Connect with us

Anies resmikan halte transjakarta, Bundaran HI sudah mulai dibuka (15/10/2022)

DKI Jakarta

Halte Transjakarta Bundaran HI Dan Warisan Anies Baswedan di Jakarta

Halte Transjakarta Bundaran HI merupakan satu dari ratusan warisan Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin DKI Jakarta yang akan berakhir 16 Oktober 2022.

Halte Transjakarta Bundaran HI merupakan satu dari ratusan warisan Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin DKI Jakarta yang akan berakhir 16 Oktober 2022.

Halte Transjakarta Bundaran HI yang dibangun menarik perhatian publik. Pertama, dibangun indah dan artistik, sehingga banyak yang ingin melihat dan berfoto di anjungan halte Transjakarta dengan latar belakang Selamat Datang dan air mancur Bundaran HI.

Kedua, revitalisasi Halte Bundaran HI mendapat kritik karena dianggap menghalangi Patung Selamat Datang. Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Mochammad Yana Aditya mengatakan semua yang dibangun oleh TransJakarta sudah berdasarkan aturan dan tidak melanggar prosedur. “Semua yang dibangun oleh TransJakarta sudah ada landasan hukumnya, sudah ada peraturannya. Kita taat pada peraturan dan hukum.” Yana juga mengatakan pihaknya mengikuti aturan yang berlaku terkait proses revitalisasi Halte Bundaran HI yang dianggap melanggar prosedur cagar budaya. “Kalau memang aturan mengatakan hal yang beda ya kita ikuti. Tapi saat ini aturan mengatakan boleh.”

Ketiga, pada umumnya yang dibangun di era Anies Baswedan selalu mendapat kritikan dan bahkan pro Kontra. Tetapi hal itu tidak masalah karena dalam negara demokrasi seperti. Setiap orang berhak menyampaikan pendapat lisan maupun tertulis.

Warisan Anies Selama Pimpin Jakarta

Anies Baswedan telah memimpin DKI Jakarta selama 5 tahun. Selama memimpin DKI sangat banyak warisan (legacy) yang ditinggalkan.

Warisan yang amat penting yang ditinggalkan Anies adalah pembangunan non pisik yaitu beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) yang jumlah penerimanya telah mencapai 14.193 mahasiswa. Mereka yang memperoleh beasiswa KJMU, setiap semester mendapat bantuan beasiswa sebesar Rp 9 juta perorang. Mereka yang mendapat KJMU belajar di 101 perguruan tinggi di dalam negeri.

Warisan berupa mahasiswa unggul yang belajar di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta yang terakreditasi unggul merupakan calon pemimpin di masa depan.

Selain itu, Anies membangun pisik yang akan dikenang sepanjang masa, antara lain:

1. JIS

Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara, merupakan stadium yang megah yang dibangun Anies Baswedan. JIS sangat membanggakan karena sebagai stadion beratap penuh terbesar di Asia-Pasifik. JIS dibangun dengan APBD Rp4,5 triliun dengan atapnya yang bisa dibuka tutup serta kapasitasnya mencapai 82 ribu penonton.

2. Formula E

Formula E merupakan kegiatan monumental yang berskala dunia di masa Gubernur Anies Baswedan. Balapan mobil listrik itu sukses digelar di Ancol, Jakarta Utara, pada 3 dan 4 Juni 2022. Pembangunan sirkuit Formula E di Ancol adalah yang tercepat dengan menggunakan anggaran Rp60 miliar.

3. Sumur Resapan

Sumur resapan air merupakan karya Anies yang telah sukses mengurangi bencana banjir. Banjir masih terjadi, tetapi sangat cepat reda. Ide dasarnya adalah membuat air masuk ke tanah. Namun, kenyataannya, tidak semua karakter tanah di DKI Jakarta bisa menyerap air. Proses pembangunan sumur resapan ini sempat mendapat sorotan karena mengganggu lalu lintas.

Pada Desember 2021, DKI Jakarta membangun 19.042 titik sumur resapan. Namun, usulan anggaran pembangunan sumur resapan Rp120 miliar dicoret oleh DPRD DKI Jakarta dari RAPBD 2022. Setelahnya, DKI tetap bertekad membangun sumur resapan dengan dana di luar yang harus dianggarkan APBD. Terakhir kali Anies membahas terkait sumur resapan pada 21 September lalu dengan menyebut DKI sudah punya lebih dari 28 ribu drainase vertikal.

4. Revitalisasi TIM

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta melakukan revitalisasi Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM). Revitalisasi TIM ini sempat ditolak para budayawan, tetapi Anies terus mewujudkannya.

Pembangunan TIM akhirnya menjadi kenyataan. Revitalisasi TIM banyak mendapat pujian setelah selesai di bangun. Jumlah anggaran untuk membiayai revitalisasi TIM mencapai Rp1,4 triliun yang berasal dari dana pemulihan ekonomi nasional (PEN). Revitalisasi tersebut pun dimulai sejak 2019.

5. Rumah DP Rp0

Program Anies Baswedan yang menjadi warisan yang akan dikenang sepanjang masa adalah rumah DP Rp0 yang awalnya direncanakan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Namun belakangan ini, program tersebut ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan Rp15 juta per bulan.

Alhamdulillah program rumah DP Rp0 sudah direalisasikan hingga pada 21 September lalu Anies menyatakan telah membangun 2.332 unit hunian dengan skema DP Rp0.

6. Taman Kota dan Rumah Susun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan sebanyak 377 Taman telah dibangun dan di revitalisasi sejak tahun 2018. Salah satu taman yang dibangun Anies Baswedan adalah Tebet Eco Park.

Selain itu, Anies membangun Rumah Susun di lokasi yang pernah digusur Ahok seperti Rumah Susun Akuarium. Anies juga bangun Rumah Susun Bayam eks JIS. Selain itu banyak sekali warisan yang ditinggalkan Anies Baswedan selama 5 tahun memimpin DKI Jakarta.

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...

Pemilu

Nama Anies semakin populer di dalam negeri dan luar negeri. Semakin dikenal luasnya Anies Baswedan di masyarakat di dalam dan luar  negeri,  tidak terlepas dari  prestasi...