Connect with us

Sujud syukur para pemain & staff timnas Maroko, usai berhasil melaju ke fase 8 besar Piala Dunia (7/12/2022)

Lainnya

Qatar Selipkan Dakwah Dalam Piala Dunia ke-22, Akankah Maroko Menang Piala Dunia?

Piala Dunia atau World Cup yang sedang berlangsung di Qatar saat ini luar biasa hebat. FIFA World Cup Qatar 2022 merupakan Piala Dunia ke-22 dengan jumlah peserta sebanyak 32 negara. Sedang Piala Dunia pertama dilaksanakan di Uruguay dengan 13 peserta.

Qatar merupakan satu-satunya negara di Timur Tengah dan di dunia Islam yang pertama diberi kepercayaan oleh FIFA untuk menyelenggarakan sepak bola Piala Dunia 2022.

Piala Dunia atau World Cup yang sedang berlangsung di Qatar saat ini luar biasa hebat. FIFA World Cup Qatar 2022 merupakan Piala Dunia ke-22 dengan jumlah peserta sebanyak 32 negara. Sedang Piala Dunia pertama dilaksanakan di Uruguay dengan 13 peserta.

Qatar resminya bernama Negara Qatar ( دولة قطر‎, Daulah Qatar), merupakan sebuah negara keemiran di Timur Tengah yang dipimpin Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani.

Negara Qatar terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab di Asia Barat. Satu-satunya batas daratnya adalah Arab Saudi di selatan dan sisanya berbatasan dengan Teluk Persia. Teluk Persia memisahkan antara Qatar dengan Bahrain.

Qatar Sangat Unik

Negara Qatar menurut saya sangat unik. Keunikan pertama, Qatar penduduknya sebanyak 2,931 juta jiwa (2021). Akan tetapi sekitar 85 % penduduk Qatar adalah ekspatriat. Walaupun begitu, negara Qatar memberlakukan syariat Islam.

Ekspatriat adalah seseorang yang tinggal sementara maupun menetap di luar negara di mana dia dilahirkan dan dibesarkan, atau dengan kata lain, orang yang berkewarganegaraan asing yang tinggal di Qatar, oleh karena suatu tugas negara atau profesional.

Keunikan kedua, Qatar memiliki TV Internasional yang sangat populer dan berpengaruh di seluruh dunia yang disebut Al-Jazeera. TV ini mempekerjakan wartawannya dari berbagai negara di dunia. Ia menggunakan dua bahasa dalam menyampaikan berita yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Keunikan ketiga, Qatar merupakan mediator dan fasilitator perundingan internasional antara Amerika Serikat dengan Taliban untuk membahas penyelesaian Afganistan. Hasilnya Amerika Serikat mundur secara terhormat dari Afganistan dan Taliban kembali berkuasa di Afganistan.

Keunikan keempat, Qatar menampung ulama besar seperti Allahyarham Yusuf Qhardhawi dan para pemimpin Hamas dan memberi anggaran kepada bangsa Palestina untuk berjuang membebaskan tanah air mereka dari penjajahan.

Keunikan kelima, Qatar mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Amerika Serikat. Negara adidaya itu, mempunyai pangkalan militer di Al Udeid, Qatar yang dihuni sekitar 10 ribu personil militer AS.

Piala Dunia dan Dakwah

Piala Dunia 2022 di Qatar sangat istimewa dan mengagumkan. Pertama, pada opening ceremony yang digelar di Stadion Al Bayt, Ahad malam (20/11/2022), salah seorang narator upacara, yakni Ghanim Al Muftah, bersama aktor Amerika Serikat (AS) Morgan Freeman bernarasi tentang kemanusiaan dan persatuan.

Ketika berbicara tentang kemanusiaan, pantauan INDEPENDEN melalui siaran langsung televisi, Ghanim melantunkan potongan ayat suci Al-Qur’an. Yakni Surat al-Hujurat ayat 13 yang menjelaskan bahwa tujuan manusia diciptakan berbeda-beda agar saling mengenal.

Ayat tersebut berbunyi; “Ya Ayyuhan-nasu Innaa Khalaqnaakum min Dzakarin wa Untsa, wa Ja’alnaakum Syu’uban wa Qabaaila lita’arafu.”

Kedua, Qatar melarang pesawat mendarat di Bandar Udara Internasional Hamad yang merupakan bandar udara internasional yang berada di Doha, ibukota Qatar yang membawa bendera LGBT.

Ketiga, Qatar melarang minuman keras di arena sepak bola Piala Dunia.

Keempat, Qatar menyelenggarakan Salat berjamaah di Stadium tempat penyelenggaraan sepak bola Piala Dunia.

Kelima, alunan azan berkumandang di 8 stadion mewah yang dibangun Qatar pada saat masuk waktu untuk Salat.

Dengan demikian, Qatar sebagai negara Islam memanfaatkan arena sepak bola Piala Dunia 2022 untuk melaksanakan dakwah. Sebagai negara tuan rumah Piala Dunia 2022 atau FIFA World Cup 2022, tidak menjadikan Qatar lupa akan jati dirinya sebagai negara Islam.

Qatar bahkan menjadikan ajang internasional sepakbola Piala Dunia 2022 menjadi media dakwah.

Mulai dari penyambutan dengan Hadist-hadist Nabi yang memenuhi stadion Piala Dunia Qatar 2022, pembacaan ayat suci Al-Quran dalam pembukaan, pelarangan minuman beralkohol, dan lainnya.

Peserta Piala Dunia Delapan Besar

Seluruh tempatdi perempat final Piala Dunia 2022 telah terisi sepenuhnya. Maroko berhasil mengalahkan Spanyol dalam adu pinalti 3-0 sehingga Maroko masuk ke babak 8 besar. Begitu pula Portugal lolos ke delapan 8 setelah menyingkirkan Swiss 6-1.

Babak delapan besar Piala Dunia 2022 ditutup dengan duel dua tim raksasa Eropa, Inggris vs Prancis. Laga akan dihelat di Al Bayt Stadium, Ahad (11/2) dini hari WIB.

Jadwal 8 Besar Piala Dunia 2022

Jumat (9/12)
Kroasia vs Brasil (pukul 22.00 WIB)
di Education City Stadium.

Sabtu (10/12)
Belanda vs Argentina (pukul 2.00 WIB)
Pertandingan digelar Sabtu (10/12) dini hari WIB di Lusail Stadium.

Maroko vs Portugal (pukul 22.00 WIB)
Al Thumama Stadium

Ahad (11/2)
Inggris vs Prancis (pukul 2.00 WIB).
Laga dihelat di Al Bayt Stadium.

Siapa yang bakal berjaya masuk 4 besar, kita tunggu hasil pertandingan Jum’at, 9/12, Sabtu, 10/12, dan Ahad, 11/12/ 2022.

Baca Juga

Pendidikan

Pada 13 Januari 2023, saya diundang Yayasan Anak Indonesia Bermartabat (YAIB) yang dipimpin Dr. Sulhan untuk menyampaikan ceramah dengan tema Patriot dan Nasionalisme. Kegiatan...

Lainnya

Lionel Messi dan skuad dari Argentina sukses memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia melawan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Minggu, 18 Desember...

Lainnya

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan Piala Dunia 2022 Qatar merupakan gelaran terbaik sepanjang sejarah.

Lainnya

Maroko akan berhadapan Prancis pada babak semifinal Sepak Bola Piala Dunia di Al Bayit Stadium Antar pada 15 Desember 2022.

Lainnya

24 Nov. 2022, saya di undang untuk menjadi salah satu narasumber program ILC  yang dipandu Karni Ilyas, yang membahas tentang Rancangan Kitab Undang-undang Hukum...

Lainnya

Kematian yang sangat banyak jumlahnya sangat disesalkan, dan banyak orang tua, keluarga, sahabat, teman dan bangsa Indonesia tidak bisa menerima tragedi tersebut. Sebagai sosiolog,...

DKI Jakarta

Adanya MRT, Transjakarta dan commuter sejatinya mengubah budaya masyarakat Jakarta dan sekitarnya dari malas jalan kaki menjadi rajin jalan kaki.

Politik

MBS dan Macron berusaha mencari jalan keluar dari krisis energi dan kelangkaan pangan. Macron mendesak Arab Saudi untuk meningkatkan produksi minyaknya guna membantu menurunkan...