UIC Peringati HUT RI ke-74: Pembukaan UUD 45 dan Pancasila Supaya Diamalkan

Hadir dalam peringatan HUT kemerdekaan RI, Edy Haryanto, Ketua Umum YPPIC, Baharuddin, Wakil Rektor Bidang Akademik, Rahmah Marsinah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Sapta Maryati, Dekan Fak. Ilmu Komunikasi, Bambang Marwoko, Dekan Fakultas Farmasi, Hasinggahan Lubis, Dekan Fak. Agama Islam, para Wakil Dekan, Kepala Program Studi, Kepala Biro, karyawan dan mahasiswa (i) penerima beasiswa bidik misi.

RI 74 Tahun Merdeka: Jadikan Rakyat Indonesia Merdeka di Bidang Ekonomi, Dimulai Dari Pendidikan Anak Bangsa

Mayoritas bangsa Indonesia belum bebas dari penjajahan dalam bidang ekonomi. Salah satu petunjuk yang Allah berikan kepada manusia, ialah pentingnya pendidikan. Realitas yang dialami, 32 tahun pembangunan ekonomi di masa Orde Baru dan 20 tahun di masa Orde Reformasi, mayoritas rakyat tidak banyak berubah nasibnya, tetap miskin. Sebagai sosiolog, saya merasa yakin untuk mengakhiri kemiskinan dan keterbelakangan rakyat hanya melalui pendidikan. RI 74 Tahun Merdeka: Jadikan Rakyat Indonesia Merdeka di Bidang Ekonomi, Dimulai Dari Pendidikan Anak Bangsa.

Mewariskan Spirit Perjuangan Nabi Ibrahim Melalui Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun

Untuk memahami, dan menghayati sejarah perjuangan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail serta ajaran Islam, sehingga bisa diwariskan kepada generasi mendatang, maka para tokoh pergerakan Islam 63 tahun yang lalu seperti Parada Harahap, Zainal Abidin Ahmad, Ali Akbar mendirikan Universitas Ibnu Chaldun. Fakultas Agama Islam UIC yang terdiri dari tiga program studi. Pertama, Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah), Kedua, penyiaran Islam (Dakwah), Ketiga, Al Ahwal Asy-Syahsyiah (Syariah).

Tawuran di DKI: Penyebab Utamanya Pengangguran dan Kemiskinan

Dalam dialog interaktif dengan para tokoh masyarakat dari berbagai organisasi kemasyarakatan se Jakarta Utara (9/8/2019) di Hotel Gumilang Mega Mendung Cipayung, Bogor, mencuat persoalan tawuran, yang terjadi hampir tiap malam. Masalah tawuran, setidaknya ada tiga modusnya. Pertama, sengaja diciptakan. Tujuannya untuk mengelabui petugas, jika mau dilakukan transaksi Narkoba.

Bangun Karakter Damai: Cegah Tawuran di DKI

Cara mencegah tawuran yang paling efektif ialah membangun jiwa, dengan jiwa yang ditaburi iman dan taqwa, maka setiap orang mampu mengendalikan diri, tidak mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena iman dan taqwa turun naik, maka berbagai kegiatan pelatihan, seminar, halaqah (pertemuan) yang memberi motivasi, dorongan, rangsangan dan semangat penting secara berkala dilaksanakan.

Mbah Moen Wafat: Indonesia Kehilangan Pejuang Islam di Bidang Pendidikan dan Politik

Perjuangan Mbah Moen melalui tiga jalur yaitu bidang pendidikan (pesantren), organisasi ulama (PB NU) dan bidang politik (PPP). Tiga bidang itu, dia tekuni sampai Allah memanggilnya pada 06 Agustus 2019 saat menunaikan ibadah haji di kota suci Makkah al-Mukarramah. Selain itu, Mbah Moen aktif di organisasi kebangkitan ulama, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama sebagai Mustasyar. Mbah Moen wafat, indonesia kehilangan pejuang islam di bidang pendidikan dan politik.

UIC Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Car Free Day Jakarta

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020, Universitas Ibnu Chaldun (UIC) melaksanakan promosi di Car Free Day Jakarta, dengan jalan kaki sehat. Start jalan kaki sehat dari depan Sarinah, Pusat Perbelanjaan, Jalan MH Thamrin sampai jalan Jenderal Sudirman, lalu putar balik sampai di air mancur, depan Hotel Indonesia Kempiski, Jakarta Pusat. Sepanjang rute perjalanan, para mahasiswa membagikan brosur dan secara bergantian.

Fikom UIC Lakukan Pengabdian Masyarakat di Pesantren Asshilahuddin dan di Desa Situ Udik Bogor

FIKOM UIC, pada 20-21 Juli 2019 melakukan pengabdian kepada masyarakat yang mengambil dua lokasi. Pertama, di Pondok Pesantren Asshilahuddin Kecamatan Pamijahan Bogor, Jawa Barat, dengan mengangkat tema: “Public Speaking: Membangun Personal Branding," dengan pembicara: Sapta Maryati, Dekan Fikom UIC, Ustad ILham, dari Pesantren Asshilahuddin, dan Dr. Baharuddin, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Ibnu Chaldun, dengan peserta para santri Pondok Pesantren Asshilahuddin dan mahasiswa Fikom UIC.

Demokrasi dan Pemilu Ditengah Masyarakat Permisif, Kurang Pendidikan dan Miskin

Tidak mudah memperbaiki demokrasi dan pemilu di Indonesia, sehingga harus ada gerakan dari masyarakat madani (civil society) yang dilakukan secara masif dan bersama-sama. Sebaiknya dilakukan sebagai sebuah gerakan kebudayaan. Mengukuhkan kembali peran orang tua dalam pendidikan di lingkungan keluarga untuk mengajarkan nilai-nilai kemuliaan seperti kejujuran, kebenaran, keadilan, kerendahan hati, kesabaran, ketabahan, belajar keras untuk mengubah nasib dan sebagainya.

Akhiri Politik Uang dalam Pilpres, Pileg, Pilkada dan Pilkades untuk Selamatkan Indonesia

Ada uang, ada dukungan suara. Dukungan suara akan diberikan kepada yang memberi uang lebih besar. Itu fakta yang dikemukakan para calon legislatif (caleg) dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang bertemu dengan saya pasca Pemilu 2019. Politik uang adalah perbuatan haram dan melanggar hukum yang harus dijauhi setiap warga negara Indonesia.

Gelora Ramadhan: Universitas Ibnu Chaldun Miniatur NKRI Yang Amalkan Nilai-Nilai Islam

Saya bersyukur sebagai Rektor Universitas Ibnu Chaldun, pada bulan Ramadhan setiap tahun, penggerak utama kegiatan dikampus adalah mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun. Universitas Ibnu Chaldun adalah Universitas Islam yang mengamalkan nilai-nilai Islam yang "rahmatan lil 'alamiin" (rahmat bagi semesta alam) seperti kesamaan (Al musawa), toleransi (tasamuh), kemoderenan (Al muhadharah), kejujuran (Ash shidq), kebenaran (Al haq) dan keadilan (Al 'adalah).

Mahasiswa UIC Sukses Pengawasan Partisipatif, Exit Poll dan Quick Count Pemilu 2019

Mahasiswa UIC Jakarta telah sukses melakukan pengawasan partisipatif, exit poll dan quick count Pemilu 2019. Selaku rektor UIC, saya bangga menyaksikan tingginya semangat para mahasiswa dalam melakukan tiga kegiatan yang ditugaskan kepada mereka. Kegiatan ini merupakan pengalaman yang amat berharga yang diharapkan bisa dilakukan kegiatan serupa di masa depan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara serta pengembangan demokrasi di Indonesia.

Start typing and press Enter to search