Connect with us

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melaksanakan perayaan Milad PKS ke-20 di Istora Senayan, Jakarta (29/5/2022) - twitter musniumar

Politik

Milad PKS ke-20: Kolaborasi Melayani Indonesia Untuk Memenangi Pemilu 2024

Hari ini 28 Syawal 1443 H bertepatan dengan 29 Mei 2022, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melaksanakan perayaan Milad PKS ke-20. Perayaan ini dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Hari ini 28 Syawal 1443 H bertepatan dengan 29 Mei 2022, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melaksanakan perayaan Milad PKS ke-20. Perayaan ini dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Saya bersyukur tanpa direncanakan, setelah selesai olahraga jalan kaki di Jalan Jenderal Sudirman sampai di jalan MH. Thamrin, saya ke Istora Senayan dengan naik MRT dari stasiun Hotel Indonesia (HI) turun di stasiun Istora lalu jalan kaki menuju Gedung Istora Senayan.

Saya tiba dihalaman gedung Istora Senayan sekitar pukul 09.30 WIB, massa sudah membludak, pada hal acara baru akan dimulai pukul 12.00 lewat sesudah shalat Zuhur.

Saya menyaksikan sangat banyak spanduk yang dipasang di depan gedung Istora Senayan. Pada umumnya spanduk yang dipajang adalah foto Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim dan Presiden PKS Achmad Syaikhu.

Kesemarakan Milad PKS ke-20 saya rekam dalam video dan foto. Kemudian saya keliling melihat stand Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang meramaikan Milad PKS. Saya lalu beli topi berlogo PKS Melayani Rakyat.

Di luar gedung Istora Senayan, saya menyaksikan setidaknya ada dua tenda besar yang dipasang dan semuanya sudah penuh diduduki emak-emak yang semuanya berpakaian seragam baju kebesaran Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Show of Force PKS

Selama tahun 2020 dan 2021, pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), semua kegiatan yang menghimpun massa tidak diperbolehkan.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang hari ini melaksanakan perayaan Milad ke-20 di Istora Senayan, merupakan partai politik pertama yang memanfaatkan momentum pelonggaran PPKM Covid-19 untuk melaksanakan Milad ke-20 secara besar-besaran dengan menghadirkan puluhan ribu massa.

Milad PKS ke-20, telah dijadikan sebagai momentum konsolidasi dan show of force (unjuk kekuatan) PKS menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Sebagai partai politik yang ingin memenangkan pemilu, sangat bisa dipahami kalau melakukan unjuk kekuatan menghadapi pemilu 2024.

Oleh karena massa mengambang yang sangat banyak jumlahnya di Indonesia, akan memilih partai politik yang kuat, solid dan nyata memperjuangkan amanat penderitaan rakyat.

Show of force Partai Keadilan Sejahtera merupakan strategi untuk menunjukkan kepada rakyat Indonesia dengan jargon PKS Melayani Indonesia, bahwa PKS siap berkolaborasi sesuai harapan rakyat Indonesia untuk menghadirkan perubahan dan keberlanjutan melalui Pemilihan Umum yang bersifat Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) serta Jujur dan Adil (JURDIL).

Siap Menang Pemilu 2024

Semua partai politik ingin menang dalam pemilihan umum (Pemilu). Tidak terkecuali, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ingin menang dalam pemilihan umum 2024.

Partai ini didirikan pada awal reformasi 20 April 1998. Semula bernama Partai Keadilan (PK), kemudian diubah menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai ini berawal dari gerakan aktivitas dakwah Islam di berbagai kampus sejak 1980-an. Kemudian para aktivis dakwah itu merasa perlu mempunyai wadah perjuangan, sehingga mereka mendirikan Partai Keadilan.

Partai ini dapat dikatakan merupakan produk Orde Reformasi. Pertama kali mengikuti pemilu tahun 1999 bersama 47 partai politik dibawah bendera Partai Keadilan (PK). Partai ini memperoleh 7 kursi. Kemudian pada pemilu berikutnya partai ini mengubah nama menjadi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Partai ini selama lima kali mengikuti Pemilihan Umum, perolehan suara secara nasional terus meningkat dari satu pemilu ke pemilu berikutnya.

Sebagai gambaran, pemilu pertama di era Orde Reformasi tahun 1999 yang diikuti Partai Keadilan (PK) mendapat 1,436,565 suara, sekitar 1,36% dari total perolehan suara nasional dan mendapat tujuh kursi di DPR. Pada pemilu 2004, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 8.325.0207 suara dengan 45 kursi di DPR (7,34%) dan 550 kursi di DPRD.

Pemilu 2009, PKS memperoleh dukungan suara sebanyak 8.325.020 (7,34%) dengan perolehan kursi di DPR RI sebanyak 57 kursi serta 560 Kursi di DPRD.

Pemilu 2014, PKS memperoleh dukungan suara sebanyak 8.204.946 (6,79%) dengan 40 kursi di DPR RI dan 560 kursi di DPRD.

Pemilu 2019, PKS memperoleh dukungan suara secara nasional sebanyak 11.494.663 (8,21%) dengan 50 kursi DPR RI dan 575 kursi untuk DPRD.

Jika melihat dukungan rakyat dalam setiap pemilu, maka kecenderungannya terus meningkat. Walaupun tidak selamanya paralel dengan perolehan kursi di DPR RI.

Selain itu, terdapat kecenderungan jika PKS beroposisi, maka dukungan rakyat dalam pemilu meningkat secara signifikan.

Jika analisis ini benar, maka PKS yang sekarang ini beroposisi, berpeluang besar mendapatkan dukungan suara yang signifikan dari rakyat dalam pemilu 2024.

Untuk mewujudkan PKS menang dalam pemilu 2024, maka PKS harus semakin kritis, obyektif dan selalu melakukan pemihakan kepada rakyat. Selain itu, PKS harus berkolaborasi dengan semua tanpa pandang suku, agama, antar golongan, petani, nelayan, buruh dan mereka yang alami kesulitan di negeri ini.


Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Politik

Presiden PKS Ahmad Syaikhu: bangsa Indonesia membutuhkan politik kolaborasi, bukan segregasi apalagi polarisasi. Politik yang menjadikan keutuhan bangsa dan negara di atas kepentingan individu,...

Pemilu

Partai Gelora Indonesia pada 29 Juni 2022 menyelenggarakan Gelora Talks ke-51 dengan narasumber Qiani, Peneliti Kompas, Ismail Fahmi, Founder Drone Emprit, Anis Matta, Ketua...

Politik

Saya sangat prihatin terjadinya demonstrasi di berbagai tempat yang menuntut Suharso Monoarfa, mundur sebagai Ketua Umum PPP.

Pemilu

PKS memandang, Partai Nasdem dan Surya Paloh memiliki semangat untuk merestorasi Indonesia. Restorasi untuk kembali kepada jati diri bangsa Indonesia, sebagaimana dicita-citakan para pendiri...

Pemilu

Megawati menegaskan, ia diberi hak prerogatif oleh partai untuk menentukan siapa calon presiden yang diusung di 2024. Maka itu, ia tak mau ada kader...

Pendidikan

Anggota DPR RI Elnino Husein Mohi dalam kuliah umumnya yang bertema Konstitusi, Opini Deparpolitisasi dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia mengatakan bahwa konstitusi tertinggi...

Pemilu

Partai NasDem merupakan satu-satunya partai politik yang lebih awal mengumumkan calon Presiden RI Pemilu 2024. Pertanyaannya, mengapa Partai NasDem memilih mengumumkan lebih dahulu calon...

Pemilu

Pada Rakernas Nasdem nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat diteriaki Presiden saat beberapa DPW membacakan rekomendasi mereka.