Connect with us

PENGESAHAN RKUHP TINGGAL MENGHITUNG HARI KENAPA MASIH BANYAK PROTES?! - INDONESIA LAWYERS CLUB https://www.youtube.com/watch?v=tsY6gQ0E2Ps

Lainnya

Debat Keras Indonesia Lawyers Club: Pengesahan RKUHP Dan Penolakan MUI Utusan Khusus Amerika Bidang LGBTQI+

24 Nov. 2022, saya di undang untuk menjadi salah satu narasumber program ILC  yang dipandu Karni Ilyas, yang membahas tentang Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).

24 Nov. 2022, saya di undang untuk menjadi salah satu narasumber program ILC yang dipandu Karni Ilyas, yang membahas tentang Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).

Banyak yang dibahas seperti pasal penghinaan terhadap Presiden, DPR, DPR, MA, MK. Selain itu, dibahas pula pasal Kumpul Kebo yang disebut jika tidak salah kohabitasi, kawin antar agama dan lain sebagainya.

Debat Keras yang banyak menyita waktu adalah masalah LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender). Setidaknya ada tiga alasan masalah LGBT sangat keras perdebatannya.

Pertama, alasan teologis. Semua agama melarang kawin sejenis. Sejatinya kawin sejenis dilarang dalam RKUHP. Oleh karena, norma agama yang diamalkan di masyarakat, mengharamkan kawin sejenis seperti yang dipraktikkan oleh LGBT. 

Menurut Albert, Tim Sosialisasi RKUHP Kementerian Hukum dan HAM, bahwa keabsahan perkawinan telah diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Saya kutip Pasal 1 UU Perkawinan. “Perkawinan ialah ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Mahaesa.”

Kedua, alasan sosiologis. Di dalam masyarakat Indonesia, terdapat norma sosial. Menurut Wikipedia, norma sosial adalah kebiasaan umum atau aturan yang menjadi pedoman perilaku yang sudah ada dalam suatu kelompok masyarakat dan memiliki batasan wilayah tertentu. Batas norma sosial adalah perilaku yang pantas bagi suatu kelompok masyarakat, sehingga juga dapat disebut sebagai kaidah sosial atau peraturan sosial.

Norma sosial telah diamalkan oleh masyarakat bahwa kawin sejenis tidak diperbolehkan karena bertentangan dengan ajaran agama dan aturan yang menjadi pedoman perilaku di masyarakat.

Ketiga, alasan kelangsungan umat manusia. Sejatinya, LGBT harus dilarang karena perkawinan sejenis tidak akan membuahkan anak. Kalau tidak ada anak, maka generasi pengganti tidak ada. Dampaknya pada suatu saat manusia akan punah.

MUI Tolak Utusan Khusus Amerika Serikat

Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang diwakili Anwar Abbas menolak kehadiran Utusan Khusus Amerika Serikat di bidang memajukan HAM kelompok LGBTQI+ Jessica Stern di Indonesia bulan depan.

MUI menyatakan menolak dengan tegas kehadiran dari utusan khusus tersebut. “Perilaku LGBT tersebut juga sangat berbahaya karena anti manusia dan kemanusiaan, sebab jika perilaku tersebut dibiarkan maka dia akan bisa membuat umat manusia punah di muka bumi ini,” kata dia (CNN Indonesia, Kamis, 01 Des 2022 10:07 WIB).

Anwar menilai pemerintah Indonesia sudah sepatutnya tidak menerima tamu yang tujuannya untuk merusak nilai-nilai luhur dari agama dan budaya bangsa Indonesia. Pasalnya, ajaran enam agama yang diakui di Indonesia saat ini tidak ada yang mentolerir praktek LGBTQl+.

Lebih lanjut Anwar mengatakan bahwa agama telah mengajarkan fitrah seorang laki-laki menikah dengan perempuan, begitu pula sebaliknya. Ia menilai praktek LGBTQl+ bila diterapkan maka manusia di muka bumi dikhawatirkan punah.

“Kalau laki-laki kawin dengan laki-laki dan atau perempuan kawin dengan perempuan, maka sudah pasti tidak akan bisa melahirkan keturunan,” kata dia.

Pembatalan Kedatangan Utusan Khusus AS ke Indonesia

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Kim memastikan Utusan khusus Amerika Serikat untuk Hak HAM LGBTIA+ Jessica Stern batal berkunjung ke Indonesia pekan depan (Tempo.co,2 Desember 2022 19:00 WIB).

“Setelah berdiskusi dengan rekan-rekan kami di Pemerintah Indonesia, kami telah memutuskan untuk membatalkan Kunjungan Utusan Khusus Stern ke Indonesia,” kata Kim dalam pernyataan tertulis.

Pembatalan kunjungan Utusan Khusus Amerika Serikat ke Indonesia, merupakan respon atas penolakan seperti MUI, Muhammadiyah, NU dan masyarakat luas yang menolak kedatangan Utusan Amerika Serikat tersebut.

Sehubungan itu, kita sampaikan apresiasi yang tinggi atas pembatalan kunjungan Utusan Khusus Amerika Serikat.

Perlakukan LGBT Dengan Baik, Hindari Kekerasan

Dalam menyikapi LGBT yang telah menjadi isu dunia dan mendapat anggaran yang besar dari negara-negara yang menyokong LGBT dengan alasan demi Hak Asasi Manusia, maka sebaiknya kita melakukan lima dalam menyikapi LGBT yang semakin lama semakin membesar jumlahnya.

Pertama, orang tua (suami isteri) harus melindungi anak-anak dan cucu, laki-laki dan perempuan dari LGBT yang sangat mudah menjalar dan diikuti.

Kedua, para guru/dosen di sekolah atau di universitas sebagai orang tua kedua dari para siswa (i) atau mahasiswa (i), setiap mau memberi pelajaran, harus dilakukan pencerahan dan penyadaran terhadap bahaya LGBT dan permasalahan lain.

Ketiga, para tokoh masyarakat, ulama, ustaz, pendeta dan pastor, setiap menyampaikan khutbah atau pidato jangan lupa menyelipkan pesan dan nasihat agar semua waspada akan bahaya LGBT.

Keempat, pemerintah mulai dari presiden sampai kepada lurah, ketua RW dan Ketua RT harus menggunakan posisi untuk selalu berusaha agar mereka yang terpapar LGBT kembali kepada kehidupan normal. Kalau sudah saatnya kawin, kawinlah dengan lawan jenis, jangan kawin dengan sesama jenis .

Kelima, dalam keadaan apapun tidak boleh melakukan kekerasan terhadap mereka yang terpapar LGBT. Dekati mereka dengan penuh hikmah kebijakan, cinta kasih, dan nasihat yang baik. Jangan sekali-kali melakukan kekerasan pisik dan kekerasan verbal. Sekali lagi dekati, cerahkan dan sadarkan mereka dengan cara yang baik. Semoga mereka kembali ke jalan yang benar.

Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi bangsa dan negara republik Indonesia.

Baca Juga

Lainnya

Lionel Messi dan skuad dari Argentina sukses memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia melawan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Minggu, 18 Desember...

Lainnya

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan Piala Dunia 2022 Qatar merupakan gelaran terbaik sepanjang sejarah.

Lainnya

Maroko akan berhadapan Prancis pada babak semifinal Sepak Bola Piala Dunia di Al Bayit Stadium Antar pada 15 Desember 2022.

Lainnya

Piala Dunia atau World Cup yang sedang berlangsung di Qatar saat ini luar biasa hebat. FIFA World Cup Qatar 2022 merupakan Piala Dunia ke-22...

Lainnya

Catatan yang sangat penting dalam penyelenggaraan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiah karena sukses dalam pembukaan, sukses pelaksanaan berbagai acara persidangan, teristimewa sukses pemilihan pengurus PP Muhammadiyah.

Politik

Geopolitik sedang berubah khususnya di Timur Tengah. Kekuatan politik Timur Tengah tidak lagi sepenuhnya di dominasi oleh Amerika Serikat. Akankan kekuatan politik Timur Tengah...

DKI Jakarta

Salah satu wujud partisipasi dan kolaborasi Transjakarta yang paling mutakhir ialah menyukseskan shalat Idul Adha di JIS dengan menyediakan bus Transjakarta dari berbagai lokasi.

Lainnya

Setiap kita merayakan Hari Raya Idul Adha dengan Salat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban, kita pasti mengenang peristiwa heroik yang dilakukan Nabi Ibrahim...