Connect with us

Surya Paloh Ketua Umum Partai Nasdem pada Rakernas Nasdem Jakarta (16/6/2022) - youtube Nasdem TV

Pemilu

Rakernas Nasdem: Anies Baswedan Insya Allah Calon Presiden RI, Koalisi Bersama Partai Demokrat dan PKS?

Pada Rakernas Nasdem nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat diteriaki Presiden saat beberapa DPW membacakan rekomendasi mereka.

Sebanyak 31 Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat (Nasedm) dari 34 DPW se-Indonesia mengusulkan Anies Rasyid Baswedan menjadi calon Presiden RI pemilu 2024.

Hal tersebut mengemuka dalam rapat pleno penyampaian usulan nama calon Presiden (Capres) dalam Rapat Kerja Nasional Partai Nasdem, di mana setiap DPW diberikan hak untuk mengusulkan bakal calon Presiden RI.

Pada Rakernas Nasdem nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat diteriaki Presiden saat beberapa DPW membacakan rekomendasi mereka. Sebanyak 31 Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasdem mengusulkan nama Anies calon Presiden RI.

Salah satunya diusulkan oleh DPW Maluku. Tepuk tangan dan sorak sorai mengiringi pembacaan rekomendasi tersebut. “Sebagai bentuk Rekomendasi dari Provinsi Maluku yang pertama Pak Anies Baswedan,” kata Ketua DPW Maluku, Hamdani di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022).

“Pak Anies, presiden,” kata peserta rapat.

Selain dari Maluku, nama Anies Baswedan juga mendapat sambutan meriah oleh DPW Nasdem Yogyakarta. Nama Anies bersanding dengan nama Panglima TNI Andika Perkasa dan Capres PDIP Ganjar Pranowo.

“Yang kami rekomendasikan pertama, Andika Perkasa. Ini sesuai abjad ya. Kemudian Anies Baswedan, ketiga Capres PDIP Ganjar Pranowo,” kata Ketua DPW NasDem Yogyakarta Subardi.

Koalisi Bersama Partai Demokrat Dan PKS?

Perolehan suara Partai Nasdem dalam Pemilu 2019 sebesar 12.661.798 suara (9,05 %). Sedang perolehan kursi di DPR RI sebanyak 59 kursi.

Dengan demikian, Partai Nasdem harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk bisa mencalonkan satu pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden dalam Pemilu 2024 kalau Presidential Threshold tetap 20%, tidak dipertahankan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Adapun partai politik yang memiliki kedekatan dengan Partai Nasdem adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Pemilu 2019 meraih dukungan suara sah sebanyak 11,493,663 (8,21%) dengan perolehan kursi di DPR RI 50 kursi, sedang Partai Demokrat meraih suara sah sebanyak 10.876.057 (7,77%) dengan perolehan kursi di DPR RI 54 kursi.

Jika Partai Nasdem, PKS dan PD bersepakat membentuk satu koalisi seperti koalisi yang dibentuk Partai Golkar, PAN dan PPP, maka ketiga partai itu sudah bisa mencalonkan 1 pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden dalam pemilu 2024 karena sudah memiliki dukungan suara di DPR RI sebesar 25,03%.

Peluang Besar Anies Baswedan

Walaupun Capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga dicalonkan oleh para pimpinan wilayah Partai Nasdem untuk menjadi calon Presiden RI dalam Pemilu 2024, tetapi karena Partai Nasdem tidak cukup suara 20% untuk bisa mencalonkan sendiri 1 pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden, maka suka tidak suka dan mau tidak mau Partai Nasdem harus menggait mitra koalisi seperti PKS dan Partai Demokrat.

Sementara peluang Nasdem menggait PAN dan PPP untuk membentuk koalisi sudah tertutup karena Partai Golkar, PAN dan PPP sudah duluan membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Peluang Partai Nasdem yang masih terbuka lebar untuk membentuk satu koalisi yaitu dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat (PD).

Jika ketiga partai tersebut bersepakat membentuk satu koalisi, cukup memenuhi syarat untuk bisa mencalonkan 1 pasang calon Presiden dan calon Wakil Presiden sangat besar. Peluang terbentuknya satu koalisi sudah terbuka lebar karena sudah terjalin komunikasi dan saling mengunjungi seperti yang dilakukan SBY dan AHY kepada Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem.

Bagaimana peluang Capres PDIP dicalonkan oleh Partai Nasdem, PKS dan PD sangat kecil, jika melihat sikap politik Partai keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat (PD) selama ini, serta kedekatan pimpinan PKS dan Pimpinan Partai Demokrat dengan PDIP, saya menduga keras kedua partai politik tersebut (PKS dan Partai Demokrat) tidak akan bersedia menerima Capres PDIP sebagai calon Presiden RI.

Satu-satunya calon Presiden yang bisa diterima oleh mayoritas Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat adalah Anies Baswedan.

Sebagai Sosiolog saya apresiasi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan seluruh jajaran DPW Partai Nasdem yang mayoritas mencalonkan Anies Baswedan menjadi calon Presiden RI Pemilu 2024 yang berarti mengusung restorasi Indonesia di masa depan yaitu perubahan dan keberlanjutan yang menghadirkan keadilan sosial sesuai mimpi saya dan mimpi seluruh bangsa Indonesia yang makin lama makin jauh dari kenyataan.

Baca Juga

Politik

Presiden PKS Ahmad Syaikhu: bangsa Indonesia membutuhkan politik kolaborasi, bukan segregasi apalagi polarisasi. Politik yang menjadikan keutuhan bangsa dan negara di atas kepentingan individu,...

Pemilu

Partai Gelora Indonesia pada 29 Juni 2022 menyelenggarakan Gelora Talks ke-51 dengan narasumber Qiani, Peneliti Kompas, Ismail Fahmi, Founder Drone Emprit, Anis Matta, Ketua...

DKI Jakarta

Puncak Hajatan Jakarta ke-495 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu (25/6/22) dibanjiri warga DKI dan warga dari luar Jakarta.

Pemilu

PKS memandang, Partai Nasdem dan Surya Paloh memiliki semangat untuk merestorasi Indonesia. Restorasi untuk kembali kepada jati diri bangsa Indonesia, sebagaimana dicita-citakan para pendiri...

Pemilu

Megawati menegaskan, ia diberi hak prerogatif oleh partai untuk menentukan siapa calon presiden yang diusung di 2024. Maka itu, ia tak mau ada kader...

DKI Jakarta

Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 sebagai telah diunggah di berbagai social media @DKIJakarta akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 25 Juni...

Pendidikan

Anggota DPR RI Elnino Husein Mohi dalam kuliah umumnya yang bertema Konstitusi, Opini Deparpolitisasi dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia mengatakan bahwa konstitusi tertinggi...

Pemilu

Partai NasDem merupakan satu-satunya partai politik yang lebih awal mengumumkan calon Presiden RI Pemilu 2024. Pertanyaannya, mengapa Partai NasDem memilih mengumumkan lebih dahulu calon...