Connect with us

Di kawasan kota tua Jakarta (10/7/2022) - twitter musniumar

DKI Jakarta

Transjakarta Melayani Warga Yang Wisata ke Kota Tua

Di alun-alun kota tua, saya menyaksikan warga dari berbagai penjuru Jakarta datang ke lokasi tersebut dengan menggunakan Transjakarta.

Transjakarta melayani warga DKI Jakarta tanpa mengenal hari libur. Hal tersebut dibuktikan pada 10 Zulhijjah 1443 H yang tidak lain adalah Hari Raya Idul Adha, Pramudi (driver) Transjakarta masih melayani warga DKI Jakarta yang mau berwisata di kota tua.

Saya dan isteri termasuk yang memanfaatkan jasa Transjakarta. Pada hari lebaran Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 H, saya dan isteri termasuk yang menggunakan Transjakarta menuju kota tua

Sejatinya tujuan kami ke Chinatown, karena belum tahu lokasinya, kami menuju kota tua dengan harapan kota tua tidak jauh dari lokasi Chinatown.

Kami dari rumah mengendarai mobil pribadi lalu parkir dihalaman Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Dari halaman Masjid Agung Al Azhar kami jalan kaki menuju Halte Transjakarta Masjid Agung Al Azhar, kemudian naik Transjakarta menuju kota tua. Kami turun di depan kota tua menuju alun-alun kota tua.

Di kawasan kota tua sekarang ini, sedang ditata dengan membuat pedestarian yang luas mirip jalan jenderal Sudirman Jakarta Selatan. Menurut Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta Dr. Hari Nugraha bahwa penataan kawasan kota tua akan selesai akhir Juli 2022.

Jika penataan kawasan kota tua sudah selesai, maka kawasan itu akan sangat indah, nyaman dan aman sebagai lokasi olahraga jalan kaki seperti di jalan Sudirman Jakarta.

Mereka yang terbiasa mengendarai mobil pribadi terpaksa akan naik Transjakarta karena dikawasan kota tua tidak tersedia tempat parkir yang cukup sebab telah diubah sebagai taman dan pedestarian yang luas.

Peran Transjakarta

Di alun-alun kota tua, saya menyaksikan warga dari berbagai penjuru Jakarta datang ke lokasi tersebut dengan menggunakan Transjakarta.

Warga Jakarta sudah mengetahui bahwa di alun-alun kota tua tidak cukup tersedia tempat parkir mobil pribadi dan motor. Oleh karena itu, mayoritas warga DKI Jakarta yang melancong di kota tua menggunakan Transjakarta. Tidak hanya warga DKI Jakarta yang menggunakan Transjakarta, tetapi juga turis asing yang datang ke kota tua menggunakan Transjakarta.

Kendala yang dihadapi warga DKI dan turis manca negara karena kawasan kota tua termasuk halte Kota Transjakarta sedang dalam renovasi dan penataan, sehingga tidak terlalu nyaman, tetapi warga bisa memahami dan turis asing bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Sebagai catatan dari pengamatan langsung di alun-alun kota tua yang juga ada lima museum, saya menyaksikan dengan penuh bahagia, warga DKI Jakarta dan turis manca negara yang datang ke lokasi itu, memberi dampak ekonomi yang positif sebab mereka melakukan transaksi.

Sebagai contoh, banyak anak-anak, remaja, pemuda (i) dan emak-Emak-Emak berfoto dengan petugas sebagai penggambaran di masa penjajahan Belanda, mereka memberi tips. Begitu pula sewa sepeda yang biasa dipergunakan para petugas dan pegawai di masa penjajahan Belanda, mereka membayar sewa, dan berbagai kegiatan warga seperti seorang penyanyi dengan gitarnya, tidak sedikit yang memberi tips.

Belum lagi restoran yang tersedia di kawasan tersebut ramai dikunjungi warga untuk makan siang, dari restoran paling mahal seperti Cafe Batavia sampai restoran untuk kelas menengah ke bawah.

Dengan demikian, kota tua dan alun-alunnya, bukan saja sebagai lokasi berwisata yang menarik karena menghadirkan ingatan di masa lampau yang tercermin dari bangunan kuno yang dirawat baik sebagai peninggalan sejarah yang amat berharga bahwa bangsa Indonesia pernah mengalami penjajahan yang sangat lama.

Selain itu, lokasi kota tua telah menjadi arena transaksi bisnis yang menghadirkan perputaran ekonomi di lapisan masyarakat. Dampak terjadi pemerataan ekonomi dan keadilan sosial.

Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi masyarakat DKI Jakarta pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

DKI Jakarta

Dari obrolan sepanjang jalan menuju Balaikota sampai di depan dan di halaman Balaikota, saya sangat kagum atas semangat rakyat untuk dukung Anies.

DKI Jakarta

Halte Transjakarta Bundaran HI merupakan satu dari ratusan warisan Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin DKI Jakarta yang akan berakhir 16 Oktober 2022.

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...