Connect with us

HUT TNI ke-77, TNI bagi bagi 1.950 Kontainer Berisi Sembako di Bundaran HI (5/10/2022) - youtube tempodotco

Opini

HUT TNI ke-77: Harus Kuat Hadapi Masa Suram Dunia 2023 Yang Bakal Berdampak ke Indonesia

Besarnya utang Indonesia berikut beban untuk membayar bunga utang dan cicilan utang pokok serta tingginya jumlah orang miskin, sangat mudah terjadi goncangan ekonomi dan gejolak sosial serta separatisme.

Pada 5 Oktober 2022, Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan Hari Ulang Tahun ke-77. HUT TNI ke-77 Kita ucapkan Selamat Ulang Tahun TNI, Semoga selalu siap siaga mengawal dan mengamankan keselamatan bangsa dan negara.

Indonesia yang sudah terintegrasi dengan kehidupan seluruh bangsa dan negara di dunia, jika terjadi permasalahan di negara lain, secara langsung ataupun tidak langsung memberi dampak negatif kepada Indonesia.

Potensi Gejolak di Indonesia

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia memberi dampak negatif bagi perekonomian dunia termasuk Indonesia. Apalagi terjadi perang antara Rusia versus Ukraina semakin memberi dampak negatif kepada dunia dan Indonesia. Dampak dari pandemi Covid-19, diantaranya utang negara meningkat secara drastis.

Menurut Kementerian Keuangan RI utang pemerintah hingga akhir Agustus 2022 Rp7.236,61 triliun. Lebih tinggi dari posisi utang bulan lalu Rp 7.163,12 triliun atau bertambah Rp 73,49 triliun. “Posisi utang Pemerintah berada di angka Rp7.236,61 triliun,” tulis buku APBN Kita yang dirilis Kemenkeu, Kamis (29/9/2022).

Di samping itu, Kementerian Keuangan RI melaporkan, pemerintah mengalokasikan pembayaran bunga utang sebesar Rp405,9 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022.

Sementara pembayaran cicilan utang pokok Pemerintah yang tercantum dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022. Tahun ini beban cicilan utang pokok yang harus dibayar sekitar Rp 400 triliun.

Dengan demikian, beban pembayaran bunga utang dan cicilan utang pokok yang harus dibayar tahun 2022 sekitar Rp 805,9 triliun. Ini sangat berat karena membayar bunga utang dan cicilan utang pokok, berarti mengurangi dana yang sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Sementara jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui usulan pemerintah terkait revisi belanja negara pada APBN 2022, dengan besaran belanja negara APBN 2022 menjadi Rp3.106 triliun (Bisnis.com,19 May 2022, 18:51 WIB).

Dampak lain dari Pandemi Covid dan perang Rusia versus Ukaina, terutama setelah BBM bersubsidi dinaikkan harganya, semakin menambah jumlah orang miskin di Indonesia.

Bank Dunia telah menetapkan standar terbaru garis kemiskinan ekstri kom yang semula USD 1,9 menjadi USD 2,15 per orang per hari yaitu setara Rp.32.7574 dengan acuan kurs Rp 15.236 perdolar Amerika Serikat.

Sebelumnya garis kemiskinan ditetapkan oleh Bank Dunia sebesar US$ 1,9 atau Rp 28.984,4 per orang per hari. Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) menetapkan garis kemiskinan pada Maret 2022 meningkat sebesar 4,0% menjadi Rp505.469 dari sebelumnya Rp486.16 pada September 2021. Kalau batas garis 505.469 dibagi 30 hari, maka garis kemiskinan adalah Rp16.848,9 perhari perorang perkepala.

Dengan batas garis kemiskinan yang ditetapkan oleh Bank Dunia yaitu US$ 2,15 per orang per hari per kepala yaitu setara Rp.32.7574, maka berarti setiap orang yang mempunyai penghasilan setiap hari sebesar US$2,15, maka sudah dianggap tidak miskin. Begitu juga kalau setiap orang menurut BPS berpenghasilan Rp505.468 perbulan atau Rp16.848,9 maka di katakan tidak miskin.

Sementara itu, batas kelas penghasilan menengah ke bawah Bank Dunia menaikkan menjadi US$ 3,65 atau Rp 55.590 per orang per hari dari sebelumnya US$ 3,20 atau Rp 48.740. Sementara itu, batas kelas berpenghasilan menengah ke atas menjadi US$ 6,85 atau Rp 104.325 per hari dari sebelumnya US$ 5,50 atau Rp 83.675 per hari.

Ketentuan baru mengenai batas kelas menengah, berdampak signifikan terhadap jumlah mereka yang turun kelas menjadi orang miskin. Menurut Bank Dunia, setidaknya ada 33 juta warga Asia yang turun kelas akibat ketentuan baru. Indonesia dan China menjadi negara dengan penurunan kelas menengah terbanyak.

Menurut hitungan baru Bank Dunia, setidaknya ada 13 juta warga Indonesia yang turun kelas dari kelas berpenghasilan menengah ke bawah ke kelompok miskin. Jumlah warga miskin Indonesia meningkat menjadi 67 juta orang.

Besarnya utang Indonesia berikut beban untuk membayar bunga utang dan cicilan utang pokok serta tingginya jumlah orang miskin, sangat mudah terjadi goncangan ekonomi dan gejolak sosial serta separatisme.

Memburuk Ekonomi Dunia

Sri Adiningsih dan Rosa Kristiadi M.Com dalam tulisannya di Macroeconomic Dashboard Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM membeberkan krisis ekonomi kawasan Eurozone yang dipicu oleh besarnya utang pemerintah. Menurut dia mulai mengakar sejak tahun 2000, dimana rasio utang pemerintah negara-negara di kawasan Eropa meningkat signifikan.

Rasio utang Yunani yang pada tahun 2000 hanya sebesar 77% dari PDB nya, pada 2012 mencapai 170%, nilai ini diprediksi IMF akan tumbuh menjadi diatas 180% pada tahun 2013. Meningkatnya utang negara karena defisit anggaran yang terus berlanjut. Kondisi ini jelas bertentangan dengan aturan Maastricht Treaty, dimana dinyatakan dalam aturan ini bahwa utang negara tidak boleh lebih dari 60% dari PDB dan defisit maksimal 3% dari PDB. Teorinya, jika melewati angka itu, akan menciptakan ketidakstabilan ekonomi kawasan.

Parahnya lagi, Sri Adiningsih dan Rosa Krustiadi M.Com beberkan bahwa negara-negara lain di kawasan Eropa seperti Irlandia, Portugal, Italia, Spanyol, bahkan Perancis juga mengalami kondisi yang hampir sama. Rasio hutang Irlandia terhadap PDB saat ini mencapai 103%, padahal di tahun 2000 hanya sebesar 36%. Begitu pula dengan Portugal dimana rasio hutang pemerintahnya mencapai 113% di tahun 2012, dan di prediksi oleh IMF akan mencapai 119% di tahun 2013. Besarnya utang negara di kawasan Eurozone membuat Yunani, Portugal dan Irlandia kesulitan membayar utangnya. Sehingga menimbulkan krisis ekonomi Eropa.

Para pemimpin Eurozone telah mengambil langkah-langkah untuk menyelamatkan kawasan tersebut dari krisis utang. Salah satu keputusan penting yang diambil adalah dibentuknya European Stability Mechanism (ESM) pada 27 September 2012 dengan tujuan bailout negara anggota Eurozone yang menghadapi kesulitan keuangan, dibantu oleh Troika (International Monetary Funds, European Central Bank dan European Comission). Demikian juga negara-negara Eurozone menyepakati penambahan dana siaga untuk bailout, dari 500 miliar euro menjadi 800 miliar euro atau sekitar USD 1 triliun. Dana siaga ini tidak saja untuk membantu negara pengguna euro yang tengah berjuang keras keluar dari krisis keuangan, seperti Yunani, Irlandia dan Portugal, namun juga mengantisipasi negara lainnya yang memerlukan bailout dari ESM.

Perang Rusia versus Ukraina semakin menambah beban negara-negara tersebut karena mereka embargo Rusia. Sementara Rusia merupakan penyuplai Utama minyak dan gas di Eropa. Selain itu, Rusia dan Ukraina merupakan negara penyuplai gandum. Dampak lebih lanjut, Eropa mengalami krisis energi dan pangan.

Jika negara mengalami krisis energi dan pangan, maka pemerintah yang tengah berkuasa agar bisa bertahan di dalam kekuasaan, akan menggelontorkan devisa yang di miliki atau berutang untuk memastikan bahwa krisis energi dan pangan bisa di atasi dengan membeli energi dan pangan dari pihak ketiga. Permasalahannya, tidak mudah mendapatkannya, sehingga Eropa terancam mengalami kegelapan dan kedinginan pada musim dingin seluruh Eropa dan terancam pula kelaparan. Dampaknya para pakar memprediksi tahun 2023 dunia akan menghadapi masa suram. Dampak lebih jauh, bisa terjadi revolusi sosial dan penggantian kekuasaan melalui ekstra parlemen.

TNI Harus Kuat dan Manunggal Rakyat

Menghadapi 2023 sebagai tahun suram, TNI sebagai pengawal, penjaga dan pelindung negara kesatuan bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia harus solid dan kuat.

Untuk itu TNI harus kuat secara militer dengan persenjataan yang hebat dan modern untuk menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Tantangan yang dihadapi, tidak saja dampak dari utang yang sangat besar dan kemiskinan yang meluas. Akan tetapi, dampak dari itu, bisa menimbulkan krisis sosial dan politik serta separatisme. Dalam suasana kacau, separatisme dan ancaman dari luar sangat mungkin memanfaatkan kondisi dalam negeri Indonesia untuk aneksasi Pulau Natuna dan kawasan laut di sekitarnya yang dipersengketakan saat ini.

Oleh karena itu, TNI harus manunggal dengan rakyat. Manunggal dengan rakyat amat penting untuk memperkuat TNI menghadapi musuh. TNI tanpa manunggal dengan rakyat, tidak kuat dan sulit mengalahkan musuh yang memiliki persenjataan modern dan kuat.

Sehubungan dengan itu, TNI harus berbaik-baik dengan rakyat. Jangan terseret dalam permainan politik untuk melindungi penguasa dengan mengorbankan rakyat. Peristiwa di stadion Kanjuruhan, dimana seorang anggota TNI yang berpakaian loreng menghajar dengan sepatu laras tanpa ampun kepada seorang penonton yang masuk ke dalam lapangan. Peristiwa tersebut, ada yang merekam kemudian mempublikasikan di Twitter secara berulang-ulang, telah mengundang kemarahan publik secara luas.

Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi TNI pada khususnya yang berulang ke-77 serta seluruh bangsa Indonesia.

Baca Juga

Malaysia

Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri dan Menteri Kewangan (Keuangan), menghadapi cabaran (tantangan) yang berat dalam bidang ekonomi untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan.

Dunia Usaha

Menghadapi resesi ekonomi dunia, yang berpotensi menerjang Indonesia di tahun baru 2023, ada 15 kiat atau langkah yang dapat diambil dan diamalkan.

Lainnya

Menghadapi tahun 2023 yang tidak mudah, dengan berbagai macam krisis, rakyat Indonesia harus bersatu, terus meningkatkan sumber daya manusia serta membangun karakter moral dan...

Opini

Hadir dalam KTT G20 di Bali, para pemimpin negara-negara maju antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, Putra Mahkota Mohammed...

Dunia Usaha

Kondisi rakyat Inggris sangat memprihatikan. Gegara pemerintahnya mendukung Ukraina, rakyat Inggris menderita akibat melambungnya harga energi dan pangan. Inilah salah satu penyebab krisis kepemimpinan...

Opini

Saya yakin mayoritas rakyat Indonesia apapun upaya yang dilakukan untuk mengkriminalisasi Anies Baswedan dengan menjadikannya sebagai tersangka korupsi tidak akan dipercaya publik.

Opini

Keputusan harga Bahan Bakar Minyak BBM bersubsidi naik, pasti memberi dampak sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Covid-19

Para pemimpin di berbagai negara lengser dari kekuasaan disebabkan banyak faktor, tetapi faktor utama adalah ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan dampak negatif dari Konflik...