Ambon Manise dan Segregasi Sosial Pasca Konflik Sosial di Awal Reformasi

Konflik sosial di Ambon tahun 1999 yang diakhiri dengan perjanjian damai di Malino, Sulawesi Selatan yang diprakarsai Wapres JK ternyata masih menyisahkan kesedihan dan kepedihan. Pusat kesedihan saya sebagai sosiolog adalah terjadinya segregasi sosial di Ambon pasca konflik sosial tahun 1999, dimana penduduk Nasrani bermukim di kawasan Kristen/Katolik yang ditandai dengan Gereja. Sebaliknya penduduk Muslim bermukim di kawasan Muslim dengan simbol Masjid.

Ani Yudhoyono Berpulang: Ketika Allah Menentukan Ajal

Hari ke-27 Ramadhan 1440 H bertepatan 01 Juni 2019, Ibu Ani Yudhoyono, isteri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pergi mendahului kita untuk selamanya. Ketika allah menentukan ajal kita yang masih hidup ini, tak obah orang yang sedang menunggu anti mati. Tidak ada yang tahu kapan ajal kematian itu tiba. Kalau ajal kematin sudah datang menjemput, tidak ada negosiasi. Siap tidak siap harus berangkat meninggalkan dunia yang fana ini.

Selesaikan Tuntutan Referendum Aceh dan Daerah Lain dengan Dialog

Pemerintah sebaiknya serius selesaikan tuntutan referendum Aceh dan Sumatera Barat. Aspirasi masyarakat Aceh adalah wujud kemerdekaan yang diperjuangkan oleh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan referendum yang diperjuangkan oleh kelompok sipil dengan lokomotifnya adalah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA). Sebelum dicapai perundingan damai antara pemerintah Indonesia dengan GAM (15/8/2005).

Cendekiawan Muslim Kahmi Tidak Tolerir Kecurangan Pemilu

Dalam pertemuan silaturrahim pasca Pemilu 2019 dan menjelang puasa Ramadhan 1440 H (21/4/2019) menyoroti berbagai kecurangan Pemilu yang terstruktur, sistemik dan masif dalam Pemilu 17 April 2019. Turut hadir antara lain Akbar Tandjung, Ketua Dewan Penasehat Presidium Kahmi, Hamdan Zoelva, Koordinator Presidium Majelis Nasional Kahmi, Siti Zoehro, Anggota Presidium MN Kahmi, Sigit Pamungkas, Anggota Presidium MN Kahmi, Manimbang Kaharyadi, Sekjen Presidium MN Kahmi, Ahmad Ganis, Bahlil, Nazarudin Nasution, Darmansyah, Marzuki Achmad, Anthony Hilman, Afni Achmad, Musni Umar, Musfihin Dahlan dan banyak tokoh Kahmi lintas partai dan ormas.

Tiga Dana Abadi, Janji Baru Supaya Dipilih Dalam Pemilu

Dalam debat Calon Wakil Presiden RI  17 Maret 2019 di Hotel The Sultan Jakarta, KH. Ma'ruf Amin, Cawapres RI No. 1 menjanjikan jika Jokowi-Ma'ruf menang dalam Pemilu 17 April 2019, maka akan menyediakan dana abadi pendidikan untuk membiayai pendidikan mahasiswa, dana abadi kebudayaan untuk membiayai kegiatan kebudayaan dan dana penelitian untuk membiayai kegiatan penelitian.

Umat Islam dan Nasibnya Pasca Pemilu 2019

Salah satu ciri yang dibawa Orde Reformasi ialah liberalisasi ekonomi, politik, sosial dan lain sebagainya, yang kita kenal dengan konsep "persaingan bebas." Dalam persaingan bebas, mereka yang menguasai ekonomi dengan mudah menguasai politik, sosial dan segala macam, karena dengan kekuatan uang yang dimiliki bisa membiayai calon Presiden, calon anggota parlemen (anggota legislatif), calon Gubernur, calon Bupati, calon Walikota serta calon pimpinan lembaga negara.

Start typing and press Enter to search