Connect with us

Konferensi Kerja Provinsi II PGRI DKI Jakarta (19/3/2022) - twitter aniesbaswedan

Pendidikan

Anies Baswedan, Guru dan Pendidikan: Penumbuhan Potensi Karakter Moral dan Karakter Kinerja

Hari ini 25 November 2022 adalah Hari Guru Nasional. Setiap kita memperingati Hari Guru Nasional, yang teringat kepada kita adalah pendidikan. Pendidikan adalah kunci untuk memajukan bangsa dan negara.

Hari ini 25 November 2022 adalah Hari Guru Nasional. Setiap kita memperingati Hari Guru Nasional, yang teringat kepada kita adalah pendidikan. Pendidikan adalah kunci untuk memajukan bangsa dan negara.

Beberapa waktu saya mendengar pendapat Anies Baswedan tentang pendidikan yang dipublikasikan di Twitter. Menurut Anies Baswedan, pendidikan bukan bicara skill atau ketrampilan, tetapi karakter.

Arti karakter menurut Kamus Bahasa Indonesia (kamus versi Online) ialah tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau Budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain.

Menurut Anies, yang membuat bangsa-bangsa ini dahsyat, hebat seperti Korea dalam waktu 60 tahun bisa meraih kemajuan seperti Eropa barat yang baru bisa meraih kemajuan dalam 350 tahun. Jepang mampu meraih kemajuan dalam waktu 120 tahun baru bisa menyamai Eropa yang meraih kemajuan dalam 350 tahun.

Lebih lanjut Anies menegaskan bahwa Pendidikan Adalah Investment dan human capital. Menurut Anies, pendidikan adalah penumbuhan karakter. Karakter terbagi dua yaitu:

Pertama, karakter moral seperti jujur, beriman, bertakwa, rendah hati.
Kedua, karakter kinerja yaitu kerja keras, kerja tuntas, ulet, tangguh.

Pendidikan Kita

Realitas hasil pendidikan kita, membuat kita miris. Realitasnya bertolak belakang yang diharapkan. Setidaknya ada lima alasan kita patut miris

Pertama, hasil pendidikan kita belum menghasilkan orang jujur. Pada umumnya yang korupsi adalah mereka yang pendidikan tinggi.

Kedua, hasil pendidikan kita belum menghasilkan orang berpendidikan yang rendah hati, pengasih dan penyayang terhadap sesama. Mereka yang beriman dan bertaqwa masih banyak yang belum tercermin dalam perkataan dan tindakan sehari-hari. Hal tersebut secara kasat mata dapat dilihat di masyarakat dan di media sosial.

Ketiga, hasil pendidikan kita belum menghasilkan orang berpendidikan yang disiplin waktu, disiplin kerja, kerja keras dan mengutamakan prestasi dan kinerja.

Keempat, hasil pendidikan kita belum menghadirkan sarjana yang tangguh dan ulet yang bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Kalaupun ada jumlahnya masih minim.

Kelima, hasil pendidikan kita belum berhasil menghadirkan orang berpendidikan yang ambisi untuk membuat prestasi dan rekam jejak yang hebat di jabatan apapun yang disandang. Kalau ada, jumlahnya amat terbatas.

Implementasi Karakter Moral dan Kinerja

Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu insan yang beriman serta bertaqwa terhadap yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur, mempunyai pengetahuan serta keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yg mantap serta berdikari serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Tujuan pendidikan nasional tersebut sangat bagus dan komprehensif, tetapi sulit diimplementasikan karena terlalu luas dan tidak fokus

Supaya pendidikan bisa menumbuhkan karakter moral dan karakter kinerja, maka Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tidak perlu diamandemen, cukup dipilah ke dalam dua bagian yang dikemukakan Anies Baswedan.

Sebagai contoh, dalam rangka mengimplementasikan sistem pendidikan nasional yang menfokuskan penumbuhan karakter moral, maka masalah beriman, bertakwa, jujur, rendah hati, budi pekerti dan sebagainya masuk ke dalam kategori karakter moral dan harus dibangun dan diimplementasikan.

Selanjutnya, dalam rangka membangun dan mengimplementasikan sistem pendidikan nasional yang menfokuskan kepada karakter kinerja yaitu kerja keras, kerja tuntas, ulet, tangguh, maka pada bagian dari isi sistem pendidikan nasional yaitu sanggup berdikari harus dibangun dan diimplementasikan. Tidak mungkin bisa berdikari kalau tidak kerja keras, ulet, tangguh, dan kerja tuntas. Juga tidak mungkin memiliki karakter kinerja jika tidak memiliki kepribadian yang mantap, sehat jasmani dan rohani.

Ubah Karakter

Pendidikan di Indonesia harus diarahkan dengan segala daya upaya dan kemampuan untuk mengubah karakter rakyat Indonesia.

Anies Baswedan telah memberi contoh kepada kita tentang kemajuan Korea yang dalam 60 tahun sudah bisa mengejar kemajuan Eropa. Begitu juga Jepang, yang memerlukan waktu 120 tahun untuk bisa menyaingi Eropa.

Indonesia sejatinya bisa. Asalkan kita memiliki pemimpin yang memiliki rekam jejak (track record) yang hebat, sudah terbukti amanah, dapat dipercaya, jujur, cerdas dan mumpuni dalam berkomunikasi.

Untuk bisa memiliki pemimpin yang terbaik dari rakyat Indonesia, maka pemilihan presiden 2024 harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memilih presiden, yang akan membawa seluruh rakyat Indonesia meraih kemajuan.

Melalui peran guru dan pendidikan, yakin usaha sampai untuk mengubah karakter moral dan karakter kinerja, yang harus menjadi fokus utama pembangunan pendidikan di masa depan.

Selamat memperingati Hari Guru. Semoga tulisan ini memberi pencerahan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Pendidikan

Prof Dr. Kasim bin Mansor, Rektor Universiti Malaysia Sabah (UMS) mengemukakan bahwa dia akan mendirikan (menubuhkan) Bajau Chair di Universiti yang dipimpinnya.

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...