Connect with us

Bersama-sama memakai topi MITCHelin Man @Michelin_Sport dengan @mitchevans_ , @edomortara dan @JeanEricVergne ! (4/6/2022) - twitter FIAFormulaE

DKI Jakarta

Antusiasme Masyarakat Terhadap Suksesnya Jakarta E-Prix Formula E Luar Biasa

E-Prix Formula E sukses luar biasa, yang dipromosikan tidak hanya Jakarta sebagai ibukota negara, tetapi Indonesia. Berkali-kali presenter E-Prix Formula menyebut Jakarta dan Indonesia. Saya bangga dan kita semua bangga.

Tidak ada kata yang patut kita ucapkan selain rasa syukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa karena balap mobil listrik Formula E sukses luar biasa.

Indikator sukses balap mobil Formula E antara lain:

Pertama, antusiasme masyarakat Indonesia terhadap balap mobil E-Prix Formula E luar biasa. Sebagai contoh, ditempat penginapan saya di kawasan Ancol, saya bertemu suami isteri dan putera-puterinya, mereka mengatakan dari Lampung, di stand UMKM di Taman Impian Jaya Ancol, sewaktu duduk untuk makan siang, saya berbincang dengan seorang bapak, yang mengajak isteri dan dua anaknya dari Bekasi, ada pula dari Jawa Tengah, Bogor dan bahkan dari Bandung. Semuanya membeli tiket, biaya perjalanan dan biaya penginapan hotel, karena tidak ingin Balap Mobil yang digagas Pak Anies gagal.

Kedua, antusiasme masyarakat asing (WNA) untuk datang ke Jakarta guna menonton balap mobil Formula E juga luar biasa. Buktinya tiket VIP dan VVIP mayoritas di beli oleh warga negara asing. Ini diluar dugaan.

Ketiga, E-Prix Formula E dapat dikatakan sangat sukses karena disiarkan secara langsung di 150 negara, atau ada juga yang mengatakan bahwa acara ini di siarkan 170 negara di dunia.

Keempat, cukup banyak perusahaan asing dan perusahaan swasta dalam negeri yang menjadi sponsor, sehingga pelaksanaan E-Prix berjalan lancar dan saya yakin panitia untung.

Kelima, semua tiket E-Prix Formula E terjual habis. Artinya antusiasme masyarakat dalam negeri dan luar negeri sangat besar terhadap pelaksanaan E-Prix Formula.

Keenam, cuaca saat pelaksanaan E=Prix Formula E di kawasan Ancol tempat penyelenggaraan E-Prix Formula E sangat mendukung. Sejak pagi sampai sore cuaca sangat cerah, tidak ada hujan sebagaimana beberapa hari sebelum acara ini digelar.

Berbagai Upaya Telah Dilakukan

Masyarakat pada umumnya menganggap bahwa ada upaya yang secara sistematis dilakukan untuk menggagalkan pelaksanaan E-Prix Formula E di Jakarta karena bisa melambungkan nama Anies Baswedan.

Setidaknya ada beberapa dugaan publik bahwa E-Prix Formula E ada upaya agar gagal dilaksanakan.

Pertama, Monas yang semula mau dijadikan sebagai tempat pelaksanaan E-Prix Formula E tidak diperbolehkan.

Kedua, ada anggota DPRD DKI Jakarta yang diduga mempunyai agenda untuk menggagalkan pelaksanaan E-Prix Formula E dengan mengusulkan penggunaan hak angket untuk menyelidiki adanya dugaan korupsi dalam Formula E.

Ketiga, ada yang lapor ke KPK dengan tuduhan bahwa dugaan korupsi dalam Formula E.

Keempat, ramai sekali buzzerp menghantam Anies dengan tuduhan menghamburkan uang rakyat untuk balap mobil yang sedikitpun tidak memberi manfaat kepada rakyat.

Kelima, ada yang menyebut sebagai pengamat kebijakan publik menyebut bahwa Taman Impian Jaya Ancol dan Jakpro telah rugi 1 triliun lebih gegara Formula E.

Keenam, perusahaan BUMN tidak satupun yang menjadi sponsor E-Prix Formula E, yang sangat berbeda perlakuan terhadap pelaksanaan Motorgp Mandalika.

Keenam faktor tersebut merupakan indikator bahwa bahwa E-Prix Formula E mau digagalkan. Akan tetapi, berbagai upaya tersebut gagal.

Formula E Berjalan Lancar dan Sukses Dilaksanakan

Pelaksanaan E-Prix Formula E sangat sukses. Presiden Jokowi, Ketua MPR, Ketua DPR, Gubernur Anies, Ketua OC Ahmad Sahroni, para Ketua partai politik, warga Jakarta dan masyarakat dari berbagai daerah datang menyaksikan E-Prix Formula E.

Walaupun tidak semua bisa menyaksikan langsung E-Prix Formula E, tetapi cukup puas menyaksikan melalui lebar yang disiapkan panitia bekerjasama dengan pengelola Taman Impian Jaya Ancol.

Selain itu, UMKM hadir sebagai partisipan yang menjual produk mereka dan para warga yang tidak bisa menyaksikan langsung E-Prix Formula E, cukup puas menyaksikan E-Prix Formula E dilayar lebar yang dipasang sambil belanja, yang sebelum balap, dihadirkan band Padi Reborn yang sangat semarak dan menarik penonton.

Setelah E-Prix Formula E dilaksanakan, banyak warga yang rela berdiri di dekat layar besar yang sebelumnya digunakan Band Padi Reborn untuk menghibur penonton.

Beberapa warga yang menonton yang saya ajak berbincang sebelum balap mobil digelar, memuji Anies karena berbagai upaya dilakukan untuk menggagalkan E-Prix Formula.

Alhamdulillah berkat pertolongan Allah dan doa masyarakat, E-Prix Formula E sukses luar biasa, yang dipromosikan tidak hanya Jakarta sebagai ibukota negara, tetapi Indonesia. Berkali-kali presenter E-Prix Formula menyebut Jakarta dan Indonesia. Saya bangga dan kita semua bangga. E-Prix Formula E telah mempersatukan kita semua sebagai satu bangsa dan negara yang besar.

Baca Juga

DKI Jakarta

Hal yang sangat menggembirakan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menargetkan 100 bus listrik Transjakarta yang akan beroperasi di DKI Jakarta pada akhir 2022.

DKI Jakarta

Sebanyak 260 UMKM didatangkan ke arena Formula E di Ancol Jakarta Utara. Ada yang merupakan binaan dari Jakpreneur, tetapi juga ada yang dari 10...

DKI Jakarta

Kedatangan warga negara asing di Indonesia untuk menyaksikan Balap Mobil Listrik Formula E merupakan salah satu target dari penyelenggaraan event international di Jakarta.

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog saya apresiasi dimulainya perayaan HUT DKI Jakarta ke-495 yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari pulau Bidadari, Kepulauan Seribu Jakarta...

DKI Jakarta

Saya bersyukur pasca pandemi Covid-19 di Jakarta, pada Car Free Day (22/5) saya dapat berpartisipasi olahraga jalan kaki dari Dukuh Atas Jalan Jenderal Sudirman...

DKI Jakarta

Untuk mempromosikan bahwa Jakarta dan Indonesia, pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan, sehingga Balap Mobil Listrik Formula E bisa dilaksanakan di Jakarta.

DKI Jakarta

Jakarta telah dicanangkan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sebagai global city (kota global). Jakarta Go Global, Jakarta mendunia harusnya dijadikan acuan, prime mover...

DKI Jakarta

Sarinah yang terletak di pusat jantung kota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962 di era Presiden Soekarno. BUMN...