Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum di MK Dilindungi Undang-Undang

Rencana unjuk rasa atau demonstrasi yang dibungkus dengan istilah Halal Bihalal Akbar Mahkamah Konstitusi merupakan bentuk nyata kemerdekaan menyampaikan pendapat. Kegiatan ini diadakan untuk menyampaikan doa, selawat, zikir dan harapan kepada Ketua dan Hakim MK supaya mengadili dan memutus sengketa Pilpres 2019 dengan seadil-adilnya dan memenuhi rasa keadilan rakyat. Kegitatan ini sah dan dilindungi oleh Undang-Undang.

Putusan MK Sengketa Pilpres 2019: Semoga Hadirkan Rasa Keadilan Rakyat

Ketua dan seluruh Hakim Mahkamah Konstitusi tidak punya pilihan kecuali memutus sengketa Pilpres 2019 dengan mendasarkan kepada keadilan substantif, keadilan yang dirasa adil oleh rakyat yang menuntut Pemilu Luber dan Jurdil. Putusan MK ini penting jika tidak ingin bangsa ini terus mengalami konflik berkepanjangan. Dugaan kecurangan selama ini ditutup rapat. Tidak ada media mainstream yang memberitakan berbagai kecurangan yang di duga keras terjadi dalam Pemilu.

Patroli WhatsApp : Bangun Peradaban Demokrasi Berucap dan Menulis yang Baik

Patroli WhatsApp : Untuk menghentikan omongan dan tulisan yang mengandung berita bohong, bukan dengan patroli WhatsApp dan mengawasi masyarakat dimanapun, karena bisa dimaknai sebagai memasung demokrasi. Menyampaikan pendapat secara lisan dan tulisan dengan cara yang baik, menurut saya, dapat dimaknai bahwa setiap warga negara Indonesia telah berkontribusi membangun peradaban yang baik.

Melawan Takut Bicara di MK dan di Publik Tentang Kebenaran dan Keadilan

Mahasiswa dan para pakar dari berbagai universitas terkemuka di Indonesia tidak lagi memiliki keberanian untuk bicara kebenaran dan keadilan. Mereka lebih memilih diam ketimbang berbicara. Padahal masalah kebenaran dan keadilan adalah kepentingan semua, kepentingan seluruh bangsa Indonesia. Tidak peduli pendukung Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Semua harus berani menyuarakan kebenaran dan keadilan. Oleh karena di dalam kebenaran dan keadilan, ada kebaikan untuk semua.

Tips Calon Legislatif Yang Frustrasi dan Stres Gara-gara Gagal Dalam Pemilu

Para calon legislatif (caleg) di semua tingkatan yang gagal dalam pemilu, gagal meraih kursi di parlemen, banyak yang frustrasi dan stres. Sangat manusiawi, seseorang frustrasi karena gagal meraih yang diimpikan. Frustrasi ialah perasaan kecewa akibat terhalang dalam pencapaian tujuan. Semakin penting tujuan yang ingin dicapai, semakin besar tingkat frustrasi yang dirasakan. Frustrasi bisa menjurus ke stres.

Ambon Manise dan Segregasi Sosial Pasca Konflik Sosial di Awal Reformasi

Konflik sosial di Ambon tahun 1999 yang diakhiri dengan perjanjian damai di Malino, Sulawesi Selatan yang diprakarsai Wapres JK ternyata masih menyisahkan kesedihan dan kepedihan. Pusat kesedihan saya sebagai sosiolog adalah terjadinya segregasi sosial di Ambon pasca konflik sosial tahun 1999, dimana penduduk Nasrani bermukim di kawasan Kristen/Katolik yang ditandai dengan Gereja. Sebaliknya penduduk Muslim bermukim di kawasan Muslim dengan simbol Masjid.

Menakar Gejolak dan Masa Depan Indonesia

Dampak penetapan hasil Pemilu oleh KPU tanggal 21 Mei 2019 telah menghadirkan gejolak sosial berupa demonstrasi di depan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Lalu gejolak politik di daerah yang mewacanakan referendum di Aceh, yang dikemukakan Muzakir Manaf, mantan Wakil Gubernur Nanggro Aceh Darussalam, dan tokoh Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tentang referendum Aceh.

Wakil Rakyat: Tiket Pesawat Mahal Mana Tanggung Jawabmu?

Mempertanyakan tanggung jawab para wakil rakyat yang duduk di DPR karena tiket pesawat mahal. Sejatinya wakil rakyat di DPR harus mendengar jeritan rakyat tentang mahalnya tiket pesawat dan memperjuangkannya di DPR sesuai fungsi mereka. DPR harus bergerak karena rakyat tidak bisa berbuat apa-apa. Saya menyarankan, sebaiknya wakil rakyat di DPR yang membidangi transportasi mengundang Menteri Perhubungan RI dan pemilik perusahaan penerbangan untuk rapat kerja membahas masalah melambungnya harga tiket pesawat.

Putusan MK Semoga Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa

Jika MK mampu mengemban tugas mulia dengan memberi putusan yang mendasarkan keadilan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa yang menghadirkan rasa keadilan masyarakat, maka rakyat akan lega dan menerima putusan MK. Sebaliknya, kalau MK memberi putusan yang tidak berdasarkan keadilan kepada Ketuhanan YME dan tidak menghadirkan rasa keadilan masyarakat, maka rakyat tidak akan menerima putusan MK. Putusan MK semoga keadilan berdasarkan ketuhanan YME.

Tiket Pesawat Mahal, Apa Dampak Sosial Ekonominya?

Masyarakat yang mau mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri, tahun ini semua mengeluh dan memprotes akibat tiket pesawat mahal. Saya bukan pakar dalam bidang kedirgantaraan, sehingga tidak bisa menjelaskan penyebab tiket pesawat mahal. Biarlah para pakar bidang itu yang menjelaskan penyebab tiket pesawat mahal. Sebagai sosiolog hanya ingin mengulas dampak sosial ekonomi nya.

Saatnya Kerja Kembali: Disiplin Kunci Meraih Sukses dan Kemajuan

Dalam kehidupan kita sehari-hari, disiplin kunci meraih sukses di imbangi dengan kerja keras. Jika kita bercita-cita tinggi, misalnya menjadi pejabat di suatu instansi, pada zaman sekarang yang penuh persaingan, harus disertai kerja keras dan disiplin dengan menunjukkan prestasi. Prestasi hanya bisa diraih jika disertai kerja keras, disiplin dan fokus pada bidang yang ditekuni.

Di Mahkamah Konstitusi Semoga Bisa Di Bongkar Dugaan Kecurangan Pemilu 2019

Dugaan kecurangan Pemilu harus dibongkar dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi. Membongkar dugaan kecurangan Pemilu harus didukung oleh semua kekuatan masyarakat. Tujuannya untuk menyetop Pemilu curang yang hanya menghabiskan anggaran yang sangat besar dengan hasil yang tidak diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Harapan kita, Ketua MK dan para hakim MK memberi respon dengan putusan yang menghadirkan rasa keadilan masyarakat dalam mengadili gugatan hasil Pemilu yang diduga curang.

Prabowo dan Dorongan Rekonsiliasi

Berbagai pihak telah mendorong Prabowo Subianto, calon Presiden RI nomor urut 02 supaya melakukan rekonsiliasi dengan Joko Widodo, calon Presiden nomor urut 01. Presiden RI ke-2 BJ Habibie, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan beberapa tokoh politik terus mendorong Prabowo segera bertemu dengan Presiden Jokowi. Ada tiga alasan utama pendukung Prabowo-Sandi tidak setuju Prabowo-Sandi bertemu Jokowi untuk rekonsiliasi.

Idul Fitri Merayakan Hari Kemenangan

Idul Fitri bagi bangsa Indonesia yang mayoritas muslim dirayakan dengan berbagai macam cara: mudik, libur di kawasan wisata dan luar negeri, takbir di masjid dan taker keliling, shalat Ied dan silaturrahim. Sejatinya kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri adalah kemenangan mereka yang meraih taqwa. Puasa Ramadhan tujuan utamanya diwajibkan puasa Ramadhan supaya meraih predikat taqwa.

Ziarah ke Makam Orang Tua dan H.Mr.Syafruddin Prawiranegara Di Akhir Ramadhan

Hari ini 30 Ramadhan 1440H / 4 Juni 2019. Saya bersama isteri ziarah ke makam orang tua R.H.Hadi Purnomo bin Ichsanuddin dan Hj.Sri Sutarni binti Sudijar di Taman Makam Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Lalu saya ziarah ke makam H.Mr.Syafruddin Prawiranegara dan isterinya Halima yang dikubur dalam satu kuburan tidak jauh dari makam orang tua. Saya membaca Alfatihah dan doa yang cukup panjang.

Start typing and press Enter to search