Connect with us

Pembangunan Halte Transjakarta Bundaran HI (28/9/2022) - youtube transjakarta

DKI Jakarta

Transjakarta Siap Dukung Jakarta Kota Global: Keren Naik Transjakarta, Murah, Cepat dan Aman

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang dilayani mereka yang bermukim di Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang dan sebagainya.

Pada 12 September 2022, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 415 Tahun 2022 Transjakarta beroperasi 24 jam. SK tersebut memberi izin kepada Transjakarta untuk melayani warga mulai pukul 22:01-05.00 WIB.

Dengan demikian, Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti.

Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang dilayani mereka yang bermukim di Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang dan sebagainya.

Akan tetapi mulai pukul 22:01-05.00 WIB, Transjakarta melayani warga Jakarta pada jurusan Tosari-Pulo Gadung2 dan Kalideres-Pasar Baru.

Adapun jurusan Tosari-Pulo Gadung2, yang dilewati Transjakarta yaitu Halte Ps. Pulogadung, TU Gas, Layur, Pemuda Rawamangun, Velodrome, Sunan Giri, UNJ, Pramuka BPKP, Pramuka Lia, Utan Kayu, Pasar Genjing, Matraman 2, Manggarai, Pasar Rumput, Halimun, Dukuh Atas, Tosari. Selanjutnya Bus Transjakarta akan berbalik dari Halte Tosari menuju Pulogadung2.

Sedangkan jurusan Kalideres-Pasar Baru melintasi Halte Pesakih, Sumur Bor, Rawa Buaya, Jembatan Baru, Dispenda Samsat Barat, Jembatan Gantung, Taman Kota, Indosiar, Jelambar, Grogol 1, RS Sumber Waras, Harmoni, Pecenongan, Juanda dan Halte Pasar Baru. Demikian pula sebaliknya Bus Transjakarta dari Pasar Baru berbalik melalui Halte Juanda dan seterusnya sampai di Halte Kalideres.


Murah dan Cepat

Pasca naiknya BBM bersubsidi, semua moda transportasi naik kecuali Transjakarta dan MRT.

Moda transportasi yang naik seperti Ojol (Ojek Online), Opang (Ojek Pangkalan), Taksi Online, Taksi Blue Bird dan semua jenis kendaraan lainnya.

Sebagaimana dikemukakan di atas bahwa transportasi massal yang belum naik harga tiketnya adalah Transjakarta dan MRT.

Tiket Transjakarta sangat murah, hanya Rp 3.500/sekali jalan. Walaupun gonta-ganti tujuan, hanya bayar Rp 3.500.

Mengapa tiket Transjakarta murah? Jawabannya, karena Transjakarta sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) disubsidi oleh pemerintah daerah.

Oleh karena itu, saya mengajak warga Jakarta untuk menggunakan Transjakarta sebagai sarana transportasi massal untuk mengantarkan warga Jakarta ke tempat tujuan karena murah dan cepat.

Mengapa Transjakarta cepat? Jawabannya karena Transjakarta memiliki jalur khusus yang dibangun oleh pemerintah daerah DKI Jakarta. Jalur khusus tersebut hanya bisa dilalui bus Transjakarta. Dampaknya bus Transjakarta bebas macet, sehingga cepat sampai ke tempat tujuan.


Aman dan Bersih

Transjakarta sebagai moda transportasi massal yang modern sangat aman karena memiliki petugas yang cekatan.

Faktor keamanan dan kenyamanan merupakan salah satu bagian yang amat penting yang dijamin oleh Transjakarta. Karena itu, Transjakarta mempekerjakan selain sopir, juga pelayan yang ramah dan cekatan.

Faktor keamanan ini sangat penting. Apalagi pada malam hari. Karena itu, harus diantisipasi oleh Transjakarta, terutama yang beroperasi pada malam hari.

Selain itu, Transjakarta sangat bersih. Ini bisa diwujudkan karena semua penumpang dilarang makan di Halte Transjakarta terlebih di dalam bus Transjakarta.

Semoga tulisan ini memberi dorongan kepada warga DKI Jakarta untuk menggunakan Transjakarta dalam beraktivitas demi terwujudnya masyarakat yang terbuka, damai dan sejahtera.

Baca Juga

DKI Jakarta

Dari obrolan sepanjang jalan menuju Balaikota sampai di depan dan di halaman Balaikota, saya sangat kagum atas semangat rakyat untuk dukung Anies.

DKI Jakarta

Halte Transjakarta Bundaran HI merupakan satu dari ratusan warisan Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin DKI Jakarta yang akan berakhir 16 Oktober 2022.

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

DKI Jakarta

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memberikan perhatian yang baik terhadap Jakarta dan Indonesia. Anies mengemukakan bahwa dia membahas kerja sama yang selama ini berlangsung...