Connect with us

Silaturrahim di UIC Jakarta (26/8/2022) - twitter musniumar

Pendidikan

Membludak Mahasiswa Hadiri Silaturrahim Dengan Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta

Hari ini (26/8) sebelum shalat Jum’at, rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengundang mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun untuk silaturrahim.

Pasca Tawuran mahasiswa tgl 20 Agustus 2022, hari ini (26/8) sebelum shalat Jum’at, rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengundang mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun untuk silaturrahim.

Diluar dugaan, aula Prof. Bahder Djohan Universitas Ibnu Chaldun penuh sesak mahasiswa (i). Mereka sangat antusias mengikuti acara silaturrahim dengan Musni Umar, rektor Universitas Ibnu Chaldun.

Silaturrahim ini dihadiri oleh Dr. Abbas Thaha, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Rahmah Marsinah, Dekan Fak. Hukum, Bambang Marwoto, Dekan Fak. Farmasi, Sapta Maryati, Dekan Fak. Ilmu Komunikasi, S. Aminah Amahoru, Dekan FISIP, Dr. Eni Samayati, Kepala LPPM, Subhan, Wakil Dekan FISIP, Rahmat Moni, wakil dari Komunitas Ambelau di Jakarta, Rahmat Amahoru, wakil dari komunitas Sepa di Jakarta.

Sebagai informasi، Ambelau dan Sepa merupakan dua pulau dalam wilayah Provinsi Maluku.

5 Manfaat Merantau

Musni Umar, rektor Universitas Ibnu Chaldun dalam sambutannya, mengutip bait syair Imam Syafi’i R.A yang menyuruh merantau untuk mencari ketinggian ilmu pengetahuan. Imam Syafii berseru supaya kita melakukan perantauan. Di dalam perantauan, ada lima manfaat yang bakal diperoleh. Pertama, dapat menggapai cita-cita, Kedua, bisa mengupayakan kehidupan, Ketiga, akan mendapat ilmu pengetahuan, Keempat, akan memperoleh peradaban, Kelima, akan mendapat sahabat baru.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun yang juga sosiolog menegaskan bahwa mayoritas Mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun adalah perantau. Maka berbahagialah mahasiswa UIC karena lima hal yang dikemukakan Imam Syafi’i di atas dapat diraih. Persoalannya, bagaimana mahasiswa UIC yang sedang belajar menimba ilmu pengetahuan di UIC, bisa mengambil manfaat?.

Musni Umar menegaskan bahwa seluruh mahasiswa UIC bisa mengambil 5 manfaat dari syair tersebut asalkan tekun, sabar, tabah dan terus mengobarkan semangat untuk meraih cita-cita tinggi.

Diakhir sambutannya, Musni Umar yang merupakan mantan anggota DPR RI mendoakan seluruh mahasiswa (i) UIC menjadi orang hebat di negeri ini. Ada yang menjadi Presiden, Wakil Presiden, Menteri, Wakil Menteri, anggota DPR, Duta Besar, pengusaha, ilmuan, Gubernur, Bupati, Walikota, anggota DPRD.

Sementara itu, Dr. Abbas Thaha mengemukakan bahwa Universitas Ibnu Chaldun merupakan institusi perguruan tinggi yang wajib dijaga bersama. UIC ini hebat karena telah melahirkan banyak orang besar di negeri ini. Ada Wakil Ketua MPR, Wakil Menteri, Wakil Presiden RI, Duta Besar, anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, pengacara, eselon 1 dan sebagainya.

Demo Yang Berbobot

Dalam acara silaturrahim, turut berbicara Rahmat Moni. Beliau adalah perwakilan komunitas Ambelau di Jakarta dan juga seorang pengacara. Dalam orasi, Rahmat Moni menegaskan bahwa kita hidup di perantauan dan sedang menuntut ilmu, mesti mengubah mindset (pola pikir). Selain itu, harus pula membangun intelektual dan tanggung jawab. Mahasiswa (i) wajib belajar keras dan banyak membaca, agar bisa membangun kekuatan intelektual. Di samping itu, wajib memiliki moral dan agama yang kuat yang akan menjadi pengontrol dalam hidup kita di perantauan.

Mantan aktivis HMI ini mengemukakan pentingnya mahasiswa (i) menjadi pencipta dan pengabdi. Untuk menjadi mahasiswa (i) yang hebat, pada semester 1-4 harus mengisi otak dengan ilmu pengetahuan. Menurut dia, banyak mahasiswa UIC yang suka demo sebagai “social control.” Dia meminta sebaiknya yang demo adalah mereka yang sudah di semester 5 keatas agar pendapat yang disampaikan ke publik berbobot dan berkualitas.

Pembicara terakhir adalah Rahmat Amahoru. Dia menekankan pentingnya mahasiswa (i) dari Sepa, Ambelau, Seram, Saparua dan sebagainya menghayati dan mengamalkan konsep Pela Gandong. Pela berarti suatu ikatan, sedang gandong berarti bersaudara. Jadi Pela Gandong ialah suatu ikatan persaudaraan. Kita adalah Pela dan Gandong tegas Rahmat.

Menurut Rahmat Amahoru yang mewakili komunitas dari Sepa menegaskan bahwa mahasiswa harus menghormati guru. Konflik yang terjadi antara Siti Aminah Amahoru (Ichy) dengan Gusti Loilatu hanya merupakan miskomunikasi. Dia sangat sesalkan karena akibat tidak bisa menahan diri timbul konflik, sehingga mencoreng nama baik Universitas Ibnu Chaldun. Dalam pertemuan sebelumnya, kedua tokoh dari dua komunitas telah meminta maaf atas konflik yang terjadi yang mencoreng nama baik Universitas Ibnu Chaldun.

Padahal menurut dia, pendidikan membentuk menjadi manusia yang beradab. Menurut Rahmat Amahoru yang juga pengacara bahwa Sepa dan Ambalau adalah satu, begitu pula Maluku adalah satu. Pela Gandong merupakann pemersatu.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Pendidikan

Setelah penutupan masa perkenalan mahasiswa baru Universitas Ibnu Chaldun dilanjutkan pengucapan sumpah mahasiswa dan menyalakan lilin dan membentuk formasi PPKMB UIC.

Pendidikan

Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun sore ini (21/9) menyampaikan ceramah dihadapan mahasiswa (i) baru Universitas Ibnu Chaldun.

Pendidikan

Musni Umar kembali terpilih menjadi Rektor Universitas Ibnu Chaldun periode 2022-2026.

Pendidikan

Tema Wisuda Universitas Ibnu Chaldun tahun ini adalah "Mewujudkan Kampus Merdeka Dalam Rangka Meningkatkan Akreditasi Pendidikan Universitas Ibnu Chaldun.

Pendidikan

Wisuda Sarjana Universitas Ibnu Chaldun Kamis, 8 September 2022 telah berjalan dengan lancar.

Pendidikan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar mengemukakan bahwa sarjana ilmu komunikasi universitas Ibnu harus memiliki kemampuan adaptasi dengan perubahan sosial, ekonomi, politik, dan kemajuan...

Pendidikan

Pada 20 Agustus 2022, Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun melakukan acara yudisium 110 sarjana Fakultas Agama Islam di Sukabumi, Jawa Barat. Saya, Musni...

Pendidikan

Sivitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun memperingati proklamasi 17 Agustus 2022 dengan upacara menaikkan bendera merah putih, membaca Pancasila, naskah proklamasi, Pembukaan UUD 1945, lagu...