Connect with us

Korban gempa cianjur mengadakan shalat jenazah (23/11/2022) - IG dt.noise #cianjurearthquake #cianjur

Lainnya

Gempa Cianjur: Ayo Bantu Warga Korban Bencana Gempa Cianjur dan Tingkatkan Solidaritas Sosial

Dari informasi yang diberitakan media, nampak solidaritas sosial akan gempa cianjur begitu tinggi.

Tidak ada yang paling tepat disampaikan pada awal tulisan ini kecuali mengucapkan “Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun” (Kita milik Allah dan kepadaNya kita kembali).

Ucapkan tersebut kita kemukakan pada bagian awal dari tulisan ini. Adapun maksudnya antara lain:

Pertama, sebagai peringatan ke-1 dari Allah bahwa kita ini bukan kita sendiri atau milik siapapun, tetapi pemilik rabbul a’alamin (Tuhan semesta alam).

Kedua, sebagai peringatan ke-2 dari Allah bahwa kita ini cepat atau lambat akan kepmbali kepadaNya.

Ketiga, sebagai peringatan ke-3 bahwa manusia sehebat apapun, tidak bisa menolak jika ajal sudah tiba.

keempat, sebagai peringatan ke-4 bahwa setiap manusia termasuk makhluk yang bernyawa, paling akan merasakan kematian. Fakta menunjukkan, tidak ada yang bernyawa yang tidak mati.

Kelima, sebagai peringatan ke-5 bahwa penyebab tidak ada yang tahu. Penyebab kematian berbagai macam, bisa karena sakit, terjatuh dari tempat yang tinggi, terkena gempa bumi dan sebagainya.

Korban Meninggal dan Luka-luka

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam konferensi pers daring (Selasa, 22/11/2022) menyatakan bahwa korban tewas akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, berjumlah 268 orang. Jumlah itu bertambah dibanding data tadi pagi. “Korban jiwa meninggal dunia sekarang ada 268.

Dia mengatakan korban tewas yang telah teridentifikasi berjumlah 122. Proses identifikasi masih terus dilakukan.

“Dari 268 itu, yang sudah teridentifikasi siapa-siapanya ini sebanyak 122,” ujarnya.

Gempa bumi bermagnitudo 5,6 yang terjadi di Cianjur Jawa Barat pada Senin (21/11) siang, sangat kuat hingga terasa di Jakarta.

Banyak warga Jakarta yang panik dan lari keluar dari tempat kerja. Akan tetapi, kembali tenang karena tidak ada gempa bumi susulan yang kuat, sehingga kembali kerja.

Bantuan dan Solidaritas Sosial

Menteri Sosial RI Tri Rismaharini telah menginstruksikan sentra-sentra yang ada di Bandung, Sukabumi, Bogor, Bekasi, dan Jakarta untuk mengerahkan bantuan. Ia juga mengaktivasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang ada di wilayah DI Yogyakarta, Solo, dan wilayah terdekat, untuk ikut membantu korban bencana gempa bumi di Cianjur.

Selain itu, media sosial memberitakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta sudah mengerahkan 154 personel gabungan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022) sore.

Sabdo Kurnianto, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD DKI Jakarta mengemukakan, telah pengerahan 154 personel dilakukan untuk membantu proses evakuasi hingga memberikan bantuan logistik kepada para korban gempa Cianjur.

Selain itu, PT Pertamina bergerak cepat membantu korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Pertamina telah menyalurkan sejumlah bantuan untuk korban bencana tersebut.

Heppy Wulandari, Pjs Corporate Communication Pertamina mengatakan, Pertamina telah mengirim bantuan 40 tabung Bright Gas 12 Kg untuk perlengkapan memasak, 68 dus air mineral, 10 dus mie instan, dua kardus biskuit, dua kardus susu anak dan 4 kardus kopi. Selain itu, juga ada 19 kotak popok bayi (diapers). Bantuan untuk korban gempa Cianjur diserahkan secara langsung oleh VP CSR and SMEPP Pertamina Fajriyah Usman ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur pada Selasa (22/11/2022). 

Heppy mengemukakan “Bantuan yang diserahkan merupakan tahap awal dari aksi cepat tanggap Pertamina untuk bantu korban. Pertamina akan terus menyalurkan bantuan dan dukungan sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat terkait bencana ini.”

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 menyampaikan rasa prihatinnya atas gempa yang terjadi di Cianjur dan sekitarnya.

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas bencana gempa bumi yang menimpa daerah Cianjur dan sekitarnya,” tulis Anies seperti di story Instagramnya.

Tidak hanya mengakibatkan ratusan korban meninggal dan terluka, namun juga mengakibatkan bangunan dan fasilitas di Cianjur rusak berat.

Anies juga menghimbau untuk mengulurkan bantuan untuk korban gempa di Cianjur.

“Mari berdoa untuk saudara-saudara kita agar diberi ketabahan, dan mari bantu apa yang kita bisa,” ucapnya.

Selain itu, Lembaga Persaudaraan Islam (FPI) seperti diinformasikan Lembaga Informasi FPI bahwa Relawan FPI telah melakukan pengiriman 100 Terpal, 200 Selimut, 190 Handuk, Ratusan Baju Baru, Obat-obatan Medis, Obat-obatan Herbal dan lain-lain.

Dari informasi yang diberitakan media, nampak solidaritas sosial akan gempa cianjur begitu tinggi. Tidak hanya pemerintah, tetapi juga pemerintah daerah di seluruh Indonesia, para relawan dari berbagai lembaga sosial dan partai politik, turut membantu.

Kita harapkan solidaritas sosial seluruh rakyat Indonesia dilakukan termasuk doa kepada mereka yang meninggal dunia supaya memperoleh tempat yang layak disisi Allah, mereka yang mengalami luka-luka serta keluarga yang ditinggal diberi kesabaran dan ketabahan.

Selain itu banyak tokoh dan pemimpin di luar negeri yang turut berduka atas gampa Cianjur, hal ini harus kita apresiasi.

Baca Juga

Sosial

Kekaguman saya terhadap FPI paling tidak didasari tiga hal, FPI membantu sebagai relawan dan aksi filantropi, memberi bantuan dana dan segala macam kebutuhan para...

Lainnya

Bencana longsor terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Hingga Sabtu (16/1/2021), korban yang ditemukan tewas terus bertambah dan kini menjadi...

Lainnya

Kiamat adalah peristiwa di mana alam semesta beserta isinya hancur luluh yang membunuh semua makhluk didalamnya tanpa terkecuali.  Kehancuran alam semesta kita tidak tahu...