Connect with us

Ini Medan, Bung (4/11/2022) - twitter aniesbaswedan

Pemilu

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem Disambut Lautan Manusia di Medan

Pamor semakin meroket tinggi setelah Partai Nasdem mengumumkan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden Partai Nasdem 2024.

Para pengamat mengatakan bahwa Anies Baswedan tidak lagi bisa mendapat panggung sebagaimana saat masih menjabat sebagai Gubernur. Seperti diketahui Anies Baswedan berakhir masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022.

Jauh sebelum berakhir masa bakti Anies Baswedan di DKI Jakarta, sebagai sosiolog saya sudah kemukakan bahwa Anies tidak akan kehilangan panggung setelah 16 Oktober 2022. Pernyataan saya kemudian dikutip oleh Rakyat Merdeka Online (RMOL.ID) Dengan judul “Musni Umar: Anies Tidak Akan Kehilangan Panggung Setelah 16 Oktober” Rakyat Merdeka Online Jakarta, Rabu, 16 Juli 2022 mengulas pernyataan saya tersebut.

Analisis saya saat itu menjadi kenyataan bahwa pamor Anies bukannya redup sebagaimana dikemukakan para pengamat, malah kian meroket usai lengser sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pasalnya Anies bebas menemui ulama, para tokoh dan organisasi relawan yang berdiri di berbagai daerah seluruh Indonesia atas inisiatif dan biaya sendiri.

Pamor semakin meroket tinggi setelah Partai Nasdem mengumumkan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden Partai Nasdem 2024. Anies Baswedan dideklarasikan sebagai calon presiden (capres) untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024 oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pada Senin (3/10/2022).

Pendeklarasian itu berlangsung di NasDem Tower, Jakarta Pusat. Pada hari itu, dapat dikatakan Anies mendapat karpet merah dari Partai Nasdem. Anies tidak hanya dideklarasikan sebagai capres. Dia bahkan diberi keleluasaan untuk memilih pasangannya sendiri. Selain itu, tidak ada paksaan dari Nasdem kepada Anies untuk menjadi anggota Partai Nasdem.

Anies Baswedan Pusat Pemberitaan

Anies Baswedan telah berhenti sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022, tetapi Anies tetap menjadi pusat pemberitaan di media dan media sosial.

Menurut pengamatan saya, media sosial, Anies merajai dalam pemberitaan. Tidak saja pada saat Anies bersilaturahmi dengan ulama di Solo, ke pesantren, ke Kalimantan Timur untuk bertemu Gubernur Isran Noor guna menyerahkan tampuk kepemimpinan sebagai ketua umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), tetapi setiap hari pagi, siang dan sore selalu ada berita tentang Anies.

Selain berita yang bersumber dari berbagai kegiatan yang berhubungan dengan relawan, Anies banyak di wawancara TV dan media sosial yang kemudian relawan mempublikasikannya di YouTube, Instagram, Facebook, terutama Twitter.

Bertemu Relawan di JCC

Pertemuan Anies dengan ribuan relawan di JCC beberapa hari lalu, sangat banyak pemberitaan. Bukan saja karena sangat ramai relawan yang menghadirinya, tetapi pidato yang disampaikan sangat bernas karena mengungkap rekam jejak selama memimpin DKI Jakarta.

Keadilan sosial menjadi tema sentral yang disampaikan Anies dalam pidato di JCC yang diwujudkan selama memimpin DKI Jakarta.

Pidato Anies di JCC tidak saja diberitakan oleh media mainstream seperti MetroTV, TV ONE, Kompas TV dan lain-lain, tetapi juga koran nasional dan daerah.

Pemberitaan lebih seru karena para relawan ikut memberitakan pertemuan Anies di JCC, sehingga beritanya terus mewarnai pemberitaan di media sosial khususnya di Twitter yang saya pantau.

Lautan Manusia Sambut Anies di Medan

Anies Baswedan sangat fenomenal karena disambut lautan manusia di Medan. Sejak di bandara sudah disambut ribuan orang.

Begitu juga ketika Anies Salat Jumat di Masjid Raya Al Mashun Medan sampai dibopong untuk bisa keluar dari Masjid.

Anies tiba di Masjid Al Mashun sekitar pukul 12:30 WIB dan disambut para pendukungnya serta para jamaah Jumat. Teriakan ‘Anies Presiden’ pun kembali menyeruak sesaat setelah Anies turun dari mobil hingga di selasar Masjid.
 
Ketibaan Anies dikawal ketat anggota Satuan Tugas Partai Nasdem yang berjumlah ratusan orang.
Setelah melaksanakan Salat Jumat, Anies yang keluar dari masjid langsung dikepung para pendukungnya. Bahkan, jalan di depan Masjid Raya Al Mashun terpaksa ditutup saat Anies akan menuju Hotel Madani yang berada tepat di depan masjid peninggalan Kesultanan Deli itu.

Setelah makan siang dan bersilaturahim dengan ulama dan tokoh masyarakat di Medan, calon Presiden Partai Nasdem menuju istana Maemun yang disambut sekitar 20ribu relawan dari berbagai daerah di Sumatera Utara. Mereka menyambut kedatangan bakal calon presiden Anies Baswedan dalam silaturahmi kebangsaan di Istana Maimun Medan, Sumatera Utara.

Dalam pidato kebangsaannya, Anies Baswedan menjelaskan mengenai semangat restorasi yang berkaitan dengan agen perubahan dan garda terdepan dari Partai NasDem. Anies juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Medan yang hadir di Istana Maimun. 

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh turut hadir dalam acara ini. Dukungan yang diberikan kepada Anies Baswedan dalam kunjungan ini bukan hanya datang dari orang dewasa, tetapi juga dari generasi milenial. 

Besarnya dukungan masyarakat terhadap Anies Baswedan tidak terlepas dari kesuksesannya membangun Jakarta, sehingga Jakarta sejajar dengan kota-kota besar di dunia.

Selain itu, masyarakat ingin terwujudnya restorasi Indonesia yang menjadi jargon Partai Nasdem, yaitu perubahan yang menghadirkan keadilan dan kesetaraan bagi seluruh anak bangsa.

Ini adalah tur pertama Anies ke daerah yang diprakarsai oleh Partai Nasdem untuk bertemu dengan para relawan yang dibentuk atas prakarsa dan biaya sendiri.

Rencananya Anies akan bertemu dan bersilaturahmi dengan ulama dan tokoh masyarakat, Keuskupan Agung dan Dewan Gereja-Gereja Indonesia di Medan.

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...

Pemilu

Nama Anies semakin populer di dalam negeri dan luar negeri. Semakin dikenal luasnya Anies Baswedan di masyarakat di dalam dan luar  negeri,  tidak terlepas dari  prestasi...