Connect with us

Setiap ke Solo, selalu dititipi untuk beli ayam goreng di Pasar Gede. Begitu juga kemarin, @FeryFarhati titip untuk belikan ayam goreng Pak Ali (22/12/2022) - twitter aniesbaswedan

Pemilu

Anies Baswedan: Tokoh Nasional dan Internasional Yang Sangat Mumpuni, Harapan Untuk Calon Presiden 2024

Nama Anies semakin populer di dalam negeri dan luar negeri. Semakin dikenal luasnya Anies Baswedan di masyarakat di dalam dan luar  negeri,  tidak terlepas dari  prestasi yang diraih selama memimpin DKI Jakarta 2017-2022.

Satu tahun menjelang berakhir masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022, para pengamat politik mengatakan Anies pasca lengser sebagai Gubernur DKI Jakarta akan kehilangan panggung dan redup. Elektabilitasnya sebagai bakal calon presiden 2024 akan merosot tajam.

Pada saat itu sebagai sosiolog, saya mengatakan justeru sebaliknya, Anies akan semakin populer dan melesat tinggi elektabilitasnya.

Setidaknya ada tiga alasannya. Pertama, Anies sudah menjadi tokoh nasional yang populer. Semua media termasuk media sosial akan berlomba mewawancarai Anies Baswedan karena mempunyai nilai jual yang tinggi.

Kedua, Anies Baswedan sudah memiliki relawan di berbagai daerah seluruh Indonesia. Pada saat lengser sebagai Gubernur DKI Jakarta, akan leluasa bersilaturahmi dengan seluruh relawannya di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Setiap berkunjung ke daerah, media lokal dan media sosial akan memberitakan secara luas.

Ketiga, Anies Baswedan sudah dikenal luas oleh masyarakat internasional. Pada saat menjadi Gubernur DKI, setiap ada kesempatan selalu mengundang para duta besar negara-negara sahabat khususnya dari Eropa untuk bersilaturahmi di Balai kota DKI Jakarta.

Populer di Kampus dan Aktivis

Anies sangat populer di kampus dan dikalangan aktivis kampus. Setidaknya ada tiga alasan mengapa Anies populer di dunia kampus dan dikalangan aktivis kampus.

Pertama, Anies pernah menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Universitas Gajah Mada. Sekarang ini sering disebut sebagai Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Selain itu, Anies pernah menjadi aktivis HMI. Pengalaman menjadi aktivis mahasiswa semasa kuliah di Fakultas Ekonomi UGM dan HMI, menjadikan Anies di kenal luas di kalangan kampus dan para aktivis dan matang.

Kedua, pendiri Indonesia mengajar. Melalui Indonesia mengajar, Anies menginisiasi para sarjana yang baru tamat dari Perguruan Tinggi pergi ke berbagai desa terpencil untuk mengajar. Melalui lembaga ini, Anies dikenal luas di kalangan dunia pendidikan di desa.

Ketiga, Anies menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI di masa Jokowi-JK menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2014-2016. Anies di reshuffle untuk memberi tempat kader Muhammadiyah di kabinet Jokowi-JK yang tidak seorangpun memperoleh posisi sebagai menteri.

Melalui posisi sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies semakin populer dan dikenal luas di kalangan kampus dan dunia pendidikan.


Menjadi Gubernur DKI Jakarta

Hikmat tersembunyi Anies di reshuffle sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies didorong dan dicalonkan oleh PKS dan Gerindra menjadi calon Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno.

Pasangan Anies-Sandi terpilih pada putaran kedua mengalahkan Basuki T. Purnama yang berpasangan Djarot Saiful Hidayat.

Kemenangan ini sangat menyakitkan petahana dan istana, sehingga Anies Baswedan melalui buzzerp dijadikan sebagai “musuh” dengan isu bahwa kemenangan Anies dalam pemilihan Gubernur DKI karena menggunakan politik identitas. Pada hal menurut Maswardi Rauf, Guru Besar Ilmu Politik UI, Anies tidak pernah pakai politik identitas.

Akan tetapi Sandiaga Salahuddin Uno hanya memegang jabatan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta hanya sekitar satu tahun karena harus mendampingi Prabowo Subianto, calon presiden menjadi calon wakil presiden RI.

Anies Baswedan berjuang sendiri merealisasikan seluruh janji politik yang telah disampaikan pada saat kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Kemudian melalui pemilihan Gubernur DKI di DPRD DKI untuk mengisi jabatan wakil gubernur yang ditinggal Sandiaga Salahuddin Uno, akhirnya Ahmad Riza Patria dari Gerindra terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Walaupun Anies menghadapi oposisi yang kuat dari Fraksi PDIP dan Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, tetapi Anies mampu mengatasi tanpa membelenggu demokrasi di DKI Jakarta.

Keberhasilan Anies memimpin DKI telah menghantarkannya menjadi tokoh politik yang sangat populer dan berpotensi menjadi presiden 2024.

Nasdem Deklarasi Anies Capres

Tidak lama menjelang berakhirnya masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta, Partai Nasdem deklarasikan Anies sebagai calon Presiden RI 2024.

Momentum deklarasi Partai Nasdem, semakin banyak panggung Anies Baswedan. Tidak saja dikalangan relawan, tetapi di perguruan dalam dan luar negeri.

Nama Anies semakin populer di dalam negeri dan luar negeri. Semakin dikenal luasnya Anies Baswedan di masyarakat di dalam dan luar negeri, tidak terlepas dari prestasi yang diraih selama memimpin DKI Jakarta 2017-2022.

Selain itu, hubungan baik yang dibangun Anies dengan para duta besar negara-negara sahabat selama memimpin DKI Jakarta.

Oleh karena itu, tidak mengherankan Anies semakin banyak panggungnya di tanah dan di luar internasional.

Anies Baswedan didapuk sebagai Dewan Pengarah Universitas Oxford, Inggris, sehingga menjadi orang pertama Indonesia yang dipercaya mendapat penghargaan dari Universitas tertua dan terkemuka di dunia merupakan kebanggaan bagi mas Anies dan keluarga serta seluruh bangsa Indonesia.

Penghargaan jang diperoleh mas Anies, diyakini akan menjadi motivasi dan spirit untuk semakin meningkatkan perjuangan untuk meraih kemenangan dalam pemilu presiden 2024.

Semoga penghargaan yang diperoleh mas Anies semakin meyakinkan para pendukung dan para relawan untuk berjuang semakin keras dalam meyakinkan rakyat Indonesia bahwa mas Anies adalah pilihan terbaik dalam pemilu 2024 untuk memimpin Indonesia demi mewujudkan restorasi Indonesia dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga

Opini

Organisasi relawan Anies di seluruh Indonesia yang tumbuh bagaikan cendawan di musim hujan. Mereka yang bergiat sebagai relawan Anies pada umumnya bukan anggota partai apalagi...

Opini

Anies Fans Club didirikan oleh Ir. Muhammadsyah yang kemudian dikukuhkan sebagai presiden AFC. Menurut dia, AFC ini didirikan tanpa mengeluarkan uang, tetapi menggunakan jaringan...

Pemilu

Menanggapi isu reshuffle kabinet, Surya Paloh, Ketua Umum Partai NasDem menegaskan reshuffle atau kocok ulang kabinet merupakan hak sepenuhnya Jokowi. Ia mengatakan tak akan mempermasalahkan kebijakan...

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Dihari Ulang Tahun Ibu Megawati Soekarnoputri saya, Musni Umar telah menulis analisa Capres PDIP yang akan di umumkan Bu Mega dan manuver parpol politik...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...