Connect with us

Akhirnya hari yg ditunggu itu, yg dinanti bertahun-tahun mencapai ujungnya (25/7/2022) - twitter aniesbaswedan

DKI Jakarta

JIS: Kebanggaan Anies, Kebanggaan Pemprov DKI, Kebanggaan Warga Jakarta dan Bangsa Indonesia

Jakarta International Stadium (JIS) didukung dengan dua lapangan berstandar internasional. Lapangan ini sudah diresmikan lebih dulu, bisa disewa oleh publik dengan biaya mulai Rp 2 juta.

Jakarta International Stadium dengan akronim JIS merupakan mahakarya anak bangsa yang menjadi kebanggaan Gubernur Anies Baswedan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, warga Jakarta dan seluruh bangsa Indonesia.

Grand Launching JIS sudah dilaksanakan dengan sangat meriah pada 24 Juli 2022. Sederet artis seperti Dewa 19 featuring Virzha, Kotak, dan Setia Band mengisi acara grand launching Jakarta International Stadium.

Selain itu, pertandingan persahabatan Persija Jakarta melawan tim asal Thailand, Chonburi dengan score 3-3.

Jakarta International Stadium mulai dibangun 14 Maret 2019, dan dilakukan Grand Launching pada 24 Juli 2022. Sebelumnya sudah dilakukan Soft Launching dengan berbagai aktivitas seperti di pelataran luar JIS telah digunakan tempat shalat Idul Fitri dan shalat Idul Adha 1443 H, kegiatan agama lain dan lain sebagainya.

Mengapa Kita Bangga JIS?

Jakarta International Stadium (JIS) merupakan stadium yang hebat, megah dan bertaraf internasional seperti stadium di negara-negara maju.

1. Lapangan Memakai Hybrid Turf

Rumput stadion ini menggunakan hybrid turf yaitu rumput campuran antara rumput alami dan sintetis.

Selain itu, JIS juga memiliki restoran, ruang VIP serta ruang ganti yang cukup mewah. Stadion ini juga bakal ramah bagi para penyandang disabilitas.

2. Atap Stadion Bisa buka-tutup

JIS memiliki atap yang bisa buka-tutup. Ada beberapa stadion di dunia yang punya kemampuan serupa. Salah satunya adalah Mercedes-Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat.

Atap yang bisa buka-tutup itu membuat stadion ini sangat mendukung untuk menggelar konser seperti yang dilakukan para artis saat Grand Launching JIS 24 Juli 2022.

3. Kapasitas Besar

JIS berkapasitas 82.000 penonton dan bertipe stadion sepak bola modern. Stadion ini tak akan memiliki lintasan atletik.

Stadion yang terletak di bilangan Jakarta Utara ini memiliki tribun tiga tingkat yaitu lower tribun, middle tribun dan upper tribun.

4. Memiliki Pelataran Luas

JIS memiliki pelataran luas yang sangat baik. Saya menyaksikan dan ikut shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di pelataran yang menghadap kiblat. Sementara di belakangnya adalah stadion mega Jakarta International Stadium (JIS).

Pelataran ini telah digunakan pada saat Soft Launching misalnya untuk tempat shalat Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 H, kegiatan agama lain dan sebagainya.

5. Mengumandangkan Azan Magrib

Jakarta International Stadium (JIS) satu-satunya di Indonesia dan mungkin di dunia, pada saat Magrib menyiarkan azan Magrib di stadion.

Pada Grand Launching JIS, 24 Juli 2022, presenter memberitahu bahwa azan Magrib segera dikumandangkan. Seorang muazin tampil dengan suara yang merdu mengumandangkan azan Magrib.

6. Lapangan Latihan Berstandar Internasional dan Sangat Megah

Jakarta International Stadium (JIS) didukung dengan dua lapangan berstandar internasional. Lapangan ini sudah diresmikan lebih dulu, bisa disewa oleh publik dengan biaya mulai Rp 2 juta.

Selain itu, pembangunan JIS sangat megah. Stadion ini sejatinya merupakan pengganti Stadion Lebak Bulus yang menjadi depo untuk MRT.

Liga Eropa Mau Bermain di JIS

Gede Widiade, Chairman Pancoran Soccer Field (PSF) mengatakan banyak tim-tim dari Liga Eropa ingin bermain di Jakarta International Stadium (JIS). Hal itu menjadi kabar baik untuk pecinta sepak bola tanah air (SindoNews.com, Senin, 25 Juli 2022 – 23:01 WIB)

Gede Widiade telah sukses mendatangkan Atletico U-18 dan Barcelona U-18 untuk bermain di JIS bersama dengan Indonesia All Star U-20 dan Bali United U-18. Acara itu bertajuk Youth Championship (IYC) beberapa waktu lalu.

Selain itu, pihaknya pun juga sukses mendatangkan tim Liga Thailand Chonburi FC untuk melakukan uji coba dengan Persija. Laga itu sekaligus grand launching JIS, Minggu (24/7/2022).

Gede Widiade mengatakan masih banyak rangkaian kegiatan sepak bola yang akan dilakukan di JIS. Tidak hanya itu, event-event itu akan melibatkan tim-tim Liga Eropa.

Menurut Gede, “biasanya negara-negara eropa memilih Turki untuk pemusatan latihan (TC). Mereka kini bisa memilih Indonesia sebagai tempat untuk TC,” ucapnya.

Lebih lanjut Gede mengemukakan bahwa “banyak event yang menanti untuk diselenggarakan. (Ada) tim Eropa menghubungi kami untuk mengajak main di Jakarta,” ucap Gede Widiade saat ditemui di JIS, Minggu (24/7/2022).

“Ini merupakan pembuktian kepada dunia bahwa di Jakarta ada stadion yang representatif dan tidak dipandang sebelah mata,” jelasnya.

Gede Widiade lebih lanjut mengemukakan bahwa tahun-tahun ke depan, Indonesia cukup layak menjadi tujuan pramusim tim-tim di Liga Eropa. Lantaran, di Indonesia pun sudah banyak stadion-stadion berkualitas.

Semoga JIS yang menjadi kebanggaan Anies Baswedan, pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Warga Jakarta dan seluruh bangsa Indonesia, serta lima lapangan sepak bola di lima wilayah Jakarta yang bertaraf internasional, mampu mendorong lahirnya pesepak bola yang hebat dan bertaraf internasional dari Jakarta dan dari berbagai daerah di Indonesia.


Baca Juga

Pendidikan

Hari ini 25 November 2022 adalah Hari Guru Nasional. Setiap kita memperingati Hari Guru Nasional, yang teringat kepada kita adalah pendidikan. Pendidikan adalah kunci untuk...

Opini

Momentum pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden partai Nasdem, mereka mengambil peluang untuk kembali bersinar 2024 mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden RI 2024.

Opini

Fenomena dukungan Anies Baswedan sebagai capres oleh Forum Kakbah Membangun (FKM) yang diikuti banyak kader PPP merupakan suatu bentuk upaya para kader PPP menyuarakan...

Pemilu

Isu sentral yang Digulirkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 adalah masalah keadilan sosial. Sesuai dengan sila ke-5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh...

Pemilu

Selama hampir 10 (sepuluh) tahun Partai Keadilan Sejahtera PKS beroposisi. Tidak tergiur untuk masuk ke dalam gerbong pemerintahan Jokowi.

Opini

Relawan Anies Baswedan dibentuk di berbagai daerah seluruh Indonesia atas prakarsa dan swadaya masing-masing. Jauh sebelum Anies berakhir masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta...

Pemilu

Pamor semakin meroket tinggi setelah Partai Nasdem mengumumkan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden Partai Nasdem 2024.

Pemilu

Anies Baswedan, Calon Presiden RI dari Partai Nasdem telah mengemukakan kriteria Calon Wakil Presiden RI yang diharapkan untuk mendampinginya.