Connect with us

Saya berolahraga di hari minggu menikmati Car Free Day Jakarta (3/7/2022) - twitter musniumar

DKI Jakarta

Di Car Free Day CFD Jakarta: Pelaku Usaha Mikro Kecil Bahagia Raup Untung

Pelaku usaha mikro kecil atau yang populer Pedagang kaki lima (PKL) diperbolehkan untuk berjualan di area CFD yang berada di sejumlah titik Ibu Kota termasuk dihalaman depan Sarinah Thamrin Jakarta Pusat.

Setelah dua tahun “Car Free Day” berhenti akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di berbagai wilayah di DKI Jakarta.

Kegiatan perdana Car Free Day (CFD) kembali digelar pertama kali setelah pandemi Covid-19 mereda, pada Ahad (22/5/2022), mulai pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Pelaksanaan Car Free Day Tingkat Provinsi ditetapkan di Jalan MH Thamrin – Jalan Jenderal Sudirman (Simpang Patung Kuda – Simpang Bundaran Senayan). Nampaknya semakin lama semakin meriah.

Sedangkan di tingkat 5 Wilayah Kota Administratif di Jakarta dilaksanakan:

• Jalan Suryopranoto (Simpang Harmoni – Simpang RSUD Tarakan)

• Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang – Business Hotel Tomang)

• Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun – CSW)

• Jalan Pemuda (Simpang Arion – Simpang TU-Gas).

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, warga Jakarta harus tetap memindai QR code dengan aplikasi PeduliLindungi saat hendak naik MRT dan Transjakarta serta area CFD.

Usaha Mikro Kecil di CFD

Jumlah usaha kecil menengah di Indonesia sangat banyak. Menurut BPS jumlah usaha kecil menengah di Indonesia mencapai 99,99% dari total usaha yang ada di Indonesia. Sementara, usaha berskala besar hanya sebanyak 5.637 unit atau setara 0,01%. Secara rinci, sebanyak 64,6 juta unit merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pada saat pandemi Covid-19, banyak UMKM yang gulung tikar. Penyebab utama karena daya beli masyarakat merosot tajam akibat banyak buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan banyak UMKM mengalami penurunan usaha karena PPKM.

Dengan mulai terkendalinya pandemi Covid-19, maka masyarakat sudah beraktivitas kembali di luar rumah dan masuk kantor untuk bekerja, maka ekonomi mulai menggeliat sebab warga perlu makan siang pada saat bekerja di luar rumah.

Lebih menggembirakan lagi, Car Free Day yaitu Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang kembali diberlakukan, berarti warga Jakarta sebagai contoh, bebas bersepeda dan olahraga jalan kaki untuk tingkat provinsi di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, maka otomatis warga memerlukan minum dan makan di berbagai pojok jalan setelah bersepeda dan olahraga jalan kaki.

Dampak Ekonomi: UMK (PKL) Berjualan

Pelaku usaha mikro kecil atau yang populer Pedagang kaki lima (PKL) diperbolehkan untuk berjualan di area CFD yang berada di sejumlah titik Ibu Kota termasuk dihalaman depan Sarinah Thamrin Jakarta Pusat.

Dampak ekonominya luar biasa. Saya menyaksikan langsung pada 3 Juli 2022. Semula saya dan anak naik MRT jurusan Hotel Indonesia. Turun di Halte MRT Dukuh Atas Jalan Jenderal Sudirman. Dari situ rencananya mulai olahraga jalan kaki menuju Jalan MH Thamrin Jakarta. Ternyata diluar sedang hujan lebat. Kami kembali naik MRT menuju Lebak Bulus dan turun di Halte MRT Senayan.

Ketika kami keluar dari MRT, hujan sudah berhenti dan kami langsung menuju Gelora Bung Karno (GBK) untuk olahraga jalan kaki. Hebatnya, jalan menuju GBK banyak sekali tenda-tenda kecil yang dipasang tempat pelaku usaha mikro kecil (PKL= Pedagang Kaki Lima) menjual dagangan dan kelihatan sangat ramai yang membeli dagangan mereka. Begitu pula banyak usaha mikro kecil yang menjual dagangan mereka di bahu jalan Jenderal Sudirman Jakarta.

Saya langsung foto tenda-tenda tempat usaha mikro kecil berjualan yang semuanya warna merah, dan saya juga buat video yang langsung dipublikasikan di media sosial.

Saya tidak bertanya kepada para pelaku usaha mikro kecil yang berjualan karena mereka sedang ramai melayani para pembeli, tetapi berdasarkan pengamatan langsung yang nampak banyak pembeli yang duduk dan makan, saya dapat pastikan bahwa para penjual meraup keuntungan yang lumayan.

Ini berkah redanya pandemi Covid-19 di Jakarta, dan saya yakin Car Free Day yang diberlakukan di 5 wilayah di DKI Jakarta dan di berbagai daerah di Indonesia, juga usaha mikro kecil meraup keuntungan.

Pemberian peluang kepada UMKM di Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia sangat penting di lakukan terus-menerus, dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerataan, keadilan ekonomi, kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca, UMKM dan seluruh rakyat Indonesia.


Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

DKI Jakarta

Adanya MRT, Transjakarta dan commuter sejatinya mengubah budaya masyarakat Jakarta dan sekitarnya dari malas jalan kaki menjadi rajin jalan kaki.

DKI Jakarta

Citayam Fashion Week masih hangat dibicarakan masyarakat, terutama para warganet di media sosial. Event fashion show ini pada mulanya berawal dari Anak Baru Gede...

DKI Jakarta

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengaku terpukau dengan transformasi pembangunan yang terjadi di Jakarta setelah dua dekade ia tidak mengunjungi ibu...

DKI Jakarta

Di alun-alun kota tua, saya menyaksikan warga dari berbagai penjuru Jakarta datang ke lokasi tersebut dengan menggunakan Transjakarta.

DKI Jakarta

Salah satu wujud partisipasi dan kolaborasi Transjakarta yang paling mutakhir ialah menyukseskan shalat Idul Adha di JIS dengan menyediakan bus Transjakarta dari berbagai lokasi.

DKI Jakarta

Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 sebagai telah diunggah di berbagai social media @DKIJakarta akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 25 Juni...

Pendidikan

Jalan santai Sivitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun diikuti ribuan orang diantaranya Dr Edy Haryanto, Ketua Umum Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun dan isteri, Musni...

DKI Jakarta

Sebanyak 260 UMKM didatangkan ke arena Formula E di Ancol Jakarta Utara. Ada yang merupakan binaan dari Jakpreneur, tetapi juga ada yang dari 10...