Connect with us

Sebuah kehormatan diundang sebagai pembicara dalam acara Bloomberg NEF Summit (12/11/2022) - twitter aniesbaswedan

Pemilu

Anies Baswedan Pembicara Salah Satu Forum G20 di Bali dan Koalisi Perubahan Menuju 2024

Isu sentral yang Digulirkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 adalah masalah keadilan sosial. Sesuai dengan sila ke-5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Anies Baswedan sudah tidak memiliki jabatan formal di pemerintahan karena telah mengakhiri masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022.

Akan tetapi, masih diundang menjadi pembicara dalam salah satu forum G20 yang digelar di Bali. Anies mengisi agenda Bloomberg NEF Summit yang digelar pada Jumat 12 November 2022.

Bloomberg NEF Summit merupakan salah satu rangkaian kegiatan G20 yang digelar di Bali. Forum ini membahas konsep pembangunan dan pemindahan administrasi negara ke Nusantara di pulau Kalimantan.

Selain Anies Baswedan dan Ridwan Kamil, pembicara lainnya adalah Kepala Otoritas IKN, Bambang Susantono. Kehadiran Anies Baswedan sebagai salah satu pembicara dalam forum G20 tersebut membanggakan bagi rakyat Indonesia terutama mereka yang menginginkan perubahan di Indonesia pada 2024.

Koalisi perubahan di Indonesia, paling tidak terdiri dari dua kekuatan besar. Pertama, relawan yang membentuk organisasi di berbagai daerah seluruh Indonesia dengan biaya diri. Tujuannya untuk memperjuangkan terwujudnya perubahan di Indonesia dengan presiden Anies Baswedan

Kedua, partai politik yaitu Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera, yang insya Alla solid untuk menjadi motor perubahan.

Kedua kelompok perubahan ini menghadapi tantangan yang tidak mudah.

Pertama, kekuatan status quo yang diduga ingin melanggengkan kekuasaan dengan mendukung bakal calon presiden boneka.

Kedua, kekuatan yang mencoba melemahkan koalisi perubahan dengan membuat framing negatif kepada partai Nasdem, PKS dan partai Demokrat. Tujuannya untuk memecah belah dan melemahkan.

Ketiga, kekuatan oligarki yang diduga membiayai berbagai lembaga survei untuk melakukan survei yang patut diduga sebagai untuk melemahkan, memecah belah guna menghancurkan kekuatan kelompok perubahan.

Arus Perubahan Sulit Dibendung

Sebagai sosiolog, saya membaca fenomena sosial yang tumbuh di masyarakat yang sangat kuat karena merdeka dan tidak takut mewujudkan perubahan.

Fenomena sosial itu dapat dilihat dalam berbagai kejadian. Pertama, berdirinya relawan Anies di seluruh Indonesia dengan prakarsa dan biaya sendiri. Mereka sangat militan dan mandiri.

Kedua, besarnya dukungan masyarakat kepada Anies Baswedan sebagai simbol perubahan.

Ketiga, masyarakat rela berkorban, datang ke tempat kegiatan yang dihadiri Anies Baswedan dengan biaya sendiri.

Keempat, membludaknya jumlah masyarakat yang menyambut Anies Baswedan seperti kasus di Medan, Sumatera Utara.

Kelima, media mainstream sudah memberitakan secara luas berbagai aktivitas yang dilakukan Anies Baswedan.

Keenam, media sosial dapat dikatakan didominasi pemberitaannya oleh Anies Baswedan dan para relawannya.

Oleh karena masih di berlakukan Presidential Threshold 20%, maka pilar utama untuk mencalonkan Anies sebagai calon presiden 2024 adalah Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.

Isu Keadilan Sosial

Isu sentral yang Digulirkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 adalah masalah keadilan sosial. Sesuai dengan sila ke-5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Anies menggulirkan keadilan sosial karena selama menjabat Gubernur DKI Jakarta lima tahun lamanya telah mewujudkan keadilan sosial, misalnya pembangunan kampung akuarium, yang sempat digusur kemudian Anies membangunnya kembali.

Begitu pula, semua agama di Jakarta diberi bantuan untuk biaya operasional. Begitu pula guru agama tanpa pandang bulu dari agama manapun di beri bantuan. Begitu juga Anies menggelontorkan dana untuk biaya pendidikan, ada KJP (Kartu Jakarta Pintar) Plus, begitu pula biaya kesehatan, ada KJS (Kartu Jakarta Sehat) Plus. KJMU (Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul) dan sebagainya.

Berbagai program yang diwujudkan di DKI Jakarta adalah dalam upaya mewujudkan keadilan sosial. Program-program sosial yang sukses diwujudkan di Jakarta akan diadopsi menjadi program di tingkat nasional guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan sila ke-5 dari Pancasila, tetapi selama Indonesia merdeka 77 tahun lamanya, baru Anies Baswedan yang secara nyata mewujudkannya ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Isu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan menjadi tema sentral perjuangan Anies sebagai calon presiden Partai Nasdem. Jika Allah memberi kekuasaan kepada Anies melalui pemilihan umum serentak 2024, maka keadilan sosial akan menjadi program prioritas Anies.

Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi rakyat Indonesia khususnya para relawan yang berjuang mewujudkan perubahan dengan presiden Anies Baswedan.

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...

Pemilu

Nama Anies semakin populer di dalam negeri dan luar negeri. Semakin dikenal luasnya Anies Baswedan di masyarakat di dalam dan luar  negeri,  tidak terlepas dari  prestasi...