Connect with us

Yudisium 110 sarjana Fakultas Agama Islam UIC Jakarta (20/8/2022) - twitter musniumar

Pendidikan

Rektor UIC Pada Yudisium Fakultas Agama Islam: Tetapkan Tujuan, Kerja Keras Sambil Berdoa

Pada 20 Agustus 2022, Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun melakukan acara yudisium 110 sarjana Fakultas Agama Islam di Sukabumi, Jawa Barat. Saya, Musni Umar hadir untuk menyertai dan menyemangati mereka.

Pada 20 Agustus 2022, Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun melakukan acara yudisium 110 sarjana Fakultas Agama Islam di Villa Santa Monika, Sukabumi, Jawa Barat.

Saya, Musni Umar hadir untuk menyertai dan menyemangati mereka. Dalam sambutan, selaku rektor Universitas Ibnu Chaldun saya menekankan pentingnya setiap peserta yudisium untuk menetapkan mau jadi apa? Apakah mau menjadi da’i kondang seperti Ustadz Abdul Somad, mau menjadi akademisi, peneliti, guru, qari’, pengusaha, pegawai dan sebagainya.

Jika ingin maju dan sukses dalam bidang yang dimaui, maka harus meningkatkan ilmu pengetahuan. Dengan memiliki ilmu yang banyak, maka akan sangat menunjang kesuksesan karir di masa depan.

Selain itu, sesuatu yang ingin dicapai, sebaiknya dicatat satu persatu dan secara konsisten dijalankan. Misalnya, mau menjadi qari’ (pembaca al-Qur’an) yang hebat, mesti meningkatkan ilmu qiraat, latihan terus-menerus, nafas dipanjangkan, dan segala hal yang diperlukan untuk menjadi yang terbaik.

Semua bidang pekerjaan yang dipilih dan ditekuni, insya Allah akan menghadirkan rezeki yang cukup dan bahkan berlebih yang sebagian diperuntukkan untuk kemajuan agama, bangsa dan negara.

Kerja keras dan Sabar

Untuk menjadi terbaik dalam bidang yang ditekuni tidak mungkin dicapai tanpa kerja keras. Oleh karena itu, sosiolog ini memberi tips kepada peserta yudisium agar kerja keras. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras.

Kerja keras tidak lain adalah mempunyai semangat tinggi yang berkobar-kobar serta memiliki kemampuan dan kesanggupan untuk mencapai target yang dianggap melebihi batas kemampuan sendiri.

Dalam upaya mencapai cita-cita yang tinggi dan mulia, tantangan banyak sekali. Kunci untuk sukses harus sabar. Sabar bukan berarti pasrah, Sabar antara lain maknanya bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh. Sabar merupakan kemampuan mengendalikan diri sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa orang yang memilikinya.

Takwa, Berorientasi ke Depan dan Berdoa

Rektor Universitas Ibnu Chaldun yang juga sosiolog mengutip ayat Alqur’an dalam surat Al Hasyr ayat 18 yang dilagukan oleh Nendi, peserta yudisium, Allah memerintahkan supaya bertakwa dan setiap orang hendaklah selalu memandang yang lalu untuk besok. Maksud “besok” untuk masa depan di dunia dan akhirat.

Modal dasar kita adalah takwa. Takwa adalah sikap mental positif terhadapNya untuk waspada dan mawas diri sedemikian rupa sehingga dapat melaksanakan segenap perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

Takwa sangat penting bagi setiap orang apapun profesinya, karena takwa tak obahnya pakaian bersih dan bagus yang harus selalu dipakai oleh setiap Muslim.

Selain modal takwa yang harus dipegang seerat-eratnya oleh setiap muslim dan muslimah terlebih lagi sebagai seorang sarjana, juga harus selalu memandang ke depan untuk mewujudkan kemajuan pribadi, keluarga, agama, bangsa dan negara, juga untuk bekal di akhirat.

Terakhir sebagai sarjana, hendaklah selalu berdoa kepada Allah supaya diberi rezeki, sehat dan sukses mengemban tugas apapun dan di manapun.

Yudisium sarjana Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun dipimpin oleh Dr. Rusdi Hamka Lubis, dekan Fakultas Agama Islam serta Dr. Farizal Marlius memberi wejangan dan memimpin doa.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Pendidikan

Setelah penutupan masa perkenalan mahasiswa baru Universitas Ibnu Chaldun dilanjutkan pengucapan sumpah mahasiswa dan menyalakan lilin dan membentuk formasi PPKMB UIC.

Pendidikan

Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun sore ini (21/9) menyampaikan ceramah dihadapan mahasiswa (i) baru Universitas Ibnu Chaldun.

Pendidikan

Musni Umar kembali terpilih menjadi Rektor Universitas Ibnu Chaldun periode 2022-2026.

Pendidikan

Tema Wisuda Universitas Ibnu Chaldun tahun ini adalah "Mewujudkan Kampus Merdeka Dalam Rangka Meningkatkan Akreditasi Pendidikan Universitas Ibnu Chaldun.

Pendidikan

Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Kamis, 8 September 2022 telah berjalan dengan lancar.

Pendidikan

Hari ini (26/8) sebelum shalat Jum'at, rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengundang mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun untuk silaturrahim.

Pendidikan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengemukakan bahwa sarjana ilmu komunikasi universitas Ibnu harus memiliki kemampuan adaptasi dengan perubahan sosial, ekonomi, politik, dan kemajuan...

Pendidikan

Sivitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun memperingati proklamasi 17 Agustus 2022 dengan upacara menaikkan bendera merah putih, membaca Pancasila, naskah proklamasi, Pembukaan UUD 1945, lagu...