Connect with us

Naik bus listrik Trans Jakarta nyaman banget deh! - IG abbymarcel #TransJakarta

DKI Jakarta

Formula E dan Bus Listrik Transjakarta Solusi Kurangi Polusi Udara: Cerita Mantan Anggota DPR RI

Hal yang sangat menggembirakan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menargetkan 100 bus listrik Transjakarta yang akan beroperasi di DKI Jakarta pada akhir 2022.

Jakarta E-Prix Formula E telah digelar 4 Juni 2022 di Sirkuit Ancol dengan sukses. Chief Competition Officer Formula E (E-Prix) yang juga Co-Founder Formula E mengatakan bahwa ajang balap mobil listrik itu menjadi kejuaraan terbesar dan tersukses dalam sejarah.

Pemenang pertama race Formula E Jakarta 2022 adalah Pebalap tim Jaguar TCS Racing Mitch Evans, pemenang kedua Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) dan pemenang ketiga, Dardo Mortara (ROKiT Venturi Racing).

Media memberitakan bahwa yang hadir menonton balap mobil listrik itu 60 ribu orang. Hadir Presiden Jokowi, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Chief Competition Officer Formula E (E-Prix) yang juga Co Founder Formula E, Alberto Longo, para Menteri, para Ketua Umum Partai Politik, Ketua Pelaksana Ahmad Sahroni, dan masyarakat luas.

Para penonton balap mobil listrik ini ada yang di tribun Sirkuit Ancol, di luar tribun dan bahkan di dalam lingkungan Taman Impian Jaya Ancol yang menonton melalui layar lebar yang dipasangi tenda besar.

E-Prix Formula E tidak saja balap mobil, tetapi merupakan upaya mempromosikan kendaraan dengan bahan bakar listrik yang ramah lingkungan.

Kendaraan dengan bahan bakar listrik semakin penting karena dunia mengalami ancaman polusi udara yang gawat yang mengancam lingkungan hidup.

Transjakarta Beri Solusi Cegah Polusi Udara

Gubernur Anies Baswedan tidak saja menginisiasi gelar balap mobil listrik Formula E yang ramah lingkungan, tetapi juga memulai dari Jakarta dengan mendorong Bus Transjakarta menggunakan bahan bakar listrik seperti kendaraan balap mobil E-Prix Formula E.

Alhamdulillah, pada 8 Maret 2022 tiga bulan sebelum digelar E-Prix Formula E, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 30 armada bus listrik Transjakarta.

Gubernur Anies Baswedan mengatakan bahwa pengadaan bus listrik Transjakarta tersebut merupakan salah satu upaya Pemprov DKI untuk menanggulangi dua masalah, yaitu polusi udara dan kemacetan di Jakarta.

“Karena itu solusi yang coba ditawarkan kepada masyarakat adalah dengan menfasilitasi kendaraan umum, membangun sistem kendaraan umum yang luas dan kendaraan umumnya berbasis listrik,” kata Anies (kompas.com, 8 Maret 2022).

Hal yang sangat menggembirakan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menargetkan 100 bus listrik Transjakarta yang akan beroperasi di DKI Jakarta pada akhir 2022.

Upaya itu dilakukan sesuai cita-cita Gubernur DKI Jakarta Anie Baswedan yang ingin mewujudkan net zero emission atau nol emisi karbon pada 2030.

“Jadi kalau dari sisi rencana kerja, ada 100 (bus listrik hingga akhir 2022), seperti disampaikan Pak Kadis (Dinas Perhubungan DKI). Sekarang kami operasionalkan 30 bus listrik. Jadi masih ada sisa yang kami selesaikan sampai akhir tahun,” ujar Direktur Utama PT Transjakarta Yana Aditya di Depo Transjakarta Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Rabu (8/6/2022).

Cerita Mantan Anggota DPR RI dan Rektor Tentang Transjakarta

Teman saya yang pernah menjadi anggota DPR RI 2 periode yang meraih gelar Ph.D di Amerika Serikat, beberapa hari lalu bercerita kepada saya bahwa dia mencoba naik Transjakarta.

Dia sangat kagum, pertama, sudah terintegrasi dengan semua jurusan yang ingin dituju, sehingga tidak perlu jalan kaki jauh, yang bisa diterpa panas matahari atau hujan.

Kedua, sangat murah hanya Rp 3.500 sekali jalan. Ketiga, bebas dari kemacetan. Keempat, cepat sampai tujuan. Kelima, sangat bersih, tidak ada yang merokok dan makan dalam bus.
Keenam, sangat nyaman, aman dan cukup dingin.

Berdasarkan pengalamannya naik bus Transjakarta, dia mengatakan kepada saya bahwa penyediaan dan pengoperasian bus Transjakarta yang prima di Jakarta merupakan success stories dan legacy Anies selama memimpin DKI Jakarta.

Kemudian saya juga cerita bahwa sebagai rektor, saya tidak gengsi apalagi malu sering naik Transjakarta kalau ke kantor. Di dalam perjalanan saya bisa membaca berita dan menulis artikel di Hand Phone yang miliki.

Itu sebabnya hampir tiap hari saya menulis artikel yang dipublikasikan di arahjaya.com. Saya juga aktif menulis di Twitter tanpa terhambat dengan kesibukan di kantor yang sering banyak tamu dan rapat-rapat.

Oleh karena itu, fasilitas transportasi massal yang disediakan pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti Transjakarta, sebaiknya warga DKI Jakarta dan sekitarnya memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Dengan mengurangi penggunaan motor dan mobil pribadi, maka kita telah berpartisipasi mengurangi polusi udara di Jakarta yang sangat mengganggu kesehatan kita.

Baca Juga

DKI Jakarta

Puncak Hajatan Jakarta ke-495 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu (25/6/22) dibanjiri warga DKI dan warga dari luar Jakarta.

DKI Jakarta

Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 sebagai telah diunggah di berbagai social media @DKIJakarta akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 25 Juni...

DKI Jakarta

E-Prix Formula E sukses luar biasa, yang dipromosikan tidak hanya Jakarta sebagai ibukota negara, tetapi Indonesia. Berkali-kali presenter E-Prix Formula menyebut Jakarta dan Indonesia....

DKI Jakarta

Untuk mempromosikan bahwa Jakarta dan Indonesia, pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan, sehingga Balap Mobil Listrik Formula E bisa dilaksanakan di Jakarta.

DKI Jakarta

Jakarta telah dicanangkan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sebagai global city (kota global). Jakarta Go Global, Jakarta mendunia harusnya dijadikan acuan, prime mover...

DKI Jakarta

Anies bersama Transjakarta berharap perjanjian kerjasama memperluas akses Transjakarta pada penyedia bus elektrik, tidak hanya lokal tapi juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris....

DKI Jakarta

Untuk mencegah kemacetan yang parah seperti di masa lalu, maka kolaborasi dan partisipasi warga Jakarta amat diperlukan. Contoh kolaborasi dan partisipasi warga Jakarta, adalah...

DKI Jakarta

Anies datang di Sirkuit Mandalika, para penonton di tribun heboh dan berdiri mau salaman dan selfie.