu, menjadi ajang promosi ke seluruh dunia untuk menarik investasi dan kunjungan wisatawan manca negara ke Jakarta dan ke Indonesia.

Pertanyaannya, apa dampak ekonomi yang bisa diperoleh usaha mikro, kecil dan menengah?

Menurut saya, usaha mikro, kecil dan menengah yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat, setidaknya terdapat 1.100.000 UMKM di wilayah DKI Jakarta, yang setara 98,78 persen dari total jumlah usaha di DKI Jakarta, pasti mendapat dampak ekonomi.

Pertama, WNA dan juga WNI dari berbagai daerah yang menyaksikan Balap Mobil Listrik Formula E pasti memerlukan akomodasi berupa hotel untuk seluruh tingkatan mulai dari Mawar sampai bintang 5. Dampak ekonomi pasti tinggi karena hotel memerlukan segala macam kebutuhan tamu yang diantaranya di sediakan oleh UMKM.

Kedua, WNA dan WNI serta panitia memerlukan konsumsi. Restoran di semua tingkatan di sediakan. Menurut saya usaha mikro, kecil dan menengah yang merupakan pilar ekonomi dan perekonomian di DKI Jakarta pasti kecipratan rezeki dari penyelenggaraan Balap Mobil Listrik Formula E.

Ketiga, mereka yang menonton balap mobil listrik Formula E pasti ada yang membeli cenderamata untuk oleh-oleh. UMKM siap menyediakan cenderamata untuk WNA dan WNI.

Keempat, pada saat pembangunan sirkuit sampai saat pelaksanaan hajatan internasional Balap Mobil Listrik Formula E memerlukan banyak tenaga kerja. Mereka memerlukan makan dan minum. UMKM berperan menyediakan konsumsi bagi mereka, yang berarti UMKM memperoleh dampak ekonomi.

Kelima, publikasi semarak Balap Mobil Listrik Formula E, dilaksanakan para kreator dan seniman, yang tidak lain adalah UMKM.

Dengan demikian, Balap Mobil Listrik Formula E yang akan dilaksanakan 4 Juni 2022 patut disyukuri, disambut gembira dan disukseskan, karena pelaksanaan event international tersebut pasti memberi dampak ekonomi bagi UMKM, usaha besar pemilik hotel bintang 3, 4, dan 5 dan kepada pemerintah provinsi DKI Jakarta, karena mereka akan dikenakan pajak yang sudah tentu DKI Jakarta sebagai kota jasa mendapatkan penerimaan dana untuk dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kita mendoakan Balap Mobil Listrik Formula E berlangsung sukses. Kita berharap warga Jakarta berpartisipasi menyukseskan helatan akbar tersebut dengan ikut menjaga suasana damai dan aman. Sukses Balap Mobil Listrik Formula E adalah sukses kita semua warga Jakarta dan bangsa Indonesia.

Baca Juga

DKI Jakarta

Puncak Hajatan Jakarta ke-495 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu (25/6/22) dibanjiri warga DKI dan warga dari luar Jakarta.

DKI Jakarta

Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 sebagai telah diunggah di berbagai social media @DKIJakarta akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 25 Juni...

Pemilu

Pada Rakernas Nasdem nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat diteriaki Presiden saat beberapa DPW membacakan rekomendasi mereka.

DKI Jakarta

Sebanyak 260 UMKM didatangkan ke arena Formula E di Ancol Jakarta Utara. Ada yang merupakan binaan dari Jakpreneur, tetapi juga ada yang dari 10...

DKI Jakarta

E-Prix Formula E sukses luar biasa, yang dipromosikan tidak hanya Jakarta sebagai ibukota negara, tetapi Indonesia. Berkali-kali presenter E-Prix Formula menyebut Jakarta dan Indonesia....

DKI Jakarta

Para relawan Anies Baswedan yang dibentuk berdasarkan inisiatif masing-masing, mereka telah menyuarakan jargon jangan pilih partai politik yang tidak dukung Anies.

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog saya apresiasi dimulainya perayaan HUT DKI Jakarta ke-495 yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari pulau Bidadari, Kepulauan Seribu Jakarta...

DKI Jakarta

Saya bersyukur pasca pandemi Covid-19 di Jakarta, pada Car Free Day (22/5) saya dapat berpartisipasi olahraga jalan kaki dari Dukuh Atas Jalan Jenderal Sudirman...