Connect with us

Menteri Pertahanan RI @prabowo menegaskan perlunya terus mengupayakan menjalin kerja sama dan hubungan baik dengan negara-negara sahabat demi peningkatan kapasitas alutsista dan industri pertahanan dalam negeri (7/4/2022) - twitter Kemhan_RI

Politik

Pentingnya Memperkuat Pertahanan Nasional dan Keamanan: Peluang Prabowo Menang Pemilu Presiden 2024

Prabowo Subianto merupakan salah satu calon Presiden RI 2024 yang banyak diunggulkan oleh beberapa lembaga survei di Indonesia. Akan tetapi, Prabowo menghadapi tantangan yang harus diatasi.

Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang juga Menteri Pertahanan Republik Indonesia. Telah diumumkan dalam Munas Partai Gerindra beberapa tahun lalu bahwa Prabowo Subianto akan menjadi calon Presiden RI tahun 2024.

Prabowo Subianto dalam rangka silaturrahim Idul Fitri 1443 H telah melakukan safari dengan bertemu ulama di beberapa Pondok Pesantren di Jawa Timur. Pada saat Prabowo safari Idul Fitri 1443 H di Jawa Timur, dia juga bersilaturrahim dengan Gubernur Jawa Timur Khafifah Indar Parawansa. Media memberitakan bahwa Prabowo memberi pujian kepada Gubernur Khafifah tentang keberhasilannya dalam membangun Jawa Timur.

Selain itu, para kader Partai Gerindra sudah mulai digaungkan oleh para kadernya sudah mulai menggalang massa untuk deklarasi Prabowo Presiden RI 2024.

Tantangan Yang Dihadapi Prabowo

Prabowo Subianto merupakan salah satu calon Presiden RI 2024 yang banyak diunggulkan oleh beberapa lembaga survei di Indonesia.

Akan tetapi, Prabowo menghadapi tantangan yang harus diatasi. Adapun tantangan yang harus diatasi antara lain:

Pertama, citra sebagai calon Presiden RI yang sudah beberapa kali menjadi calon Presiden dan selalu gagal. Citra ini harus diatasi dengan melakukan re-branding untuk menarik simpati massa.

Kedua, citra sebagai bagian dari masa lalu (rezim Orde Baru). Masalah ini tidak terlalu menjadi persoalan sekarang ini, karena seiring dengan berlalunya waktu dan citra yang dihasilkan oleh para penguasa rezim Orde Reformasi yang banyak mengecewakan rakyat Indonesia, citra negatif terhadap rezim Orde Baru semakin redup.

Ketiga, citra sebagai pelanggar HAM di masa Orde Baru, masih selalu diungkap oleh para pegiat Hak Asasi Manusia (HAM). Masalah ini tidak lagi terlalu mempengaruhi publik di dalam menentukan pilihan mereka dalam Pemilu.

Keempat, kekecewaan para pendukung Prabowo dalam Pemilu 2019 yang dimotori Habib Rizieq Syihab (HRS). Mereka tidak kecewa kepada Prabowo yang menjadi Menteri Pertahanan RI, tetapi mereka sangat kecewa karena tidak mendapat pembelaan apalagi perlindungan dari Prabowo yang mereka pernah dukung habis-habisan dalam Pemilu Presiden 2019.

Kelima, persepsi publik bahwa Prabowo tidak banyak memainkan peran strategis seperti yang dilakukan Luhut Binsar Panjaitan (LBP) untuk menyelamatkan Indonesia dari kehancuran. Sebagai contoh membanjirnya TKA China di Indonesia, Prabowo diam saja seolah tidak ada masalah.

Keenam, koalisi partai politik yang akan mendukung Prabowo menjadi calon Presiden RI 2024 belum jelas. Hal ini sangat krusial karena jumlah kursi yang diraih Partai Gerindra di parlemen belum cukup untuk bisa mencalonkan sendiri Presiden RI.

Semua yang saya kemukakan di atas merupakan tantangan yang sebaiknya menjadi catatan bagi Prabowo Subianto dan para pengurus Partai Gerindra untuk diatasi.

Pentingnya Pertahanan Keamanan dan Peluang Prabowo Menang Pemilu

Perang antara Rusia dengan Ukraina yang sedang berkecamuk sekarang serta ancaman RRC terhadap Taiwan yang sedang berlangsung, telah memberi pelajaran bagi bangsa Indonesia, betapa pentingnya memperkuat TNI.

Oleh karena itu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus selalu siap menjaga pertahanan dan keamanan Indonesia supaya terhindar dari bahaya bubarnya Indonesia seperti yang dialami Uni Sovyet dan Yugoslavia.

Adapun yang berkaitan dengan pemilihan umum serentak yaitu pemilihan Presiden RI dan pemilihan Anggota Legislatif (DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota) sangat penting disukseskan.

Mengenai pemilihan Presiden RI, semua calon Presiden RI dalam Pemilu serentak tahun 2024 mempunyai peluang untuk menang termasuk Prabowo Subianto.

Oleh karena itu, sangat wajar jika Prabowo dan para kader Gerindra menginginkan Prabowo Subianto kembali menjadi calon Presiden 2024.

Adapun peluang Prabowo menang dalam Pemilu Presiden RI tahun 2024 sebagai berikut.

Pertama, masih banyak warga negara Indonesia yang ingin supaya Presiden RI dari kalangan militer. Dugaan saya karena rakyat masih mimpi di masa lalu bahwa pada masa Presiden Soeharto berkuasa, negara aman dan apa-apa murah.

Kedua, rakyat Indonesia sudah terpecah dua golongan yaitu golongan yang mendukung pemerintah dan golongan yang tidak pro kepada pemerintah. Dengan masuknya Prabowo ke dalam pemerintahan Jokowi, maka mereka yang mendukung pemerintah terbuka peluang untuk memilih Prabowo menjadi Presiden RI.

Ketiga, massa mengambang yang belum mempunyai pilihan, masih bisa dipengaruhi oleh Prabowo dan tim suksesnya untuk memilih Prabowo dalam Pemilu Presiden RI tahun 2024.

Keempat, masih ada di dalam masyarakat Indonesia yang terpanggil untuk memberi kesempatan kepada Prabowo menjadi Presiden RI setelah bertarung dalam pemilihan Presiden RI banyak kali dan selalu kalah.

Kelima, prestasi Prabowo yang sekarang ini menjadi Menteri Pertahanan RI cukup baik karena di masa dia menjadi Menteri Pertahanan RI, Tentara Nasional Indonesia (TNI) diperkuat sehingga Indonesia memiliki angkatan bersenjata yang hebat dengan persenjataan yang modern dan kuat. Dampaknya amat positif bagi Indonesia karena akhirnya kita disegani teman dan lawan di dunia internasional.

Semoga tulisan ini memberi manfaat dalam upaya kita membangun Indonesia yang kuat, bersatu, adil dan makmur.

Baca Juga

Pemilu

Mahkamah Konstitusi (MK) telah membuat putusan yang dianggap melanggar asas keadilan, kepantasan dan equality before the law (persamaan di depan hukum) karena membolehkan menteri...

Opini

HRS mengatakan, Prabowo mempunyai posisi tawar yang tinggi pasca pemilihan Presiden karena dibutuhkan Presiden Jokowi untuk rekonsiliasi, tetapi tidak dimanfaatkan untuk menolong tokoh-tokoh yang...

Politik

Prancis memiliki militer yang mendapatkan peringkat ke-7 sebagai militer terkuat di dunia. Hal ini menjadikan Prancis sebagai Militer terkuat di Eropa setelah Rusia.

Politik

Dunia dalam keadaan tidak aman. Pertahanan dan keamanan sedang terancam dan adanya potensi perang dunia.

Politik

Amerika Serikat dan negara-negara anggota NATO, bersekutu untuk melawan Rusia yang melakukan operasi militer terhadap Ukraina dengan membantu dana dan persenjataan terhadap Ukraina dalam...

Politik

Kondisi yang dialami Ukraina merupakan pelajaran yang amat penting dan berharga bagi Indonesia.

Dunia Usaha

Pariwisata merupakan andalan untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa wisatawan dalam negeri yang disebutnya wisatawan nusantara harus menjadi andalan dengan target...

Lainnya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin penyidik senior Novel Baswedan telah melakukan penangkapan terhadap Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan RI.