Connect with us

Meluncurkan Malaysia MADANI sebuah kerangka visi baru buat negara (19/1/2023) - twitter anwaribrahim

Malaysia

Anwar Ibrahim Bangun Malaysia MADANI dan Malaysia Peringati Tahun Baru Cina Bebas Tol

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim pada Kamis, 19 Januari 2023, di Putra Jaya, Malaysia menyampaikan pidato yang bertema Membangun Malaysia Madani.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim pada Kamis, 19 Januari 2023, di Putra Jaya, Malaysia menyampaikan pidato yang bertema Membangun Malaysia Madani.

PM Malaysia ke-10 berkata Madani, istilah yang telah lama disebut oleh pemikir, ia mengajak seluruh rakyat Malaysia termasuk kepimpinan Kerajaan Perpaduan untuk mengangkat martabat insan berpaksikan keyakinan, nilai dan akhlak serta tata kelola adil dan berkesan.

Acara ini sangat meriah karena dihadiri dua Timbalan Perdana Menteri, para Menteri, Timbalan Menteri, para Menteri Besar, para anggota (ahli) parlemen, para penjabat dan para pegawai.

Pidato Datuk Seri Anwar Ibrahim sangat menarik dan mencerahkan karena sebagai Perdana Menteri, dia menyampaikan pemikiran yang ditulis dalam sebuah buku ‘Negara Madani’ sebagai usaha menghantarkan Malaysia untuk meningkatkan martabat dan kegemilangan negara di pentas dunia. 

Enam Teras Negara Madani

Datuk Seri Anwar Ibrahim mengemukakan bahwa negara Madani mengacu pada Piagam Madinah yang dicetuskan Nabi Muhammad SAW di Madinah yang berisi antara lain mempersatukan dan melindungi umat Islam dan umat lain.
 
Negara Madani berteraskan enam aspek yaitu kemampanan (keberlanjutan), kesejahteraan, daya cipta, hormat, keyakinan dan Ihsan.

Pertama, Kemampanan (keberlanjutan). Datuk Anwar berkata: kalau baik diteruskan, jika tidak baik diperbaiki atau dihentikan (distop). Prinsip kemampanan ini penting diperhatikan dan diamalkan dalam upaya memajukan Malaysia.

Kedua, kesejahteraan. Kesejahteraan bersama adalah tujuan bersama yang harus diperjuangkan dan diwujudkan. Dalam rangka itu, harus merangkul semua untuk maju bersama.

Datuk Seri Anwar Ibrahim mengutip firman Allah “Fakku raqabatin au ith’aamu miskiin,” membebaskan mereka dari belenggu kemiskinan tanpa memandang kaum, agama dan suku.

Ketiga, daya cipta. Daya cipta atau kreativitas harus dikembangkan sebagai proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan (anggitan) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada.

Keempat, hormat. Tidak dijelaskan Datuk Seri Anwar Ibrahim dalam ceramahnya tentang apa yang dimaksud “hormat.” Akan tetapi, berdasarkan praktik yang diamalkan Perdana Menteri ke-10 yang secara berkala melakukan silaturrahim kepada yang Pertuan Agong Raja Malaysia dan raja-raja Melayu, merupakan indikator Datuk Seri Anwar Ibrahim sangat “hormat”. Selain itu, hormat kepada sesama manusia tanpa membedakan agama, kaum dan golongan yang kaya dan miskin.

Kelima, keyakinan. Datuk Seri Anwar Ibrahim menjelaskan bahwa keyakinan dan kemanusiaan harus menjadi teras dalam membangun bangsa dan negara. Dignity of man, tata kelola yang baik, pemerkasaan demokrasi dan budaya, nilai-nilai murni harus dikembangkan dengan teras akidah dan akhlak mulia.

Keenam, ihsan. Ihsan merupakan teras keenam dari negara madani supaya kita berbuat baik kepada siapapun. Menurut Datuk Seri Anwar Ibrahim, pertumbuhan ekonomi, pelaburan (investasi) dan inflasi terkendali, harus dikaitkan dengan ekonomi manusiawi. Dia mengutip pendapat Mancur Olson, yang merupakan pakat ekonomi dan ilmuan sosial yang berpengaruh di Amerika Serikat, yang semuanya harus dikaitkan dengan keadilan.

Angkat Martabat Malaysia

Datuk Seri Anwar Ibrahim menegaskan bahwa negara madani mengandung nilai, kemanusian dan keyakinan.

Menurut dia, Malaysia harus menjadi negara makmur dan adil. Untuk itu, dia meminta untuk dihentikan rasuah (korupsi) sebagai syarat untuk mewujudkan keselesaan (kenyamanan), kebahagiaan, dan kemakmuran untuk semua. 

Datuk Seri Anwar Ibrahim menekankan pentingnya demokrasi dan kemerdekaan yang bermarwah. Dalam hubungan itu, sistem dan negara hukum harus ditegakkan.

Tata kelola negara menurut dia, harus dimulai pengurusannya dari atas. Oleh karena itu, budaya baru mesti dibangun yang lebih meninggikan kemanusiaan.

Lebih lanjut Datuk Seri Anwar Ibrahim mengemukakan negara ini mesti diselamatkan, negara ini mesti harum, adil kepada rakyat, dan semua kaum dan agama.

“Saya menaruh keyakinan tinggi Malaysia berupaya diangkat semula di persada (dunia). Kita tidak mahu Malaysia tercemar dengan skandal permasalahan dan pertelingkahan.

“Negara Madani angkat martabat negara untuk dikenali dan dihormati sebagai negara makmur… tunjuk kekuatan itu,” katanya.

Dimuat Dalam Budget 2023

Pandangan dan pikiran Perdana Menteri ke-10 tersebut, akan terangkum ke dalam budget Malaysia 2023 yang akan diumumkan di Parlemen pada 24 Februari 2023.

Menurut Datuk Seri Anwar Ibrahim “Ini semua boleh menambah keyakinan dengan menegakkan sistem atau negara hukum yang tidak akan memilih bulu dalam melaksanakan tanggungjawab mereka, dan tidak juga menindas atau menekan individu atau puak yang tidak mendukung kita.

Dalam aspek memacu pertumbuhan negara ini, Anwar menegaskan supaya aspek kemanusiaan senantiasa diperhatikan karena ia antara elemen penting dalam membangunkan negara.

Anwar berkata seluruh kepimpinan dalam Kerajaan Perpaduan juga perlu meletakkan asas dan budaya baharu dan meninggalkan perkara lampau yang memberi kesan buruk kepada negara.

Imlek Tahun Baru Cina di Malaysia Bebas Tol

Dalam rangka Tahun Baru Cina 2023, Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim sesuai hasil Rapat Mingguan yang dilaksanakan bersama para menteri, telah memutuskan bahwa pada 20-21 Januari 2023 semua perjalanan yang melintasi jalan bebas hambatan (highway) digratiskan.

Ada tulisan yang dimuat di Malaysiakini (19/1/2023) yang tidak bersetuju bebas tol pada 20-21 Januari 2023 sebagai keputusan bodoh, tetapi sebagai negara demokrasi, wajar saja kalau ada satu dua orang yang tidak bersetuju dengan keputusan Perdana Menteri. Namun, sebaiknya diucapkan: bilhikmati wal mauizhatil hasanah.

Kita memberi apresiasi yang tinggi pidato Datuk Seri Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia yang memberi panduan (hala tuju) mau di bawa ke mana Malaysia di masa depan. Semoga berjaya membawa Malaysia menjadi “Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.”

Baca Juga

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Pendidikan

Prof Dr. Kasim bin Mansor, Rektor Universiti Malaysia Sabah (UMS) mengemukakan bahwa dia akan mendirikan (menubuhkan) Bajau Chair di Universiti yang dipimpinnya.

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...

Pemilu

Nama Anies semakin populer di dalam negeri dan luar negeri. Semakin dikenal luasnya Anies Baswedan di masyarakat di dalam dan luar  negeri,  tidak terlepas dari  prestasi...

Malaysia

Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri dan Menteri Kewangan (Keuangan), menghadapi cabaran (tantangan) yang berat dalam bidang ekonomi untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan.

Malaysia

Kita berharap lawatan PM Anwar Ibrahim di Indonesia yang berlangsung 8-9 Januari 2023 memberi manfaat yang besar, semakin mempererat dan memperkukuh hubungan Indonesia Malaysia di...

Malaysia

Perdana Menteri, Datuk Seri Anwar Ibrahim hari ini, Ahad 8 Januari 2023 melakukan lawatan resmi dua hari di Indonesia.