Connect with us

Ahmad Syaikhu Presiden PKS dan Salim Segaf al Jufri Ketua Majelis Syura PKS - twitter PKSejahtera

Politik

Lawan Polarisasi: PKS Kolaborasi Untuk Mempersatukan Seluruh Bangsa Indonesia

Presiden PKS Ahmad Syaikhu: bangsa Indonesia membutuhkan politik kolaborasi, bukan segregasi apalagi polarisasi. Politik yang menjadikan keutuhan bangsa dan negara di atas kepentingan individu, golongan dan kekuasaan.

Litbang Kompas telah menggelar survei yang berlangsung pada 26 Mei-4 Juni 2022. Hasil survei tentang polarisasi menyebutkan bahwa sebanyak 70% responden khawatir polarisasi terjadi pemilu 2024. Faktor keterbelahan (polarisasi) disebabkan oleh Influencer dan Buzzer menurut 36% responden.

Polarisasi ini diduga sebagai rekayasa untuk melemahkan rakyat melalui politik pecah belah (devide et impera). Berbagai isu yang dilontarkan ke publik seperti radikal, ekstrimis, teroris, kadrun dan sebagainya diduga keras sengaja dipelihara dan selalu diluncurkan untuk melemahkan rakyat terutama umat Islam yang sebagian dianggap tidak mendukung penguasa, termasuk pengalihan isu jika terbongkar masalah besar seperti mega korupsi.

Lawan Polarisasi: PKS Kolaborasi

Berbagai pihak telah menyadari bahayanya polarisasi di kalangan rakyat akibat isu-isu yang diproduksi dengan tujuan kepentingan politik dan kepentingan ekonomi.

Menyadari hal itu, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu pada saat memberikan Pidato Kebangsaan di Puncak Milad ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (29/5/2022) menyampaikan pesan penting di hadapan puluhan ribu kader PKS dan berbagai tokoh nasional tentang pentingnya semangat kolaborasi.

“Kita hadir dalam peringatan Milad ke-20 PKS ini dengan satu semangat, satu misi, dan satu harapan yang sama, yaitu: Kolaborasi Melayani Indonesia. Kolaborasi itu sangat penting, ibarat sebuah rumah. Rumah hanya akan terbangun jika ada pondasi, tiang, atap, dan dinding yang bersatu padu dan saling menguatkan,” tegas Ahmad Syaikhu.

Menurut dia, bangsa Indonesia membutuhkan politik kolaborasi, bukan segregasi apalagi polarisasi. Politik yang menjadikan keutuhan bangsa dan negara di atas kepentingan individu, golongan dan kekuasaan. Politik yang membentangkan harapan dan rasa persatuan bukan membentangkan rasa ketakutan dan keterbelahan.”

Mengelola Keberagaman

Ahmad Syaikhu lebih lanjut mengatakan bahwa saat ini semua pihak merasakan betapa pentingnya arti kolaborasi. Hampir satu dekade terakhir ini, bangsa Indonesia telah mengalami pembelahan sosial. Pemilu 2014 dan 2019 menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk semua. Menjadi tugas seluruh agar menjadikan pemilu tahun 2024 sebagai era baru politik Indonesia. Politik yang mencerahkan dan menggerakkan kemajuan bangsa.

Menurut Ahmad Syaikhu, perbedaan pilihan adalah sebuah keniscayaan dalam alam demokrasi. Tidak ada demnyatnyokrasi tanpa perbedaan pilihan. Justru karena berbeda itulah bangsa ini menjadi bangsa yang besar. Bangsa yang bisa melahirkan karya-karya terbaiknya. Kuncinya adalah bagaimana kita mampu mengelola keberagaman.

Ia menegaskan, semua elemen bangsa memiliki tanggungjawab yang besar untuk mengakhiri kondisi keterbelahan di tengah-tengah masyarakat.

“Luka-luka harus kita sembuhkan. Rasa sakit harus kita pulihkan. Halaman baru politik Indonesia harus kita bentangkan bersama.”

Selanjutnya ia menegaskan, kontestasi politik sesungguhnya adalah perlombaan untuk memperjuangkan nilai-nilai kebaikan dan kemaslahatan warga negara bukan perlombaan untuk saling menjatuhkan dan menaburkan rasa curiga dan permusuhan sesama anak bangsa.”

Menyatukan Bangsa

Bangsa Indonesia menghadapi tantangan geopolitik dunia yang tengah berubah. Semula politik dunia pasca perang dunia ke-2 dan bubarnya Ini Sovyet 25 Desember 1991 didominasi oleh Amerika Serikat sebagai satu-satunya negara super power. Akan tetapi, saat ini sudah muncul dua kekuatan baru di dunia yaitu RRC dan Rusia.

Konflik Rusia dengan Ukraina, telah mengajarkan bahwa dunia saling bergantung antara satu negara dengan negara lain. Konflik tersebut telah menyebabkan terjadi krisis energi dan pangan di dunia, yang mengakibatkan terjadi inflasi di berbagai negara di dunia.

Krisis energi dan pangan dunia, bisa memberi pengaruh besar terhadap Indonesia. Pengaturan pemberian minyak goreng yang harus menggunakan peduli lindungi serta pembelian bensin Pertalite yang harus mengisi aplikasi My Pertamina, di duga merupakan cara yang dilakukan pemerintah mengatasi pengaruh negatif dari masalah kelangkaan pangan dan energi.

Di hari-hari mendatang, jika konflik terus berkecamuk antara Rusia dengan Ukraina, maka dampak negatifnya sangat mungkin dialami bangsa Indonesia. Kalau hal itu terjadi, maka pergolakan sosial di dalam negeri bisa terjadi.

Oleh karena itu, politik kolaborasi yang mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yang digaungkan oleh Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sangat pentingkan diamalkan.

Dalam rangka itu, penyebab pembelahan sosial (polarisasi) yaitu Influencer٫ Buzzer dan Hoax harus dihentikan dengan cara menegakkan hukum secara adil tanpa pandang bulu. Selain itu, KPU dan Bawaslu harus bekerja secara profesional, adil, dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan penguasa, partai politik, antar golongan, suku dan agama.

Baca Juga

Opini

Momentum pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden partai Nasdem, mereka mengambil peluang untuk kembali bersinar 2024 mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden RI 2024.

Opini

Fenomena dukungan Anies Baswedan sebagai capres oleh Forum Kakbah Membangun (FKM) yang diikuti banyak kader PPP merupakan suatu bentuk upaya para kader PPP menyuarakan...

Pemilu

Selama hampir 10 (sepuluh) tahun Partai Keadilan Sejahtera PKS beroposisi. Tidak tergiur untuk masuk ke dalam gerbong pemerintahan Jokowi.

Opini

Saya berharap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang dipimpin Ibu Megawati Sukarnoputri tidak mengalami nasib seperti yang dialami Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan.

Pemilu

Ada dinamika dan dampak positif dari pencalonan Anies Baswedan. Media online memberitakan ribuan orang mendaftar menjadi anggota Partai Nasdem.

Pemilu

Setelah menyelesaikan pendidikan sempat bekerja di Amerika Serikat, kemudian kembali di Indonesia dan menjadi Rektor Universitas Paramadina, yang merupakan rektor termuda.

Pemilu

Sudah puluhan kali Presidential Threshold (PT) digugat ke Mahkamah Konstitusi (PK), tetapi baru kali ini PKS sebagai partai politik yang dianggap memiliki legal standing...

Pemilu

Partai Gelora Indonesia pada 29 Juni 2022 menyelenggarakan Gelora Talks ke-51 dengan narasumber Qiani, Peneliti Kompas, Ismail Fahmi, Founder Drone Emprit, Anis Matta, Ketua...