Pelajaran Dari Papua Untuk Mengubah Arah dan Orientasi Pembangunan

Pelajaran dari papua yang dikemukakan Gubernur Lukas Enembe babwa masyarakat membutuhkan guru dan kehidupan, hendaknya menyadarkan Presiden Jokowi dan para menteri, sejatinya rakyat Papua dan rakyat Indonesia tidak terlalu membutuhkan Trans Papua, Trans Sumatera, Trans Sulawesi, Trans Jawa dan lain-lain, yang amat di perlukan adalah guru dan kehidupan. Mulailah dengan membangun sumber daya manusianya, dari para perempuan dan wanita di papua.

Megawati dan PDIP: Selamatkan Indonesia dan Trisakti Soekarno

Hari ini, 8 Agustus hingga 11 Agustus 2019, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan akronim PDIP akan menyelenggarakan Kongres V di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali. PDIP adalah pemenang Pemilu dua kali berturut-turut, sehingga memiliki tanggung jawab besar untuk menyelamatkan dan membawa besar dan hebat seluruh bangsa Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia. Kedua, yang memimpin Indonesia adalah kader PDIP. Kalau ada apa-apa terhadap Indonesia, PDIP sebagai pengusung utama Presiden akan dimintai pertanggung jawaban oleh publik.

Mbah Moen Wafat: Indonesia Kehilangan Pejuang Islam di Bidang Pendidikan dan Politik

Perjuangan Mbah Moen melalui tiga jalur yaitu bidang pendidikan (pesantren), organisasi ulama (PB NU) dan bidang politik (PPP). Tiga bidang itu, dia tekuni sampai Allah memanggilnya pada 06 Agustus 2019 saat menunaikan ibadah haji di kota suci Makkah al-Mukarramah. Selain itu, Mbah Moen aktif di organisasi kebangkitan ulama, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama sebagai Mustasyar. Mbah Moen wafat, indonesia kehilangan pejuang islam di bidang pendidikan dan politik.

Menolak Putusan Hukum dan Hakim Tidak Memenuhi Prinsip Keadilan

Rekomendasi ulama tentang penegakan hukum yang tidak menghadirkan rasa keadilan masyarakat, merupakan bentuk keprihatinan yang mendalam dan protes sosial terhadap penegakan hukum yang hanya berdasarkan legalistik berdasarkan undang-undang yang dibuat Dewan Perwakilan Rakyat bersama pemerintah, yang dalam banyak hal hanya untuk melindungi kepentingan kekuasaan dengan mengabaikan rasa keadilan yang bersemi di dalam hati sanubari masyarakat.

Ridwan Kamil Capres 2024 dan Technopreneur Indonesia

Ridwan Kamil memiliki kelebihan dan kekuatan yang tidak dimiliki bakal calon Presiden 2024. Akan tetapi, juga memiliki kekurangan yang sebaiknya diperbaiki dalam lima tahun mendatang semasa menjadi Gubernur Jawa Barat. Interaksi pemerintah dengan pakar teknologi Indonesia sangat sering dilakukan. Bisnis teknologi atau istilah technopreneur memang sangat berkembang di Indonesia. Seorang figur politik haruslah mengerti tentang teknologi agar dapat sukses kedepannya.

Rekonsiliasi Dukungan Prabowo ke Jokowi 55-45

55% untuk kubu Jokowi dan 45% untuk kubu Prabowo merupakan proposal rekonsiliasi prabowo dengan pembagian kursi di kabinet dan pimpinan parlemen (DPR dan DPD RI) oleh Amien Rais. Tentu saja proposal Amien Rais tersebut ditolak oleh partai-partai politik pendukung Jokowi. Ada yang terang-terangan menolak, tetapi menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi, sebagai Presiden RI terpilih.

Pemilu Amburadul: Ubah Sistem dan Penyelenggara Pemilu

Dalam diskusi terbatas Fordis ICS KAHMI tanggal 17 Juli 2019, para pembicara menyampaikan evaluasi penyelenggaraan pemilu serentak yang amat buruk, pemilu amburadul. Oleh karena itu, peserta diskusi terbatas Fordis ICS Kahmi sepakat untuk menyelamatkan demokrasi dengan mengusulkan perubahan sistem pemilu sekarang dan mengembalikan penyelenggara pemilu kepada partai-partai politik yang memiliki perwakilan di DPR dan DPRD.

Suara Daerah: Golkar Sebaiknya Segera Munaslub untuk Pilih Ketua Umum Baru Partai Golkar

Curhat kader Golkar di daerah adalah alasan utama artikel ini. Suara daerah: golkar sebaiknya segera munaslub untuk pilih ketua umum baru partai golkar. Semoga tulisan ini mendorong partai Golkar segera melaksanakan Munaslub supaya memiliki waktu yang agak panjang untuk melaksanakan konsolidasi organisasi dan konsolidasi program guna menjadi menjadi calon Presiden RI.

Belajar Dari Megawati dan PDIP: Beroposisi Menghadirkan Kemenangan Dalam Pemilu

Untuk memenangkan pemilu, tidak harus menjadi bagian dari pemerintah. Beroposisi dengan pemerintah, berdasarkan pengalaman Megawati dan PDIP sudah terbukti, beroposisi menghadirkan kemenangan pemilu. Pimpinan partai politik sejatinya belajar dari Megawati Soekarnoputri dan PDIP. Oleh karena itu, Gerindra, PAN, PKS dan PD sebaiknya tetap dijalur oposisi; memperjuangkan aspirasi rakyat serta mengkritisi pemerintah dalam melaksanakan programnya.

Partai Koalisi Prabowo-Sandi: Gerindra, PKS, PAN, Berkarya dan Demokrat Sebaiknya Jadi Penyeimbang

Partai politik yang tidak berkeringat dalam memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin tidak akan diberi karpet merah di Koalisi Indonesia Kerja. Untuk menyelamatkan demokrasi diperlukan penyeimbang yang kuat di parlemen (DPR dan DPRD). Disinilah partai koalisi Prabowo diperlukan. Dalam sebuah negara demokrasi, pengawasan terhadap mereka yang berkuasa, merupakan kunci untuk membangun Indonesia yang lebih adil dan lebih makmur.

Ambon Manise dan Segregasi Sosial Pasca Konflik Sosial di Awal Reformasi

Konflik sosial di Ambon tahun 1999 yang diakhiri dengan perjanjian damai di Malino, Sulawesi Selatan yang diprakarsai Wapres JK ternyata masih menyisahkan kesedihan dan kepedihan. Pusat kesedihan saya sebagai sosiolog adalah terjadinya segregasi sosial di Ambon pasca konflik sosial tahun 1999, dimana penduduk Nasrani bermukim di kawasan Kristen/Katolik yang ditandai dengan Gereja. Sebaliknya penduduk Muslim bermukim di kawasan Muslim dengan simbol Masjid.

Ani Yudhoyono Berpulang: Ketika Allah Menentukan Ajal

Hari ke-27 Ramadhan 1440 H bertepatan 01 Juni 2019, Ibu Ani Yudhoyono, isteri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pergi mendahului kita untuk selamanya. Ketika allah menentukan ajal kita yang masih hidup ini, tak obah orang yang sedang menunggu anti mati. Tidak ada yang tahu kapan ajal kematian itu tiba. Kalau ajal kematin sudah datang menjemput, tidak ada negosiasi. Siap tidak siap harus berangkat meninggalkan dunia yang fana ini.

Selesaikan Tuntutan Referendum Aceh dan Daerah Lain dengan Dialog

Pemerintah sebaiknya serius selesaikan tuntutan referendum Aceh dan Sumatera Barat. Aspirasi masyarakat Aceh adalah wujud kemerdekaan yang diperjuangkan oleh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan referendum yang diperjuangkan oleh kelompok sipil dengan lokomotifnya adalah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA). Sebelum dicapai perundingan damai antara pemerintah Indonesia dengan GAM (15/8/2005).

Cendekiawan Muslim Kahmi Tidak Tolerir Kecurangan Pemilu

Dalam pertemuan silaturrahim pasca Pemilu 2019 dan menjelang puasa Ramadhan 1440 H (21/4/2019) menyoroti berbagai kecurangan Pemilu yang terstruktur, sistemik dan masif dalam Pemilu 17 April 2019. Turut hadir antara lain Akbar Tandjung, Ketua Dewan Penasehat Presidium Kahmi, Hamdan Zoelva, Koordinator Presidium Majelis Nasional Kahmi, Siti Zoehro, Anggota Presidium MN Kahmi, Sigit Pamungkas, Anggota Presidium MN Kahmi, Manimbang Kaharyadi, Sekjen Presidium MN Kahmi, Ahmad Ganis, Bahlil, Nazarudin Nasution, Darmansyah, Marzuki Achmad, Anthony Hilman, Afni Achmad, Musni Umar, Musfihin Dahlan dan banyak tokoh Kahmi lintas partai dan ormas.

Start typing and press Enter to search