Connect with us

Lionel Messi pakai jubah pemberian Emir Qatar di perayaan juara Piala Dunia 2022 (19/12/2022) - twitter FIFAWorldCup

Lainnya

Argentina Juara Piala Dunia 2022 Qatar, Messi Menang: Pelajaran Apa Bisa Dipetik Indonesia?

Lionel Messi dan skuad dari Argentina sukses memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia melawan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Minggu, 18 Desember 2022. Argentina menang 4-2 dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 3 -3.

Demam sepak bola Piala Dunia 2022 Qatar melanda seluruh dunia. Di Jakarta banyak tempat menyelenggarakan nonton bareng sepak bola Piala Dunia 2022.

Babak final Piala Dunia 2022 Qatar, di berbagai negara misalnya di Jakarta, warga pasang layar besar untuk nonton bareng. Tidak ketinggalan di lingkungan tempat saya tinggal di lapangan Volley dipasang layar besar untuk tempat warga nonton bareng.

Ada Mall di Jakarta, sejak babak penyisihan Piala Dunia 2022 Qatar telah menyelenggarakan nonton bareng. Salah satu penonton setianya Natalius Pigai.

Pada Babak final Piala Dunia 2022 Qatar lebih banyak lagi tempat yang disediakan oleh warga secara gotong royong untuk nonton bareng.

Juara Dunia Sepak Bola FIFA World Cup 2022

Lionel Messi tidak saja terpilih sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2022 Qatar, tetapi juga berhasil mengantarkan Argentina ke tangga juara.

Lionel Messi menjadi inspirator para pemain Argentina untuk berjuang sekeras-kerasnya mengalahkan Prancis di babak final Piala Dunia 2022 melalui adu penalti setelah bermain imbang 3-3 hingga babak extra time di Stadion Lusail Iconic, Minggu (18/12/2022). 

Dalam pertandingan tersebut, Messi pemain berusia 35 tahun mencetak dua gol untuk Argentina. Di dalam duel adu penalti, Messi juga sukses menjalankan tugasnya untuk membawa negaranya meraih gelar juara dunia. 

Sejak babak penyisihan sampai final Piala Dunia 2022 Qatar, Messi tampil luar biasa bersama teman-temannya. Dia total mencetak 7 gol dan 3 assist dalam 7 pertandingan di Qatar. Oleh karena itu tidak heran, jika Messi berhak memenangkan FIFA Golden Ball Award atau Pemain Terbaik Piala Dunia 2022.

Lionel Messi dan skuad dari Argentina sukses memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia melawan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Minggu, 18 Desember 2022. Argentina menang 4-2 dalam adu penalti setelah pertandingan berakhir imbang 3 -3.

Pemain Terbaik Piala Dunia 2022 Qatar adalah Lionel Messi (Argentina)

Selain itu, Argentina juga memborong dua gelar individu lainnya yaitu FIFA Young Player Award dan FIFA Golden Glove Award. 

Pemain Muda Terbaik berhasil dimenangkan oleh Enzo Fernandez sementara Emiliano Martinez terpilih sebagai penjaga gawang terbaik. Keduanya dari Argentina.

Sedangkan FIFA Golden Boots Award atau Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia 2022 dimenangkan oleh Kylian Mbappe yang mampu membuat 8 gol dari Prancis.

Dengan demikian Juara Piala Dunia 2022 Qatar adalah Argentina, sedang Runner-up Piala Dunia 2022 Qatar adalah Prancis.

Sementara pertandingan antara Maroko dengan Kroasia dimenangkan oleh Kroasia, sehingga Kroasia tampil menjadi juara 3 dalam Piala Dunia 2022 Qatar.

Pelajaran Bagi Indonesia

Piala Dunia 2022 Qatar yang baru saja berakhir dengan juara dunia Argentina, mesti diambil pelajaran bagi Indonesia.

Pelajaran yang paling penting yang bisa dipetik dari Piala Dunia 2022 Qatar antara lain:

Pertama, Indonesia bisa menjadi peserta Piala Dunia kalau dilakukan pembibitan terus-menerus secara dini di seluruh Indonesia.

Kedua, harus terus-menerus dilakukan turnamen antar desa, antar kecamatan, antar kabupaten, dan antar provinsi.

Ketiga, dilakukan pula turnamen antar pelajar, siswa dan mahasiswa.

Keempat, setiap pemenang dalam turnamen diberi hadiah yang memadai serta piala sebagai perangsang untuk semakin bersungguh-sungguh dalam berlatih.

Kelima, pada setiap turnamen dilakukan pencarian bibit unggul untuk dipilih masuk ke dalam camp pelatihan (Pelatnas).

Keenam, anggaran harus disiapkan agar pembinaan sepak bola bisa dilakukan secara maksimal, dan sebaiknya persepakbolaan Indonesia dikelola secara profesional, jangan bersifat political oriented.

Dengan melakukan 6 hal yang dikemukakan di atas, yakin Indonesia bisa memacu para anak muda bertalenta sepak bola untuk maju menjadi pesepakbola dunia, setidaknya menjadi peserta Piala Dunia 2026.

Baca Juga

Pendidikan

Pada 13 Januari 2023, saya diundang Yayasan Anak Indonesia Bermartabat (YAIB) yang dipimpin Dr. Sulhan untuk menyampaikan ceramah dengan tema Patriot dan Nasionalisme. Kegiatan...

Lainnya

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan Piala Dunia 2022 Qatar merupakan gelaran terbaik sepanjang sejarah.

Lainnya

Maroko akan berhadapan Prancis pada babak semifinal Sepak Bola Piala Dunia di Al Bayit Stadium Antar pada 15 Desember 2022.

Lainnya

Piala Dunia atau World Cup yang sedang berlangsung di Qatar saat ini luar biasa hebat. FIFA World Cup Qatar 2022 merupakan Piala Dunia ke-22...

Lainnya

24 Nov. 2022, saya di undang untuk menjadi salah satu narasumber program ILC  yang dipandu Karni Ilyas, yang membahas tentang Rancangan Kitab Undang-undang Hukum...

Lainnya

Kematian yang sangat banyak jumlahnya sangat disesalkan, dan banyak orang tua, keluarga, sahabat, teman dan bangsa Indonesia tidak bisa menerima tragedi tersebut. Sebagai sosiolog,...

DKI Jakarta

Adanya MRT, Transjakarta dan commuter sejatinya mengubah budaya masyarakat Jakarta dan sekitarnya dari malas jalan kaki menjadi rajin jalan kaki.

Politik

MBS dan Macron berusaha mencari jalan keluar dari krisis energi dan kelangkaan pangan. Macron mendesak Arab Saudi untuk meningkatkan produksi minyaknya guna membantu menurunkan...