Connect with us

Alhamdulillah, hari pertama, pembukaan U20 Mayors Summit 2022 di Jakarta berlangsung dengan sukses (31/8/2022) - twitter aniesbaswedan

DKI Jakarta

Anies Diplomasi Kemajuan Jakarta dan Pencegahan Global Warming (Pemanasan Global)

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies diplomasi dengan negara-negara sahabat.

Anies Baswedan merupakan Gubernur DKI Jakarta dan tokoh nasional yang luas pergaulannya tidak hanya ditingkat nasional, tetapi juga di tingkat dunia.

Anies Baswedan walaupun hanya Gubernur DKI Jakarta, tetapi sewaktu melakukan lawatan ke Inggris beberapa waktu lalu, Anies tidak saja bertemu Walikota London, tetapi juga bertemu Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne Marrie Trevelyan yang membahas kerjasama, salah satunya proyek MRT Timur-Barat.

Begitu pula sewaktu Anies melakukan lawatan ke Jepang tidak saja bertemu Gubernur Tokyo Yuriko Koike, juga bertemu Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi, dan Perdana Menteri Fumio Kishida. Dalam pertemuan tidak saja membicarakan masalah pembangunan Jakarta, tetapi juga pencegahan pemanasan global (global warming).

Kalau pertemuan dengan para gubernur dan wali kota dari berbagai kota besar di dunia, pada masa pandemi Covid-19, Anies yang juga Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities bersama Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, pada saat pandemi Covid-19 sering menjadi narasumber dalam berbagai pertemuan dan seminar internasional yang dilaksanakan secara virtual yang membahas tentang pembangunan Jakarta dan kota-kota besar di dunia.

Setelah dunia mulai terbebas dari pandemi Covid-19, dilakukan konferensi offline dengan tema “Urban 20 Mayors Summit,” di Jakarta (30/8/2022).

Di sela-sela konferensi Urban 20 tersebut dilakukan pula pertemuan bilateral dengan Jakarta-Tokyo yang membahas kerjasama di bidang pendidikan. Selain itu, Gubernur Anies Baswedan menerima pula kedatangan Wali kota Rotterdam (Belanda) Ahmed Aboutaleb beserta delegasinya di Balaikota Jakarta.

Kedua pemimpin itu, mendiskusikan sejumlah tantangan kota yang dihadapi saat ini. Mulai dari masalah inflasi, penanganan air bersih, pangan serta energi.

Yang sangat menarik, Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Ada yang hadir secara virtual seperti Amsterdam (Sherpa), Istanbul (Walikota), Izmir (Sherpa), Johannesburg (Sherpa), Lisboa (Walikota), Milan (Walikota), Moskow (Sherpa), Kota New York (Komisaris untuk Kebijakan dan Inisiatif Strategis), Osaka (Sherpa) dan Roma (Walikota).

Selain itu, sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua di Jakarta Barat seperti Los Angeles (Walikota), Rotterdam (Walikota), Tokyo (Gubernur), Tshwane (Walikota), Mumbai (Komisaris dan Administrasi Kota, BMC), Sydney (Wakil Walikota), Berlin (Sekretaris Tetap Kewarganegaraan Aktif, Dukungan Demokrasi dan Hubungan Internasional), São Paulo (Wakil Sekretaris Hubungan Internasional), Madrid (Wakil Direktur Hubungan Internasional), Moskow (Wakil Kepala Departemen Ekonomi Eksternal dan Hubungan Internasional), Buenos Aires (Manajer Hubungan Internasional), dan Istanbul (Kepala Hubungan Luar Negeri Departemen IMM).

Anies Diplomasi Dengan Negara-Negara Sahabat

Anies sering bersama dengan para duta besar negara-negara sahabat dalam berbagai kegiatan seperti sepeda bareng.

Selain itu, Anies mengundang para duta besar untuk Dinner (Makan malam) di Balai Kota DKI Jakarta sembari tukar-menukar informasi dan pendapat.

Anies sangat piawai dalam membangun hubungan diplomasi dengan negara-negara sahabat.

Dalam berbagai pertemuan atau konferensi, Anies selalu mempromosikan Jakarta dan pembangunan yang sedang dilaksanakan di Jakarta serta Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari Pulau Miangat sampai Pulau Rote.

Transjakarta: Dukungan Kebijakan Anies

Gubernur Anies Baswedan sangat tinggi komitmennya untuk berpartisipasi memerangi pemanasan global.

Salah satu wujud dari upaya memerangi pemanasan global, Gubernur Anies, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta Transjakarta secara bertahap akan mengganti semua bus Transjakarta dari penggunaan BBM kepada bus listrik.

Direncanakan pada akhir tahun 2022, sebanyak 100 bus Transjakarta berbahan bakar listrik akan dioperasikan. Diharapkan tahun 2030, seluruh bus Transjakarta sudah menggunakan bahan bakar listrik.

Ini merupakan diplomasi pencegahan pemasaran global yang dilaksanakan Gubernur Anies untuk mewujudkan net zero emissions (nol emisi karbon) yaitu sebuah kondisi dimana jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer tidak melebihi jumlah emisi yang mampu diserap oleh bumi.

Warga DKI Jakarta dan seluruh bangsa Indonesia diharapkan mendukung kebijakan tersebut. Bukti kita memberi dukungan adalah beralih menggunakan moda transportasi massal dengan mengurangi penggunaan mobil pribadi.

Baca Juga

Opini

Saya yakin mayoritas rakyat Indonesia apapun upaya yang dilakukan untuk mengkriminalisasi Anies Baswedan dengan menjadikannya sebagai tersangka korupsi tidak akan dipercaya publik.

DKI Jakarta

Peresmian empat gedung sekolah Net Zero 2022 dari SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) merupakan karya yang luar biasa karena...

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

DKI Jakarta

Mereka yang berpikiran jernih dan rasional dari suku, agama, ras dan antar golongan, pasti mengakui bahwa berbagai kebijakan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta...