Connect with us

Terima kasih kepada teman-teman Relawan IndonesiAnies (2/11/2022) - twitter aniesbaswedan

Opini

Relawan Anies dan Perjuangan Mewujudkan Perubahan

Relawan Anies Baswedan dibentuk di berbagai daerah seluruh Indonesia atas prakarsa dan swadaya masing-masing. Jauh sebelum Anies berakhir masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022, mereka sudah membentuk organisasi relawan di daerah masing-masing.

Relawan atau sukarelawan merupakan kumpulan yang dibentuk secara tidak formal untuk melakukan sesuatu secara sukarela, tidak karena dipaksa atau diwajibkan.

Relawan Anies Baswedan dibentuk di berbagai daerah seluruh Indonesia atas prakarsa dan swadaya masing-masing. Jauh sebelum Anies berakhir masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022, mereka sudah membentuk organisasi relawan di daerah masing-masing.

Mereka yang sudah membentuk perkumpulan relawan di berbagai daerah sudah mengundang Pak Anies untuk berkunjung ke daerah mereka, tetapi tidak mudah dilakukan pada saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Dengan berakhirnya masa bakti di DKI Jakarta, maka Anies menjadi manusia bebas, yang tidak terikat dengan aturan sebagai Gubernur, sehingga bisa mengunjungi para relawan di berbagai daerah di seluruh Indonesia seperti yang dilakukan pada 04 November 2022 di Medan, Sumatera Utara.

Relawan Tidak Dibayar

Relawan Anies luar biasa. Pertama, mereka membuat organisasi relawan atas keinginan dan kemauan sendiri.

Kedua, mereka membiayai sendiri organisasi relawannya atau mencari sponsor untuk membiayai kegiatan mereka.

Ketiga, mereka membangun jaringan dengan sesama relawan atau mencari hubungan dengan relawan di pusat.

Keempat, mereka bersama dengan partai pengusung seperti Partai Nasdem yang sudah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden RI 2024.

Kelima, mereka menggalang dukungan partai politik supaya mendukung dan memilih Anies sebagai Capres 2022.

Keenam, mereka mengkampanyekan Anies kepada masyarakat luas supaya mendukung dan memilih Anies dalam pemilu serentak 2024 yaitu pemilu presiden. Pada saat yang sama mendukung dan memilih partai Nasdem dalam pemilu legislatif 2024.

Tujuan Relawan Anies

Tujuan pembentukan relawan berbagai macam, pasti mempunyai tujuan. Sebagai sosiolog, saya menduga setidaknya ada enam tujuan.

Pertama, kunci perubahan, hadirnya seorang Presiden yang memiliki rekam jejak dengan karya nyata yang dirasakan masyarakat seperti yang ditunjukkan Anies Baswedan selama menjadi Gubernur DKI Jakarta. Maka, masyarakat harus bergerak untuk mendukung. Untuk mewujudkan hal itu dibentuk relawan untuk mengkampanyekan Anies.

Kedua, tumbuh kesadaran bahwa Indonesia tidak dalam keadaan baik-baik saja. Oleh karena itu, harus diperjuangkan terjadinya perubahan. Untuk mewujudkan perubahan, maka harus menghimpun kekuatan. Untuk itu, dibentuk relawan sebagai sarana mengkampanyekan calon presiden yang didukung yaitu Anies Baswedan.

Ketiga, sarana membantu Anies untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas. Oleh karena kunci untuk dicalonkan oleh partai politik, harus tinggi popularitas dan tinggi pula elektabilitas. Untuk mendorong meningkatnya popularitas dan elektabilitas, rakyat yang sadar kemudian ikut berjuang supaya hadir calon presiden yang terbaik.

Keempat, sarana memperkenalkan Anies Baswedan sebagai tokoh nasional yang hebat dengan rekam jejak yang dapat dilihat, disaksikan dan dirasakan warga Jakarta dan bangsa Indonesia yang berkesempatan ke Jakarta.

Kelima, sarana berpartisipasi untuk memperjuangkan Anies Baswedan supaya dicalonkan partai politik menjadi calon presiden RI 2024.

Keenam, sarana berkomunikasi kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden. Jika terpilih menjadi presiden tidak melupakan keringat mereka yang berjuang melalui jalur relawan.

Anies Baswedan selaku bakal calon presiden RI dari partai Nasdem sangat menghargai dan apresiasi terhadap perjuangan para relawan. Wujudnya dia melakukan perjalanan pertama ke Medan untuk bersilaturahmi dengan para relawan.

Saya yakin, Anies Baswedan akan melanjutkan silaturahmi dengan para relawan di berbagai daerah seluruh Indonesia. Oleh karena partai Nasdem telah mengusungnya menjadi calon presiden, maka tur untuk bersilaturahmi dengan para relawan, saya menduga akan tetap bersama partai Nasdem.


Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...

Pemilu

Nama Anies semakin populer di dalam negeri dan luar negeri. Semakin dikenal luasnya Anies Baswedan di masyarakat di dalam dan luar  negeri,  tidak terlepas dari  prestasi...