Connect with us

Berbahagia bisa hadir dalam perayaan Natal Nasional Partai Nasdem kemarin malam di Jayapura, Papua. (8/12/2022) - twitter aniesbaswedan

Lainnya

Anies Baswedan Rekam Jejaknya Toleran, Moderat dan Inklusif: Natal Bersama Tokoh dan Masyarakat Papua

Anies Baswedan, bakal calon Presiden RI bersama Partai Nasdem menggelar Natal Nasional Tahun 2022 di Auditorium Universitas Cenderawasih Kota Jayapura, Papua, Kamis 8 Desember 2022 malam.

Anies Baswedan memiliki rekam jejak  yang toleran, moderat dan inklusif sejak kecil, jadi pelajar, siswa, mahasiswa,  rektor sampai menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Gubernur DKI Jakarta.

Anies Baswedan tidak hanya mempunyai rekam jejak yang baik dalam pergaulan dengan semua etnis, agama, ras dan antar golongan di dalam negeri, tetapi juga antar negara.  Sebagai contoh, di masa Anies menjadi siswa  telah mengikuti pertukaran pelajar di Amerika Serikat. Orang tua angkat, tempat Anies tinggal selama mengikuti pertukaran pelajar adalah keluarga Katolik yang taat beragama.  Anies sering diajak ke Gereja dan diperkenalkan dengan para jemaat.

Anies selama mengikuti pendidikan Master dan Doktoral di Amerika Serikat bergaul dan berteman dengan berbagai suku bangsa dan agama di Amerika Serikat serta yang berasal dari berbagai negara.

Sewaktu kembali ke Indonesia, Anies menjadi rektor Universitas Paramadina yang sangat inklusif, moderat dan toleran yang didirikan Prof Dr Nurcholish Madjid, seorang cendekiawan Muslim terkemuka di Indonesia yang sangat toleran, liberal dan inklusif.

Anies juga mendirikan  Indonesia mengajar yang direkrut menjadi pengajar di berbagai pedesaan di Indonesia adalah  dari lintas suku, agama, ras dan antar golongan.

Ketika Anies Baswedan menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tidak ada rekam jejaknya yang eksklusif, radikal dan  tidak toleran.

Mereyakan Natal di Kota Tua

Pada saat Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta menginisiasi perayaan Natal ‘Christmas in Jakarta’ di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, Senin (20/12/2021).

Kegiatan Natal itu menyuguhkan pertunjukan video mapping bernuansa Natal yang menyorot ke Gedung Museum Sejarah Jakarta sebagai satu dari sekian rangkaian kegiatan Christmas in Jakarta.

Rangkaian kegiatan menyemarakkan Natal ini bukan untuk pertama kalinya diadakan di Jakarta. Pada 2019, Pemprov DKI pernah mengelar Christmas Carol yang kegiatannya berjalan sukses.

Dilansir Kompas TV, Anies menyampaikan dalam kegiatan Christmas in Jakarta ini warga juga akan disuguhi berbagai makanan lezat dan karya menarik dari UMKM, hiasan lampu yang mempercantik kota hingga penampilan spesial musik dari talenta-talenta Ibu Kota. 

Pemprov DKI, sambung Anies, juga telah berkolaborasi dengan komunitas dan warga untuk memeriahkan rangkaian kegiatan Natal di Jakarta tersebut. Tak lupa, seluruh persiapan acara telah mengikuti protokol kesehatan.

Plt Kabiro Pendidikan Mental dan Spiritual Setda DKI Jakarta Aceng Zaeni menjelaskan, kegiatan Christmas in Jakarta ini digelar di 15 titik ruang publik. 

Titik-titik tersebut antara lain Taman Fatahillah Kota Tua, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Terowongan Kendal, Stasiun MRT Blok M, Halte Terintegrasi CSW, JPO Senayan, dan Simpang Susun Semanggi.


Merayakan Natal di Papua

Anies Baswedan, bakal calon Presiden RI bersama Partai Nasdem menggelar Natal Nasional Tahun 2022 di Auditorium Universitas Cenderawasih Kota Jayapura, Papua, Kamis 8 Desember 2022 malam.

Perayaan Natal bersama yang dihadiri sekitar 400 warga ini juga dihadiri Sekjen Nasdem Johnny G. Plate, Ketua DPW Nasdem Papua, Mathius Awoitauw dan jajarannya termasuk para kader kewilayahan di Provinsi Papua.

Dalam perayaan Natal bersama, turut hadir tokoh-tokoh Adat Papua dan Agama seperti Ketua MUI Papua, Ustadz K.H Saiful Islam Al Payage, dan Pastor Jhone Jonga dan Ketua Persekutuan Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) Provinsi Papua Pdt.M.P.A Mauri, S.Th.

Anies dalam sambutannya menyebut pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perbedaan adat, suku dan budaya.

“Hanya Indonesia yang memiliki Bhineka Tunggal Ika. Kita mampu bersatu dari berbagai perbedaan rakyatnya hingga menjadi satu kesatuan Negara Republik Indonesia. Pelangi itu indah ketika dia bersatu, tapi ketika dia menjadi potongan warna dia tidak bisa disebut dengan pelangi, dia menjadi indah karena bersatu dan itulah Indonesia kita dan kita rasakan di sini Bhinneka Tunggal Ika karunia Tuhan yang kita harus hormati,” kata Anies.

Dikatakan, kedamaian yang hakiki bukan hanya ditandai dengan tidak adanya konflik, tidak adanya kekerasan, namun juga harus disertai dengan rasa keadilan.

“Oleh karena itu, kita perlu bersama-sama menghadirkan rasa keadilan itu, yang mana harus didorong terus supaya ada kesetaraan di tengah-tengah masyarakat,” ucapnya.


Anies Sampaikan Pesan Natal 2022

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 dalam rangka perayaan Natal 2022  menyampaikan pesan Natal bagi umat Kristiani di Indonesia.

Lewat unggahan di akun media sosialnya, Anies menyampaikan harapannya bagi umat Kristiani. “Semoga kedamaian, kebahagiaan dan keteduhan mengiringi umat Kristiani di hari perayaan Natal ini,” katanya, Ahad, 25 Desember 2022.

“Selamat berkumpul bersama keluarga dalam kehangatan, keceriaan dan kenangan indah”.

Semua Tuduhan Tidak Terbukti

Mereka yang kalah dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, masih ada yang belum move on, sehingga terus menyerang Anies Baswedan dengan menyebut radikal, intoleran, bapak politik identitas an sebagainya.

Semua yang disematkan ke Anies Baswedan adalah hoax, tidak benar dan hanya fitnah semata yang berdasarkan atas kebencian dan kemarahan lantaran jagoannya kalah dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Rekam jejak Anies yang toleran, tidak radikal, inklusif, jujur, adil, benar, amanah dan cerdas serta tidak pernah melakukan politik identitas, merupakan fakta yang tidak bisa dibantah. 

Akhirnya saya ucapkan selamat memasuki tahun baru 2023. Semoga kita selalu sehat dan terus berjuang mewujudkan Indonesia yang maju, adil dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Dihari Ulang Tahun Ibu Megawati Soekarnoputri saya, Musni Umar telah menulis analisa Capres PDIP yang akan di umumkan Bu Mega dan manuver parpol politik...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...