Connect with us

70 ribu warga ikut hadir merayakan Malam Puncak Jakarta Hajatan di Jakarta International Stadium semalam, Masya Allah. (26/6/2022) - facebook Anies Baswedan

DKI Jakarta

Puncak Jakarta Hajatan ke-495 di JIS Dibanjiri Warga DKI: Transjakarta Kolaborasi Sukseskan Ulang Tahun Jakarta

Puncak Hajatan Jakarta ke-495 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu (25/6/22) dibanjiri warga DKI dan warga dari luar Jakarta.

Puncak Jakarta Hajatan ke-495 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu (25/6/22) dibanjiri warga DKI dan warga dari luar Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut warga yang menghadiri Jakarta Hajatan ke-495 berjumlah 70 ribu orang. Anies juga mengatakan bahwa gelaran ulang tahun ini, merupakan yang pertama kalinya diadakan dengan kuota penonton sebanyak saat ini.

“Belum pernah sebelumnya kita mengadakan event dengan jumlah pengunjung sebanyak ini. Biasanya paling 5.000-1.000. Kali ini yang hadir sekitar 70 ribu warga Jakarta di sini,” kata Anies, Sabtu (25/6/22).

Anies menuturkan bahwa perayaan ulang tahun saat ini, Jakarta sudah melalui berbagai perjalanan yang membawa ibu kota Indonesia menjadi kota global yang diakui dunia. Anies juga mengatakan bahwa nama perayaan ulang tahun Jakarta sebagai Hajatan, diambil dari kosa kata Betawi yang memiliki makna mendalam.

“Kita rayakan dan kita syukuri. Hajatan yang bermakna merayakan, yang diambil dari bahasa Betawi yang biasa digunakan masyarakat Jakarta,” kata Anies.

Pada tahun ini, kata Anies, tema yang diusung sebagai Kota Global adalah: Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi. Anies menilai, kota global merupakan kota yang setiap sarananya memiliki kelas yang setara dengan level dunia.

“Ketika ada orang datang ke Jakarta dari berbagai belahan dunia, maka akan menemukan stadion berstandar internasional, lihat trotoarnya berstandar internasional, pusat kesenian dan kebudayaan berstandar internasional, menyaksikan halte terminal, tempat pemberhentian bahkan MRT-nya sudah berstandar internasional,” jelasnya.

Sementara itu, Anies juga mengatakan bahwa Jakarta telah memasuki era kota global. Hal tersebut dikatakan berdasarkan semua pemanfaatan fasilitas yang berbasis digital.

“Semua yang hadir di tempat ini rasanya pasti tahu aplikasi Jaki (Jakarta Kini). Anda daftar ke sini pakai aplikasi Jaki, bukan? Dan ini adalah sebuah pemanfaatan teknologi digital super apps yang bukan hanya terbaik di Indonesia, tetapi ini telah dinobatkan sebagai super apps pelayanan kota terbaik di Asia Tenggara,” paparnya.

Transjakarta Kolaborasi Jakarta Hajatan

Transjakarta merupakan moda transportasi massal yang sudah setara dengan moda transportasi di berbagai negara maju.

Setiap ada event internasional ataupun nasional yang diselenggarakan di DKI Jakarta, Transjakarta selalu berkolaborasi melayani masyarakat yang akan menghadiri event internasional maupun nasional.

Dalam rangka merayakan Jakarta Hajatan 495 di JIS, Transjakarta menyediakan 100 bus secara gratis untuk membawa warga menuju Jakarta International Stadium (JIS) guna mengikuti malam puncak Jakarta Hajatan yang merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-495 yang diselenggarakan di JIS, Sabtu (25/6/2022).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo 100 bus tersebut akan beroperasi dari pukul 13.00 sampai 24.00 WIB. Bus akan mengantar warga yang bakal hadir di acara malam puncak HUT DKI Jakarta.

Layanan bus gratis tersebut disediakan di 12 titik lokasi penjemputan, dan hanya berhenti di JIS sebagai tujuan akhir, serta tidak dapat berhenti di tengah perjalanan.

Oleh karena itu, menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, “masyarakat tidak perlu khawatir, kami sudah menyiapkan bus Transjakarta dan bus sekolah untuk memudahkan peserta menuju lokasi hajatan,” tutur Syafrin dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (25/6/2022).

Transjakarta telah membuktikan kolaborasinya untuk menyukseskan perayaan puncak Jakarta Hajatan 495 di JIS begitu pula saat Jakarta E-E-Prix Formula E, Transjakarta berada digarda terdepan dalam melayani warga Jakarta.

Akhirnya kita ucapkan Selamat Jakarta Hajatan 495, semoga partisipasi dan kolaborasi warga DKI, Jakarta akan semakin bersinar dan maju sebagai kota global.

Baca Juga

Pendidikan

Hari ini 25 November 2022 adalah Hari Guru Nasional. Setiap kita memperingati Hari Guru Nasional, yang teringat kepada kita adalah pendidikan. Pendidikan adalah kunci untuk...

Opini

Momentum pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden partai Nasdem, mereka mengambil peluang untuk kembali bersinar 2024 mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden RI 2024.

Opini

Fenomena dukungan Anies Baswedan sebagai capres oleh Forum Kakbah Membangun (FKM) yang diikuti banyak kader PPP merupakan suatu bentuk upaya para kader PPP menyuarakan...

Pemilu

Isu sentral yang Digulirkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 adalah masalah keadilan sosial. Sesuai dengan sila ke-5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh...

Pemilu

Selama hampir 10 (sepuluh) tahun Partai Keadilan Sejahtera PKS beroposisi. Tidak tergiur untuk masuk ke dalam gerbong pemerintahan Jokowi.

Opini

Relawan Anies Baswedan dibentuk di berbagai daerah seluruh Indonesia atas prakarsa dan swadaya masing-masing. Jauh sebelum Anies berakhir masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta...

Pemilu

Pamor semakin meroket tinggi setelah Partai Nasdem mengumumkan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden Partai Nasdem 2024.

Pemilu

Anies Baswedan, Calon Presiden RI dari Partai Nasdem telah mengemukakan kriteria Calon Wakil Presiden RI yang diharapkan untuk mendampinginya.