Connect with us

Tadi siang kami dapat kehormatan, menyambut dan menjamu pimpinan Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat makan siang dan diskusi (25/10/2022)- twitter aniesbaswedan

Pemilu

Koalisi Perubahan: Nasdem, PKS, Demokrat Sepakat Anies Calon Presiden 2024

Ada dinamika dan dampak positif dari pencalonan Anies Baswedan. Media online memberitakan ribuan orang mendaftar menjadi anggota Partai Nasdem.

Pada tahun 2024, pemilihan umum serentak akan digelar yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota DPR RI, anggota DPD RI dan Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota. Walaupun pemilihan umum serentak masih agak lama, suhu politik sudah mulai memanas.

Partai Nasdem sudah mempelopori pencalonan Anies Baswedan. Ada kader partai Nasdem yang mundur karena keberatan Anies di calonkan oleh partai Nasdem. Sikap semacam itu, Harus dihormati karena dalam negara demokrasi jangan pernah berharap suatu keputusan politik, semua setuju secara bukat.

Menghadapi dinamika internal partai, partai Nasdem sangat bijak mempersilahkan kadernya untuk mundur atau keluar jika tidak sependapat keputusan politik yang diambil ketua umum Partai Nasdem.

Ada dinamika dan dampak positif dari pencalonan Anies Baswedan. Media online memberitakan ribuan orang mendaftar menjadi anggota Partai Nasdem. Bahkan seorang anggota DPRD Kota Tangerang dalam suatu pertemuan di Jakarta mengemukakan, calon anggota DPRD di daerah pemilihannya hanya 7 orang, tetapi sudah mendaftar 20 orang bakal calon anggota DPRD dari daerah pemilihannya.

Sebagaimana diketahui bahwa Partai Nasdem telah melakukan proses penjaringan calon Presiden dari bawah yaitu dari Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten, Kota dan Provinsi, kemudian hasilnya di bawa ke Rapat Kerja Nasional Partai Nasdem. Calon Presiden Partai Nasdem, mengerucut tiga tokoh nasional yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa. Keputusan siapa calon Presiden Partai Nasdem 2024 diserahkan kepada Ketua Umum Partai Nasdem untuk diputuskan dan diumumkan pada saat dianggap tepat.

Atas keputusan Rapat Kerja Nasional Partai Nasdem tersebut, maka pada 3 Oktober 2022, Ketua Umum, Surya Paloh mengumumkan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon Presiden RI Partai Nasdem 2024

“Kenapa Anies? Jawabannya menurut Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem adalah why not the best?” kata Surya Paloh dalam pidatonya di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober 2022.

Koalisi Perubahan Versus Koalisi Statusquo

Untuk mewujudkan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon Presiden RI, Partai Nasdem harus berkoalisi dengan partai politik lain, sehingga memenuhi ambang batas calon Presiden (Presidential Threshold) 20% dari perolehan suara di DPR RI atau 20% perolehan suara hasil pemilihan umum 2019.

Atas ketentuan tersebut, maka Partai Nasdem yang perolehan suaranya dalam pemilihan umum 2019 sebanyak 12.661.792 suara (9,05 persen), harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk bisa mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon Presiden RI.

Saat ini yang sudah menjalin kerjasama yang intensif untuk berkoalisi dengan Partai Nasdem adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

Media memberitakan bahwa ketiga ini telah membentuk tim kecil untuk melakukan sinkronisasi guna merumuskan berbagai hal dalam rangka membentuk Koalisi Perubahan.

Salah satu persoalan yang belum di capai ialah siapa calon Wakil Presiden. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah mempunyai calon Wakil Presiden yaitu Ahmad Heryawan, mantan Gubernur Jawa Barat dua periode. Sementara Partai Demokrat mencalonkan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon Wakil Presiden RI.

Selain itu, muncul calon dari luar partai politik yang akan berkoalisi yaitu Khafifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Andika Perkasa, Panglima TNI.

Koalisi Perubahan ini mendesak segera dibentuk dan dideklarasikan. Untuk itu, penting segera disepakati calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Anies Rasyid Baswedan yang bisa memberi nilai tambah bagi kemenangan koalisi Perubahan.

Sebagaimana diketahui, Koalisi Perubahan menghadapi Koalisi Statusquo yang sangat kuat. Mereka memegang kekuasaan, memiliki dana yang tak terbatas, jaringan yang kuat dan dukungan aparat.

Oleh karena itu, Koalisi Perubahan harus bersatu padu, solid, mementingkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta mengenyampingkan kepentingan pribadi dan partai. Mereka memerlukan waktu yang panjang untuk melakukan persiapan dan menggalang kekuatan rakyat semesta, dengan menghindari kebiasaan tiba masa tiba akal.

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Dihari Ulang Tahun Ibu Megawati Soekarnoputri saya, Musni Umar telah menulis analisa Capres PDIP yang akan di umumkan Bu Mega dan manuver parpol politik...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...

Pemilu

Nama Anies semakin populer di dalam negeri dan luar negeri. Semakin dikenal luasnya Anies Baswedan di masyarakat di dalam dan luar  negeri,  tidak terlepas dari  prestasi...