Pemikiran Ibnu Khaldun: Motivasi Agama dan Ashabiyah Jadi Perekat Indonesia

Ibnu Khaldun adalah seorang ilmuan Muslim terkemuka yang sering disebut sebagai bapak historiografi, sosiologi dan ekonomi. Karyanya yang terkenal adalah Mukaddimah. Salah satu buah pemikirannya yang tak lekang karena panas dan tak lapuk karena hujan ialah teori ashabiyah. Selain itu, Ibnu Khaldun mempunyai yaitu teori pertumbuhan ekonomi, teori penawaran dan permintaan.

Kahmi: Sistem Pemilu Legislatif Tertutup, Pemilu Presiden Tanpa Presidential Threshold

Majelis Pakar Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) dalam sarasehan nasional yang bertema: "Demokrasi, Pemilu dan Keindonesian" di Grand Sahid Jaya Hotel (16/10/2019) menampilkan pembicara: Akbar Tandjung, Mahfud MD, Siti Zuhro, Undi Ludigdo, Komarudin Hidayat, Wawan Sobari, Moch. Nurhasim, Ferry Kurnia Rizkiyansyah serta para peserta lain. Mereka menyampaikan pentingnya dilakukan evaluasi pelaksanaan pemilu serentak (pemilu legislatif dan pemilu Presiden).

2 Tahun Anies Baswedan Pimpin DKI: Jakarta Telah Berubah Lebih Maju

Kontrak politik yang ditanda-tangani Anies-Sandi dengan berbagai komunitas di DKI yang mewakili warga DKI, setidaknya ada 23 janji yang akan dilaksanakan Anies-Sandi, jika diberi amanah untuk memimpin Jakarta. Salah satu janji Anies-Sandi yang dipenuhi ialah stop reklamasi. Anies stop reklamasi sesuai janjinya. Penyetopan reklamasi menghadirkan kekaguman berbagai pihak. Akan tetapi Anies menyadari terdapat satu pulau, jika tidak salah pulau G sudah dibangun sarana prasarana termasuk berbagai toko dan bangunan.

Lawatan di Malaysia: Jadikan Bahasa Melayu Bahasa Dunia

Pada 2-5 Oktober 2019 saya melakukan lawatan di Malaysia. Saya bertemu dengan Prof. Dr. Juhary, Dekan The School of Arts, Humanities and Social Sciences (SAHUSS) Asia e University (AeU). Saya melakukan pertemuan dengan Prof. Dr. Juhary karena beberapa waktu yang lalu, senat Asia e University melantik saya sebagai Profesor pada The School of Arts, Humanities and Social Sciences (SAHUSS) Asia e University.

DPR, Demo Generasi Millenial Yang Jenaka – Undang Tawa

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia sudah dilantik dan para ketuanya sudah ditunjuk atau dipilih. Pertanyaannya, bisakah mereka mengemban tugas dengan baik? Pernyataan ini dikemukakan karena saat ini mahasiswa, pelajar dan rakyat di seluruh Indonesia sedang bergejolak, seperti demo generasi millenial belakangan ini. Sebagian besar masyarakat meragukan kemauan, keberanian dan kemampuan mereka mengemban amanah.

Jokowi Hadapi Tiga Masalah Besar: Demo Mahasiswa, Karhutla dan Papua

Presiden Jokowi di akhir pemerintahannya periode pertama, menghadapi banyak sekali masalah, diantaranya demo mahasiswa yang amat besar karena diikuti mahasiswa dari seluruh kampus di Indonesia. Pada saat yang sama, di berbagai daerah di Indonesia terutama di Sumatera dan Kalimantan terjadi kebakaran hutan, yang dampak negatifnya telah sampai di Malaysia, Singapura dan negara lain.

Fakultas Farmasi Universitas Ibnu Chaldun Kolaborasi PT. Kalbe Farma Tbk

Dalam rangka membangun aliansi strategis antara perguruan tinggi dengan dunia usaha, Bambang Marwoko, Dekan Fakultas Farmasi, didampingi Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun dan Edy Haryanto, Ketua Umum Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC) melakukan pertemuan dengan President Director PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius di kantornya Gedung Kalbe Jalan Suprapto, Jakarta (24/9/2049).

Rocky Gerung dan Musni Umar Diskusi Buku Jendela Akal Sehat

Para pendiri bangsa dan negara republik Indonesia seperti Soekarno, Mohamad Hatta, M. Natsir, Syahrir, Wahid Hasyim, Tan Malaka, Kasman Singodimedjo dan lain-lain, menjadikan buku sebagai teman hidup. Para pejuang Indonesia yang ditahan dan diasingkan oleh Belanda, yang menemani mereka dalam pengasingan adalah buku. Hal itu dikemukakan Rocky Gerung dalam diskusi bertajuk "Buku, Jendela Akal Sehat" di Jakbook Pasar Kenari Lama Jakarta (20/9/2019).

Penyelenggara Pemilu Partai Politik Peserta Pemilu, TNI-POLRI Ikut Pemilu

Majelis Pakar Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MP Kahmi) dalam Focus Group Discussion (FGD) pada 19 September 2019 di Best Western Premier Cawang Jakarta telah membahas "Kajian Strategis Skema Pemilu yang Aplikatif dan Efektif untuk Indonesia." Para peserta FGD menyoroti buruknya penyelenggaraan Pemilu serentak, sehingga Hamdan Zoelva mengusulkan penyelenggara Pemilu sebaiknya dilaksanakan partai politik peserta Pemilu seperti penyelenggaraan Pemilu pada awal Orde Reformasi di masa pemerintahan BJ Habibie.

Membaca dan Menulis: Membangun Peradaban Bangsa

Pada 20 September 2019 saya diundang Talk Show bersama Rocky Gerung dengan membahas topik "Buku, Jendela Akal Sehat." Kegiatan ini diprakarsai Dr Sutrisno Muslimin dan La Ode Basir dengan jargon: Ngopi ngobrol penuh inspirasi. Buku merupakan sarana untuk mengetahui segala yang ada dijagat raya ini, yang nyata dan tidak nyata. Buku bisa juga sebagai sarana jendela akal sehat. Membaca dan Menulis: Membangun Peradaban Bangsa.

Kota Kendari Maju Kotanya, Maju UMKM Dan Banyak Universitas Berkualitas

Kota Kendari Maju Kotanya, ibukota provinsi Sulawesi Tenggara, yang saya kunjungi pada 13-15 September 2019, sudah banyak mengalami kemajuan. Dalam rangka melindungi UMKMK, pemerintah kota Kendari tidak memberi izin beroperasinya Indomaret dan Alfa Mart di kota Kendari. Selain itu, tumbuh generasi yang lebih berpendidikan yang merupakan cikal bakar lahir kelas menengah baru, karena di kota Kendari telah berdiri setidaknya lima universitas yaitu Universitas Haluoleo (Unhalu), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Universitas Sulawesi Tenggara (UNSULTRA), Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (UNU SULTRA).

Start typing and press Enter to search