Musni Umar Socmed

Search

Tentang Kami

Tentang Kami

Arahjaya oleh Musni Umar.

Dengan tim yang telah berpengalaman di bidangnya, Arahjaya akan selalu memberikan hasil terbaik dan terpercaya dalam hal penulisan dan content website, penulisan opini, tulisan jurnalistik, pedoman untuk anak bangsa, artikel-artikel menarik dan bermanfaat dan tentunya dengan akses yang mudah terjangkau, kualitas terbaik, unik dan selalu aktual.

Semua tulisan di arahjaya.com adalah original, ditulis khusus untuk arahjaya.com. Tulisan di website ini tidak meng-copy paste mengambil dari website atau social media lain.

Musni Umar

Prof. Dr. Musni Umar, SH., M.Si., Ph.D adalah Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC), sosiolog terkemuka dan peneliti.

Menyelesaikan Ph.D dalam bidang Sosiologi di Faculty of Social Sciences and Humanities, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).
Magister dalam bidang Sosiologi di Universitas Indonesia (UI).

Pernah mengikuti program pasca sarjana ilmu politik di UNAS dibawah bimbingan Prof. Dr. Deliar Noer dan Prof. Dr. Sutan Takdir Alisyahbana (tidak diselesaikan).

Pendidikan sarjana (S1) diselesaikan di Perguruan Ilmu Alqur’an (PTIQ) dan sarjana hukum di Universitas Islam Jakarta (UUD).

Memperoleh gelar Adjunct Profesor dari Asia e University, Malaysia.

Semasa menjadi mahasiswa, pernah menjadi Ketua Umum Dewan Mahasiswa, aktivis HMI dan aktivis mahasiswa 77/78. Pernah mendekam di penjara “Kampus Kuning” bersama AM. Fatwa, Arief Rachman, pimpinan dewan mahasiswa/senat mahasiswa Jakarta serta pimpinan ormas mahasiswa dan pemuda serta tokoh masyarakat tahun 1978.

Memulai berkarir di swasta sebagai karyawan dengan jabatan terakhir Industrial Relations Manager. Kemudian keluar dan mendirikan perusahaan sendiri dan menjadi Direktur Utama.

Di akhir pemerintahan Presiden Soeharto, Fahmi Idris dan Fadel Muhammad mengajak bergabung di DPP Golkar dengan jabatan sekretaris departemen koperasi dan wiraswasta merangkap anggota koordinator bidang ekonomi.

Pemilu 1997 terpilih menjadi Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tenggara (PAW) dari Fraksi Partai Golkar. Pada saat menjadi anggota DPR RI, Musni Umar mendirikan Pondok Pesantren Hubbul Wathan di Desa Toli-Toli Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, dan menjadi Ketua Dewan Pembina Yayasan Pondok Pesantren Hubbul Wathan sampai sekarang, serta memberi beasiswa puluhan anak-anak miskin untuk melanjutkan pendidikan.

Setelah selesai di DPR RI, Musni Umar melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia (UI) dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia.

Pada masa pemerintahan SBY, Musni Umar dipilih menjadi anggota merangkap juru bicara Eminent Persons Group Indonesia-Malaysia bersama Prof. Dr. Quraish Shihab, Des Alwi, Ali Alatas, Pudentia, dan Wahyuni Bahar dengan Ketua Jenderal TNI Purn Try Sutrisno.

Pada tahun 2015 diangkat menjadi wakil rektor bidang akademik Universitas Ibnu Chaldun. Gebrakan yang dilakukan antara lain memberi beasiswa tamatan SLA sebanyak 200 orang dari kalangan tidak mampu yang bermukim di kawasan padat, kumuh dan miskin di Johar Baru Jakarta Pusat untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun.

Aktivitas lain, melakukan penelitian dan menjadi narasumber di berbagai stasiun TV, serta menjadi pembicara di dalam dan luar negeri. Anggota Dewan Pakar Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ini hampir setiap hari menulis artikel yang dipublikasikan di arahjaya.com, wawancara dengan media dan radio serta menganalisis masalah sosial yang dipublikasikan di Youtube.

Musni Umar telah menulis puluhan buku dan ratusan jurnal dan artikel. Tahun 2021 akan meluncurkan 6 buku yang sudah di edit (disunting).

Buku yang diterbitkan antara lain:
Jokowi Satrio Piningit Indonesia (2014),
Korupsi di Era Demokrasi (2013)
Menjadi Manusia Paripurna (2013)
Demokrasi Perubahan dan Pembangunan di DKI Jakarta (2012)
Demokrasi dan Islam Di Kalangan Orang-orang Miskin (2011)
Membangkitkan Memori Kolektif Indonesia Malaysia (Editor bersama Pudentia, 2011)
Soft Power Approach Indonesia-Malaysia (2011)
Islam Dan Demokrasi Di Indonesia Kemenangan Abangan dan Sekuler (2004)
Alqur’an, Demokrasi Politik & Ekonomi (2003)
Korupsi Musuh Bersama (Editor, 2004)
DPRD di Era Otonomi Daerah (2003)
Aceh Win-win Solution (2002)

Hubungi Kami

Musni Umar Team
Jakarta, Indonesia 12410

Info:
arahjayacom@gmail.com

Telepon:
0822-11533-117

Chat:
t.me/arahjaya