Connect with us

Ratusan Buruh KASBI Dan Mahasiswa Unjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM (13/9/2022) - IG #turunkanhargabbm

Opini

Rakyat Se-Indonesia Demo Tolak Kenaikan Harga BBM #turunkanhargabbm

Demo penolakan kenaikan harga BBM bersubsidi terjadi di seluruh negeri. Di Jakarta hampir tiap hari terjadi demo.

Demo penolakan kenaikan harga BBM bersubsidi terjadi di seluruh negeri. Di Jakarta hampir tiap hari terjadi demo.

Para demonstran dari berbagai elemen masyarakat mulai dari mahasiswa, buruh, rakyat yang berhimpun di berbagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan partai politik seperti para kader dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat (PD) turut berdemonstrasi menolak kenaikan harga BBM bersubsidi.

Demo kali ini sangat luar biasa. Pertama, diikuti secara luas oleh masyarakat seperti mahasiswa, buruh, nelayan, ormas, dan Ojol (ojek online).

Kedua, demo dilakukan secara masif karena diikuti seluruh elemen masyarakat secara luas di seluruh Indonesia.

Ketiga, demo hampir tiap hari dilakukan. Demo marak di berbagai daerah di Indonesia sampai ada gedung DPRD yang dikuasai para demonstran.

Demo Tolak Kenaikan BBM #turunkanhargabbm

Demo yang marak di seluruh Indonesia, sangat wajar dan dapat dipahami. Setidaknya ada 3 alasan demo wajar dilaksanakan.

Pertama, kenaikan harga BBM bersubsidi telah memberi multiplier effect (efek ganda) yang negatif bagi rakyat Indonesia karena pasca harga BBM naik, semua jenis barang primer maupun sekunder seluruhnya naik harganya.

Kedua, dampak lain dari naiknya BBM bersubsidi, inflasi meningkat dan jumlah orang miskin meningkat pula.

Ketiga, BBM bersubsidi yang dinaikkan harganya dilakukan di tengah turunnya harga BBM di pasar internasional. Selain itu, informasi yang disampaikan pemerintah bahwa subsidi BBM sebesar Rp502 triliun, telah dibantah kebenarannya oleh seorang pakar ekonomi, yang mengatakan subsidi BBM (Pertalite dan Solar) hanya Rp 11 triliun.

Sehubungan itu, maka dapat dipahami kalau demo seluruh elemen masyarakat terjadi di mana-mana.


Sikap Terhadap Aksi Demo

Menyikapi aksi demo tersebut, sebagai sosiolog saya menyampaikan pendapat sebagai berikut:

Pertama, saya salah menganjurkan BBM bersubsidi sebaiknya harganya dinaikkan saja karena informasi yang diterima bahwa subsidi BBM sebesar Rp502 triliun. Ternyata pernyataan tersebut tidak benar. Atas informasi tersebut saya pernah kemukakan sebaiknya BBM dinaikkan saja, akan tetapi saya sarankan proyek raksasa seperti IKN ditunda.

Kedua, sebagai sosiolog saya mendukung demo menolak naiknya harga BBM bersubsidi dalam rangka menyampaikan pendapat di muka umum.

Ketiga, saya berharap mereka yang demo tidak diperlakukan brutal seperti dipukuli, diseret dan sebagainya karena demo menurut undang-undang adalah hak warga negara.

Keempat, demo diharapkan dilaksanakan dengan damai, tetap menjaga suasana yang tertib dan tidak terjadi gesekan apalagi anarkis.

Kelima, saya mendorong pemerintah di semua tingkatan terutama para wakil rakyat agar menerima para demonstran untuk berdialog guna mencari solusi.

Keenam, para demonstran, seluruh rakyat dan aparat keamanan agar bersama-sama menjaga persatuan dan perdamaian agar Indonesia tetap Kokoh dan kuat.

Akhirnya, saya berharap pemerintah mendengar pendapat yang disuarakan rakyat untuk mencabut kenaikan harga BBM bersubsidi.

Semoga tulisan singkat ini memberi manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga

Opini

Perilaku warga yang sering menyebarkan fitnah, caci maki, adu domba dan sebagainya harus dikutuk karena melakukan perbuatan yang dilarang agama, hukum dan sangat bertentangan...

Pemilu

Diliput Media Asing! Bang Surya dan seluruh jajaran Partai Nasdem telah mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon Presiden RI.

Opini

Indonesia telah memilih jalan untuk membangun Indonesia melalui jalan demokrasi. Demokrasi sejatinya, dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

Opini

Keputusan harga Bahan Bakar Minyak BBM bersubsidi naik, pasti memberi dampak sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pemilu

Pada 01 Agustus 2022, hari yang amat penting dalam sejarah demokrasi di Indonesia, karena dimulainya pendaftaran partai-partai politik peserta Pemilihan Umum 2024.

Pemilu

Isu politik yang bakal muncul dalam pemilu 2024, pertama, politik identitas yang bernuansa SARA serta hubungan Indonesia-China yang sangat meningkat.

Politik

Sebagai sosiolog, saya mendukung seruan BEM UI untuk membuka draft terbaru RKUHP secara transparan dalam rangka menghadirkan partisipasi publik dalam pembahasan RKUHP.

Politik

Tuntutan massa aksi mahasiswa supaya kebutuhan pokok diturunkan adalah mewakili aspirasi rakyat. Media banyak memberitakan awal Ramadhan harga kebutuhan pokok sudah naik. Bahkan jauh...