Connect with us

Selamat beraktivitas di akhir pekan bersama Transjakarta! Car Free Day Minggu Bersama Transjakarta (11/9/2022) - twitter PT_Transjakarta

DKI Jakarta

Transjakarta Melayani Warga 24 Jam: Tidak Ada Pemerintah Daerah di Indonesia Seperti Pemprov DKI

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

Transjakarta merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Sebagai BUMD di bidang transportasi, Transjakarta merupakan instrumen pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk melayani warga DKI Jakarta di bidang transportasi.

Oleh karena itu, tidak salah jika saya memberi judul tulisan ini seperti di atas, karena pemerintah provinsi DKI Jakarta melayani transportasi warga 24 jam melalui Transjakarta.

Pelayanan terhadap warga DKI seperti yang dilakukan pemerintah provinsi DKI Jakarta melalui Transjakarta luar biasa, tidak saja pada siang hari, tetapi juga melayani warga yang pulang kerja di tengah malam sampai subuh, juga melayani sebaliknya mereka yang mulai kerja ditengah malam sampai subuh.

Layanan luar biasa yang dilakukan pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam bidang transportasi, tidak ditemukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada Gubernur Anies Baswedan, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, jajaran Dinas Perhubungan DKI Jakarta, teristimewa seluruh jajaran Direksi Transjakarta.

Murah dan Aman

Banyak sekali keunggulan naik Transjakarta. Dari sekian banyak keunggulan dan keistimewaan naik Transjakarta, antara lain karena murah.

Di tengah maraknya demo yang terus terjadi di berbagai daerah seluruh Indonesia untuk memprotes kenaikan BBM bersubsidi, karena dampak kenaikan BBM bersubsidi, seluruh bahan pokok dan bahan sekunder mengalami kenaikan harga termasuk transportasi.

Perlu diketahui bahwa Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

Biasanya kalau murah, selalu identik dengan tidak baik seperti kotor, kumuh, pelayanan jelek, tidak nyaman dan tidak aman. Akan tetapi moda transportasi massal di DKI Jakarta yang dilakukan oleh Transjakarta dibawah brand JakLingko, sangat berbeda.

Pelayanan Transjakarta luar biasa. Murah tiketnya, hanya Rp3,500 sekali melakukan perjalanan, juga service-nya sangat baik.

Selain itu, sangat aman. Mereka yang melakukan perjalanan siang dan malam, tidak perlu khawatir tentang keamanan.

Transjakarta memastikan selama perjalanan siang ataupun malam dengan menggunakan bus Transjakarta, dijamin aman.

Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh warga DKI Jakarta untuk menggunakan moda transportasi massal Transjakarta untuk semua kegiatan di luar rumah.

Untuk keamanan, kenyamanan, kemudahan dan keselamatan, mari kita gunakan Transjakarta. Saya sarankan, sebaiknya hanya pada saat tertentu kita menggunakan mobil pribadi dan motor. Selebihnya kita menggunakan bus Transjakarta.

Panduan Terhadap Warga DKI

Untuk memberi panduan terhadap warga DKI Jakarta atau warga Indonesia yang melakukan perjalanan di ibukota Jakarta, saya sajikan 13 koridor Transjakarta yang memberi layanan warga 24 jam.

Daftar 13 koridor Transjakarta

Berikut ini 13 koridor bus Transjakarta yang beroperasi 24 jam:

M1: Blok M – Kota
M2: Pulogadung 1 – Harmoni
M3: Kalideres – Pasar Baru
M4: Pulogadung 2 – Tosari
M5: PGC 1 – Ancol
M6: Ragunan – Harmoni via Kuningan
M7: Kp. Rambutan – Harmoni via UKI – Semanggi – Tosari
M8: Lebak Bulus – Harmoni via Tomang – Grogol 2
M9: Pinang Ranti – Pluit
M10: PGC 2 – Tanjung Priok
M11: Pulogebang – Pulogadung 2 via Klender
M12: Penjaringan – Sunter Boulevard Barat
M13: Puri Beta 2 – Tendean

Rute bus yang beroperasi di malam hari, sama dengan rute ke 13 koridor BRT yang beroperasi pada siang hari.

Demikian juga, kendaraan yang beroperasi di malam hari, merupakan kendaraan yang sama dengan yang beroperasi saat siang hari dengan harga tiket sekali perjalanan sebesar Rp3.500 (tiga ribu lima ratus rupiah) sekali melakukan perjalanan.

Semoga tulisan ini mendorong warga DKI Jakarta untuk beralih dari naik transportasi pribadi menjadi naik transportasi umum Transjakarta.

Baca Juga

Pemilu

Lautan manusia yang datang untuk bersilaturahmi kepada Anies Baswedan merupakan massa yang disebut dalam literatur sosial politik sebagai autonomous participation (partisipasi otonom) yang datang...

Pendidikan

Hari ini 25 November 2022 adalah Hari Guru Nasional. Setiap kita memperingati Hari Guru Nasional, yang teringat kepada kita adalah pendidikan. Pendidikan adalah kunci untuk...

Opini

Momentum pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden partai Nasdem, mereka mengambil peluang untuk kembali bersinar 2024 mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden RI 2024.

Opini

Fenomena dukungan Anies Baswedan sebagai capres oleh Forum Kakbah Membangun (FKM) yang diikuti banyak kader PPP merupakan suatu bentuk upaya para kader PPP menyuarakan...

Pemilu

Isu sentral yang Digulirkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 adalah masalah keadilan sosial. Sesuai dengan sila ke-5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh...

Pemilu

Selama hampir 10 (sepuluh) tahun Partai Keadilan Sejahtera PKS beroposisi. Tidak tergiur untuk masuk ke dalam gerbong pemerintahan Jokowi.

Opini

Relawan Anies Baswedan dibentuk di berbagai daerah seluruh Indonesia atas prakarsa dan swadaya masing-masing. Jauh sebelum Anies berakhir masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta...

Pemilu

Pamor semakin meroket tinggi setelah Partai Nasdem mengumumkan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden Partai Nasdem 2024.